Peramban dan Search Engine : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh, Perbedaan, dan Cara Kerja

Pengertian Peramban / Web Browser

Ketika Anda hidup di era sekarang, Anda pasti pernah menggunakan atau minimal pernah mendengar istilah peramban atau web browser. Tetapi apakah Anda tahu apa itu peramban atau web browser?

Peramban / Web Browser adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di Internet (World Wide Web). Saat pengguna mengunjungi halaman web dari situs web tertentu, browser mengambil konten dari server web dan menampilkan konten tersebut di browser perangkat pengguna. Saat mengakses server web, pengguna harus memasukkan alamat web di bilah alamat browser mereka. Alamat web disebut URL (Uniform Resource Locator). Saat Anda berada di situs web tertentu, bilah alamat menunjukkan alamat situs web tersebut.


Selain address bar, peramban / web browser memiliki fitur lain yang dapat diakses dengan mengklik tombol-tombol berikut:

1)    Back, berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya.

2)    Forward, berfungsi untuk maju ke halaman sebelum ‘Back’.

3)    Stop, berfungsi untuk menghentikan transfer data.

4)    Refresh, berfungsi untuk ‘menyegarkan’ kembali tampilan, dalam arti mengambil data terbaru tentang tampilan, biasanya digunakan untuk melihat data pada halaman yang perubahan datanya berubah setiap waktu.

5)    Bookmark (pembatas buku), berfungsi untuk menandai menandai suatu halaman sehingga kita dapat kembali lagi ke halaman tersebut. Dalam arti Anda dapat menaruh bookmark pada suatu halaman web sehingga Anda dapat kembali lagi ke halaman tersebut tanpa harus mencari lagi halaman tersebut melalui berbagai link atau menghafal alamatnya.

Ada berbagai merek browser yang berjalan pada perangkat keras yang berbeda. PC, laptop, tablet, atau ponsel. Setiap merek ponsel biasanya dilengkapi dengan browser bawaan di perangkat kerasnya. Pada tahun 2020, diperkirakan 4,9 miliar orang menggunakan browser, setengahnya di Asia. Browser populer saat ini adalah Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan Safari.

Meskipun browser berbeda dari mesin pencari, mereka sering membingungkan. Bagi pengguna, mesin pencari hanyalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain. Mesin pencari berjalan di atas browser.

Browser adalah bagian dari perangkat lunak atau jenis perangkat lunak yang umum digunakan dan digunakan untuk membuka halaman situs Internet. Browser juga dikenal sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai penerima, pengakses, dan penyaji berbagai informasi di Internet. Web browser memiliki konten dalam bentuk gambar, audio, video, dan halaman web. Konten ini ditautkan oleh hyperlink dan dikategorikan berdasarkan URL (Uniform Resources Identifiers).

Peramban web pertama muncul dengan nama WorldWideWeb, ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990 dan kemudian diubah menjadi Nexus. Peramban grafis pertama yang banyak digunakan yang membantunya mendapatkan popularitas di Internet adalah NCSA Mosaic.

Web browser / peramban memungkinkan pengguna Internet untuk menelusuri dan mencari informasi dan data yang mereka butuhkan. Browser adalah dasar untuk pencarian informasi global sebagai tempat untuk mengambil dan menampilkan apa yang Anda tanyakan di kotak pencarian.

Baca juga:

1) 10 Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika 

2) Folder dan File: Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Pengelolaan File dan Folder


Fungsi Peramban / Web Browser

Setelah sebelumnya sedikit disinggung mengenai fungsi dari peramban / web browser, sebenarnya ada beberapa fungsi web browser / peramban yang sangat berguna bagi penggunanya, fungsi tersebut antara lain yaitu:


1)    Membuat Informasi Lebih Mudah Ditemukan di Internet

Jika Anda ingin menelusuri atau menjelajahi web, Anda pasti membutuhkan browser web untuk media Anda. Bukan begitu, saudara? Peramban web adalah bagian dari perangkat lunak yang berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke alamat situs web yang diminta.


2)    Menyimpan Data di Internet

Jika Anda menggunakan browser, pernahkah Anda mendengar tentang bookmark? Bookmark sendiri adalah fitur dari browser yang berfungsi sebagai penyimpan data di web yang suatu saat bisa Anda akses kembali tanpa mengunjungi mesin pencari.


3)    Mempermudah Membuka File dengan Ekstensi Tertentu

Selain itu, browser web bertindak sebagai kendaraan untuk membuka file dengan ekstensi tertentu. Misalnya, saat membuka PDF di browser. Atau, jika Anda suka mengutak-atik coding, Anda pasti bisa melihat hasilnya di browser web Anda. Browser web dapat membaca file ekstensi seperti HTML, CSS, JS, dan PHP.


4)    Mendukung Pengguna Mesin Pencari

Seperti yang akan dibahas berikutnya, browser dan mesin pencari tidak dapat dipisahkan. Mesin pencari adalah bagian dari web, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan data dan informasi di Internet.


5)    Menjaga Keamanan Situs Web

Apakah Anda tahu siapa yang melakukan proses verifikasi atau otentikasi? Ya, benar, browser web. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa fungsi web browser adalah untuk memeriksa apakah suatu website aman atau tidak aman untuk digunakan. Banyak situs web sekarang terkena malware atau memiliki perangkat lunak khusus yang diinstal untuk mencuri data di Internet. Jadi berhati-hatilah saudara!


Peramban dan Search Engine : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh, Perbedaan, dan Cara Kerja


Macam-Macam Peramban / Web Browser

Ada banyak jenis web browser saat ini. Namun tentu saja mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu sebabnya orang yang berbeda memiliki browser web yang berbeda. Itu tergantung pada kenyamanan browser web itu sendiri. Di bawah ini adalah browser yang paling umum digunakan.


1)    Google Chrome

Hampir 60% pengguna internet di seluruh dunia menggunakan Google Chrome sebagai browser mereka. Browser besutan Google ini digunakan hampir di seluruh dunia, terutama di negara-negara Eropa, Asia, dan Amerika.


2)    Mozilla Firefox

Performa Mozilla tidak perlu diragukan lagi karena browser contoh ini memiliki tingkat keamanan yang sangat kuat dibandingkan dengan browser lain. Sekitar satu dari enam pengguna Internet di seluruh dunia menggunakan Mozilla sebagai browser web mereka.


3)    Opera Mini

Saat ini Opera juga merupakan salah satu browser web yang populer. Setidaknya 6% pengguna internet di seluruh dunia menggunakannya untuk perangkat komputer mereka, dan 11% pengguna internet menggunakannya untuk perangkat seluler mereka.


4)    Internet Explorer

Internet Explorer memiliki lebih sedikit pengguna, tetapi masih ada orang yang menggunakan browser ini. Pada 2002-2003, hingga 95% pengguna Internet menggunakan Internet Explorer.


5)    UC Browser

Kelebihan dari UC browser ini adalah Anda bisa lebih hemat data karena bisa mengurangi data browsing Anda. Ini akan menjadikan UC Browser sebagai browser favorit Anda. UC Browser adalah contoh browser web yang berfungsi dengan baik dalam mengelola unduhan. Namun, desain dibelakangnya kurang menarik, dan pengguna sedikit bosan dengan desain yang sama.


6)    Safari

Hampir 16% pengguna internet di seluruh dunia menggunakan Safari. Aplikasi Apple Inc. dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan pada tahun 2007 untuk perangkat seluler.


7)    Samsung Internet Browser

Ini adalah contoh browser web yang tersedia untuk Android. Sebenarnya, awalnya browser ini hanya tersedia untuk Samsung, tetapi sekarang telah tersedia untuk diunduh dari Playstore, browser web ini sekarang tersedia untuk Android apa pun. Peramban ini memiliki keunggulan bebas iklan dan cepat. Kelemahannya adalah tampilannya tidak sebagus situs web lain.


8)    Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser yang cepat dan aman untuk Windows. Ada juga beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Microsoft Edge sebagai browser Anda. seperti fitur daftar bacaan, mode membaca, keamanan yang ditingkatkan, halaman awal yang cepat, intuitif, dan dapat disesuaikan, dukungan dan peningkatan pengkodean.


Pengertian Mesin Pencari / Search Engine

Mesin pencari adalah situs web (website) yang mengumpulkan dan mengatur informasi di Internet dan membuat informasi itu dapat dicari. Mesin pencari menggunakan algoritme canggih untuk menampilkan informasi yang paling relevan dengan pencarian Anda berdasarkan tren, lokasi, atau aktivitas Anda yang biasa di Internet. Mesin pencari yang paling populer adalah: Google, Bing, Baidu, Yandex. Selain itu, masih banyak mesin pencari lainnya.

Setiap mesin pencari bekerja paling baik dalam konteks yang berbeda. Pengorganisasian informasi di internet sangat penting untuk mendapatkan informasi yang tepat. Di era Web 2.0, dimana setiap pengguna internet dapat membuat kontennya sendiri, banyak sekali misinformasi (hoax) yang beredar. Anda harus mengingat hal ini saat mengklasifikasikan informasi. Informasi yang benar biasanya dikeluarkan melalui badan publik dan situs resmi.

Cari informasi di Internet dengan memasukkan kata kunci. Memilih kata kunci tertentu mengarah ke halaman yang lebih spesifik. Masukkan kata kunci Anda tanpa awalan, akhiran, imbuhan, dll. Mesin pencari tertentu memungkinkan Anda menggunakan tanda kutip (“) untuk membuat pencarian Anda lebih spesifik.

Mesin pencari tertentu mengizinkan operator seperti "OR" dan "AND". "OR" berarti "atau" dan akan menampilkan hasil pencarian dari salah satu kata kunci. "AND" berarti "dan" dan menampilkan hasil penelusuran untuk kedua kata kunci tersebut.


Cara Kerja Mesin Pencari / Search Engine

Sekarang setelah kita mengetahui apa itu mesin pencari, kita perlu memahami cara kerjanya. Mesin pencari web menggunakan program yang sering disebut spider, robot, atau crawler untuk menemukan konten dari seluruh penjuru Internet. Hasil pencarian crawler ini digunakan oleh mesin pencari untuk membangun indeks Internet.

Sebagian besar mesin pencari akan memberi tahu Anda cara meningkatkan PageRank Anda di halaman hasil pencarian. Algoritme yang mereka gunakan terpelihara dengan baik dan sering diubah untuk menghindari penyalahgunaan. Namun, dengan mengikuti beberapa teknik optimisasi mesin pencari (SEO) yang telah terbukti, situs web Anda dapat diindeks dengan benar dan tetap berada di peringkat teratas.


Search Engine Optimization (SEO) (Optimasi Mesin Pencari)

Anda mungkin akrab dengan istilah SEO dan optimasi mesin pencari. SEO sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat sebuah website dihalaman hasil pencarian. Untuk mencapai peringkat tinggi, Anda perlu melakukan beberapa hal. Kegiatan ini dibagi menjadi dua area: strategi on-page dan strategi off-page.

SEO On-page adalah semua tentang konten situs web Anda. Faktor-faktor yang memengaruhi SEO pada halaman termasuk pengaturan teknis, kualitas pengkodean, konten teks dan visual, dan kegunaan situs web.

SEO pada halaman mengacu pada konten situs web, membuatnya lebih mudah untuk dikelola. Setelah Anda membuat situs web yang bagus, situs web Anda akan mulai mendapat peringkat di Google. Selain itu, dengan berfokus pada SEO on-page, situs web Anda cenderung memiliki peringkat yang baik karena juga mendukung strategi SEO off-page.

Sementara itu, SEO Off-page adalah faktor SEO yang berasal dari luar website Anda. Misalnya, backlink dari situs web berkualitas lainnya, media sosial, dan upaya pemasaran di luar situs. Jika Anda ingin fokus pada SEO off-page, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan backlink sebanyak mungkin dari situs web lain. Namun, perlu diingat bahwa situs web yang berisi URL ke situs web Anda harus situs web berkualitas tinggi. Semakin banyak tautan relevan yang Anda dapatkan, semakin tinggi peringkat Anda di Google.


Contoh Mesin Pencari / Search Engine

Di bawah ini adalah beberapa contoh mesin pencari populer di Internet. Penggunaan mesin pencari ini sendiri adalah sama. Dengan kata lain, cukup ketik kata kunci dan tekan Enter. Namun, mereka dapat memberikan hasil dan fungsionalitas yang berbeda.


1)    Google

Siapa yang tidak tahu Google? Saat ini Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Google memproses jutaan pencarian setiap hari. Mesin pencari Google sendiri tersedia dalam banyak bahasa.

Google sendiri mengumpulkan jutaan informasi dari penggunanya dan menggunakannya untuk menambahkan fungsionalitas ke mesin pencarinya. Sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan, Google menguasai 90% pasar mesin pencari. Hal ini membuat Google jauh lebih besar dari para pesaingnya.


2)    Bing

Bing adalah mesin pencari Microsoft. Sebelum Bing, Microsoft memiliki MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Bing adalah mesin pencari terbesar kedua di Amerika Serikat. Bing menyumbang 20% ​​dari total volume pencarian, sementara Google menyumbang 64% dari 12% Yahoo dari total volume pencarian di web.


3)    Yahoo!

Contoh lain dari mesin pencari atau search engine adalah Yahoo!. Sebelum Google mendominasi pasar mesin pencari, Yahoo! adalah salah satu mesin pencari terbesar di dunia. Bing telah mengoperasikan mesin pencari Yahoo sejak 2011. Yahoo saat ini adalah mesin pencari terbesar ketiga di Amerika Serikat, di belakang Google dan Bing.


4)    Ask.com

Sebelum Ask.com menjadi namanya saat ini, ia dikenal sebagai Ask Jeeves. Ask.com sebenarnya menggunakan format yang berbeda dari mesin pencari lainnya. Mesin pencari ini memiliki format tanya jawab dimana pertanyaan dijawab oleh pengguna lain. Selain Q&A, ada juga format kuesioner.


Perbedaan Web Browser dan Search Engine

Dengan hanya melihat kata kunci dari setiap kata (dalam hal ini, browser dan pencarian), kita dapat langsung melihat perbedaan utama antara keduanya. Satu diprogram untuk menelusuri situs web dan yang lainnya diprogram untuk mencari situs web.

Perbedaan penting lainnya adalah bahwa browser web dapat ada tanpa mesin pencari, tetapi mesin pencari memerlukan browser web untuk menampilkan hasil. Singkatnya, browser web adalah elemen dasar untuk mengakses Internet, dan mesin pencari mencari kata kunci di database mesin pencari. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengakses data Anda tanpa browser web, tetapi Anda dapat membuka situs web tertentu tanpa menggunakan mesin pencari.

Dalam hal fungsionalitas browser web, browser web ada untuk menampilkan apa yang ditawarkan situs web, tetapi Anda tidak dapat mencari situs web tertentu hanya dengan mengetikkan kata kunci ke bilah alamat browser web. Kemudian muncul mesin pencari. Jika Anda tidak tahu situs web apa yang Anda cari, ketik saja kata yang menurut Anda cocok dengan apa yang Anda cari dan Anda akan mendapatkan ratusan atau jutaan hasil, tergantung pada kata kunci yang Anda masukkan.

Terakhir, browser web adalah aplikasi perangkat lunak yang harus diinstal pada sistem Anda. Mesin pencari, di sisi lain, tidak perlu diinstal pada sistem apa pun dan dapat diakses secara terbuka oleh siapa saja melalui browser web.


Posting Komentar untuk "Peramban dan Search Engine : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh, Perbedaan, dan Cara Kerja"