Pengenalan Antarmuka Pengguna (User Interface)

Pengenalan Antarmuka Pengguna (User Interface)

Dewasa ini, teknologi telah merambah banyak aspek kehidupan manusia. Teknologi ini memberi kita banyak alat yang membantu kita dalam pekerjaan sehari-hari. dalam hal ini seperti aplikasi perkantoran, browser, email, mesin pencari, dan mengelola folder dan file menggunakan File Explorer.

Teknologi berkembang pesat, dengan banyak perangkat keras dan perangkat lunak baru yang lahir. Perangkat elektronik dan TIK semakin murah dan semakin murah, dan tidak hanya perangkat menjadi lebih baik, tetapi perangkat semakin baik, sehingga pengguna dapat beralih di antara mereka. Orang-orang berinteraksi dengan perangkat mereka dalam berbagai cara. Gunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan TV, mesin cuci, atau AC Anda. Ini dapat diwakili oleh remote control.

Teknologi saat ini dapat menangani interaksi pengguna dengan perangkat dengan menyentuh tombol fisik, keyboard, antarmuka grafis yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI) atau jika disingkat UI (User Interface), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dll., interaksi yang digunakan biasanya menggunakan antarmuka GUI / UI.


Apa Itu Antarmuka Pengguna (User Interface)?

Antarmuka Pengguna (User Interface) adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grafis sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan. User Interface adalah cara bagaimana seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, tablet, smartphone maupun perangkat elektronik lainnya. Seluruh aspek yang tampil di layar, bisa dilihat, dibaca, dipahami dan dimanipulasi dengan keyboard dan mouse merupakan bagian dari user interface.

Contoh konsep antarmuka pengguna ini mencakup aspek interaktif sistem operasi komputer, peralatan, kontrol operator alat berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku saat membuat antarmuka pengguna yang berhubungan dengan atau menggabungkan disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi.

Antarmuka pengguna adalah sistem dimana pengguna berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna tersedia untuk banyak sistem dan berfungsi untuk memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan sistem dan memungkinkan sistem untuk menampilkan efek dari tindakan pengguna.

Antarmuka pengguna yang baik adalah yang dapat memberikan pengalaman interaktif yang mudah dipahami pengguna, dan antarmuka pengguna ini dikatakan ramah pengguna. Secara teknis, antarmuka pengguna bertindak sebagai jembatan atau penterjemah informasi antara pengguna dan sistem operasi sehingga pengguna dapat menggunakan komputer atau alat elektronik. Antarmuka pengguna juga dapat diartikan sebagai mekanisme interaksi antara perangkat keras dan perangkat lunak yang membentuk pengalaman menggunakan berbagai komputer.


Fungsi Antarmuka Pengguna / UI (User Interface)

Antarmuka pengguna biasanya menyediakan metode input dan output. Antarmuka pengguna memudahkan pengguna untuk memasukkan dan mengeluarkan data dan memanipulasi data sesuai kebutuhan. Dalam program perangkat lunak, hampir setiap komponen menggunakan daya GPU (graphics processor unit). Hal ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan perintah dan memanipulasi data menggunakan tampilan grafis tertentu seperti jendela, tombol, dan kotak teks.

Antarmuka pengguna sebagian besar perangkat biasanya lebih sederhana dan didominasi oleh ikon seperti remote control TV, mesin fotokopi, ponsel, dll. Pada aplikasi smartphone, pengguna sering berinteraksi dengan program yang terdapat dalam aplikasi dengan memasukkan perintah berupa teks atau grafik. Antarmuka pengguna smartphone cenderung dituntut lebih sederhana dan lebih mudah dipahami daripada antarmuka pengguna perangkat besar seperti komputer pribadi. Secara umum fungsi antarmuka pengguna antara lain yaitu:


1)    Mempermudah Proses Interaksi dengan Pengguna (Users)

Berbicara tentang desain tampilan, desain yang baik akan terlihat menarik secara alami dan mudah digunakan. Keuntungan dari antarmuka pengguna adalah bahwa ia bertindak sebagai jembatan antara pengguna dan aplikasi. Segala sesuatu yang Anda lihat dan berinteraksi dengannya disebut antarmuka tampilan (UI).


2)    Meningkatkan Branding Perusahaan

Keuntungan lain dari antarmuka pengguna adalah dapat meningkatkan branding dan nilai produk perusahaan. Ini memungkinkan pengguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan bisnis Anda. Disini, antarmuka pengguna memainkan peran kunci dalam memberikan tampilan visual yang merupakan merek dagang atau identitas perusahaan.


3)    Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Manfaat terakhir dari antarmuka pengguna adalah dapat meningkatkan pendapatan atau keuntungan perusahaan. Antarmuka pengguna berkualitas tinggi adalah ukuran keberhasilan dan kinerja bisnis. Dengan cara ini, manajemen aplikasi dapat memutuskan dan menyesuaikan apakah tampilan desain aplikasi yang dibuat memenuhi persyaratan produk atau perlu diimprovisasi lagi.


Lalu, Seberapa Penting Desain Antarmuka Pengguna?

Beberapa orang mungkin mempertanyakan seberapa pentingkah penerapan desain antarmuka pengguna? Berikut adalah beberapa alasan mengapa antarmuka pengguna sangat penting saat mengembangkan desain produk UI.


1)    Desain Antarmuka Pengguna Membantu Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web

Jika Anda berkecimpung dalam dunia bisnis digital, tujuan utama membuat website adalah untuk memamerkan produk Anda kepada pengunjung internet dan meningkatkan jumlah pengunjung website (traffic). Oleh karena itu, UI adalah kunci pertama untuk mendukung tujuan ini.

Buat situs web yang menarik, sederhana, interaktif, dan modern yang secara otomatis mengarahkan pengguna ke situs web Anda. Kemudian, ketika Anda membuat desain awal aplikasi Anda, Anda harus memperhatikan setiap komponen persiapan untuk memudahkan pengguna Anda berinteraksi dengan situs web atau aplikasi Anda.


2)    Membantu Memudahkan Pengguna Aplikasi

Desain antarmuka pengguna juga membantu memudahkan pengguna aplikasi untuk menjelajahi aplikasi yang Anda kembangkan. Semua orang menginginkan aplikasi yang didesain menarik dan mudah digunakan. Setelah memahami antarmuka pengguna, tampilan dan nuansa produk aplikasi Anda memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna Anda. Misalnya, ketika Anda mengunjungi sebuah situs web, Anda akan melihat berbagai fitur dan konten yang tersedia di sana. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan menekan tombol, tautan, dll.

Selama proses interaksi, tampilan desain diuji untuk melihat apakah UI yang dihasilkan akan meyakinkan atau membingungkan pengguna. Oleh karena itu, sebelum membuat antarmuka pengguna, Anda harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Melakukan Riset Pengguna dan Meneliti Produk Pesaing. Hal ini memungkinkan produk aplikasi Anda untuk bersaing dengan produk pesaing lainnya.


3)    Membantu Mendesain Pengalaman Pengguna (User Experience (UX)) yang Tepat dan Optimal

Akhirnya, desain antarmuka pengguna juga memengaruhi pengalaman pengguna. Jadi, meskipun Anda membuat antarmuka pengguna dengan desain grafis yang baik, jika fungsionalitas, konten, dan tata letak tidak sesuai dan terlihat rumit, secara tidak langsung akan berdampak pada orang yang menggunakan produk Anda. Tampilan yang cantik dan menarik bukan hanya tentang ketampanan, tetapi juga tentang pengalaman pengguna yang luar biasa. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang benar-benar mereka butuhkan.


Jenis-Jenis Antarmuka Pengguna / User Interface (UI)

Seperti yang disinggung di atas, terdapat beberapa jenis antarmuka / user interface (UI) yang digunakan dibeberapa perangkat elektronik. Jenis-jenis antarmuka tersebut diantaranya yaitu:

1)    Graphical User Interface (GUI): Penggunaan gambar bukan hanya kata-kata untuk mewakili input dan output dari program (Linuxjunkies). Masukan diterima melalui perangkat seperti keyboard dan mouse.

2)    Command-Line Interface (CLI): Pengguna memberikan input dengan mengetikkan perintah berbasis teks dengan keyboard komputer dan sistem menyediakan output dengan mencetak teks pada monitor komputer (Wikipedia).

3)    Touchscreens: menerima masukan dengan sentuhan jari.

4)    Direct manipulation interface: antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi objek yang disajikan kepada mereka.

5)    Gesture interfaces: UI grafis yang menerima input dalam bentuk gerakan tangan, atau gerakan mouse sketsa dengan mouse komputer.

6)    Search interface: bagaimana sebuah kotak pencarian situs ditampilkan, serta merepresentasikan visual dari hasil pencarian.

7)    Voice user interfaces: cara kerjanya yaitu menerima masukan dan memberikan output dengan menghasilkan perintah suara. Input pengguna dibuat dengan menekan tombol atau tombol, atau menanggapi secara lisan ke antarmuka.

8)    Natural-language interfaces : Digunakan pada mesin pencari dan pada halaman Web. jenis penggunaan adalah dalam bentuk pertanyaan dan menunggu tanggapan.


Antarmuka Pengguna yang Baik dan Benar

Banyak sekali jenis dan tampilan antarmuka pengguna, namun sebetulnya seperti apakah tampilan antarmuka pengguna yang baik dan benar itu. berikut beberapa ciri yang mungkin bisa menjadi acuan bagaimana antarmuka pengguna yang baik.


1)    Jelas dan Konsisten

Ciri yang pertama adalah jelas dan konsisten. Antarmuka pengguna adalah tampilan utama dari proses interaktif dalam aplikasi. UI yang baik secara alami menunjukkan organisasi desain dan konten yang jelas. Jelas dalam arti mudah dipahami oleh pengguna. Dan memiliki struktur desain yang konsisten. Misalnya, dalam implementasi tata letak, gambar, konten, pemotongan, warna, dll.


2)    Responsif dan Menarik

Ciri yang kedua adalah antarmuka pengguna yang responsif dan menarik. Responsif di sini berarti berjalan diperangkat yang berbeda dan tampilan dapat menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Yang menarik disini adalah konten dan presentasi desain dapat membuat pengguna merasa seperti berada di aplikasi Anda. Juga, cobalah untuk membuat antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan produk Anda.


3)    Terstruktur dan Efisien

Antarmuka yang baik adalah antarmuka yang terstruktur dan efisien. UI terstruktur disini berarti dapat memberikan tampilan yang mendukung aplikasi. Antarmuka pengguna membuat alur proses aplikasi lebih mudah. Sementara efisien disini berarti antarmuka dapat menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi pengguna. Buat antarmuka yang memudahkan pengguna untuk mencapai tujuan yang diinginkan.


4)    Tepat Sasaran

Ciri selanjutnya dari antarmuka pengguna yang baik adalah tepat sasaran. Pada intinya disini adalah bahwa UI yang Anda buat kompatibel dengan produk yang Anda kirimkan atau rilis. Tujuan akhir agar permukaan yang ditampilkan mampu menunjang dan meningkatkan nilai jual produk.


5)    Mudah Ditangani

Terakhir, antarmuka pengguna yang baik adalah antarmuka pengguna yang mudah ditangani. Jadi jika Anda melakukan kesalahan atau karena alasan tertentu ingin mengubah beberapa tampilan, UI yang baik akan membantu Anda menangani prosesnya.


Contoh Antarmuka Pengguna

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali jenis tampilan antarmuka pengguna (User Interface), namun berikut adalah salah satu contoh tampilan antarmuka pengguna dari perangkat komputer:

 

Pengenalan Antarmuka Pengguna (User Interface)


Posting Komentar untuk "Pengenalan Antarmuka Pengguna (User Interface)"