10 Jenis Ikan Channa Maru Paling Populer

10 Jenis Ikan Channa Marulioides

Channa maru atau dikanal dengan nama lengkap channa marulioides adalah salah satu jenis ikan asli dari perairan Asia Tenggara. Ikan ini dapat ditemukan diwilayah Thailand Selatan, Malaysia, dan Indonesia tepatnya di Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Barat, Sumatera Timur, Bangka Belitung, Samarinda, dan Kepulauan Sunda Besar.

Beberapa tahun belakangan ini ikan channa jenis ini banyak diburu oleh pecinta ikan hias untuk dijadikan koleksi peliharaan. Selain tampilannya yang cantik, perawatan ikan ini juga terbilang cukup mudah. Maka tak heran ikan channa jenis ini sangat populer dan menjadi pilihan favorit untuk dipelihara.

Salah satu hal yang unik dari ikan channa maru ini adalah keberagaman jenisnya. Diketahui ikan ini memiliki beberapa varian warna yang sangat identik, yaitu warna red dan yellow. Namun di tiap varian warna ini juga terdapat beberapa spesies lagi. Biasanya penamaan spesies lainnya ini diberi sesuai dengan nama lokasi dimana ikan channa ini ditemukan. Berikut 10 jenis Ikan channa maru paling populer:


10 Jenis Ikan Channa Maru Paling Populer


1.    Channa Maru Red Barito

Sesuai namanya, ikan ini pertama kali dan sangat sering ditemukan di sungai Barito. Ciri ikan channa maru red baritu yaitu memiliki sisik berwarna merah merona dengan perpaduan corak hitam yang sangat indah.


2.    Channa Maru Red Sampit

Channa maru ini berasal dari sungai Sampit Kalimantan Tengah. Ciri fisiknya dapat dikenali dari warna sisiknya yang berwarna merah ke orenan. Bahkan tidak sedikit juga yang berwarna oren secara keseluruhan.

Channa yang satu ini memiliki pola yang terlihat tebal dan tidak terlalu banyak. Namun warna merah keorenan ini tidak langsung kelihatan ketika masih anakan, tetapi baru mulai terlihat ketika sudah dewasa.


3.    Channa Maru Red Sentarum

Channa red Sentarum seuai namanya berasal dari danau Sentarum, Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Channa red sentarum ini memiliki warna oren yang dominan. Namun kulitnya juga memiliki warna corak hitam yang terlihat pekat.


4.    Channa Maru Red Pangkalan Bun

Jenis channa maru selanjutnya berasal dari sungai Arut yang mengalir di wilayah kabupaten kota Waringin Barat Kalimantan Tengah. Sebenarnya red Pangkalan Bun memiliki corak pola dan warna yang sangat khas dan hampir mirip dengan red sampit.

Namun yang membedakan adalah warna channa maru Pangkalan Bun ini terkesan lebih cerah dan terlihat seperti menyala. Polanya juga jika diperhatikan lebih banyak yaitu dari ujung kepala hingga ujung ekor.


5.    Channa Maru Red Seruyan

Channa ini berasal dari sungai Seruyan di Kalimantan Tengah. Harga ikan channa ini cenderung lebih mahal dibandingkan channa maru lainnya, mungkin salah satu faktor yang menyebabkannya karena hasil tangkapannya sangat sedikit. Channa maru yang satu ini memiliki warna merah yang lebih merata, warna siripnya hitam pekat sehingga terjadi perpaduan yang indah antara hitam dan merah.


6.    Channa Maru Yellow Sentarum

Ikan channa maru yellow Sentarum diketahui berasal dari danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Jenis channa maru yang satu ini sangat diminati dan populer karena harganya yang terjangkau dan sangat cocok dipelihara bagi para pemula.

Selain itu channa yang satu ini cara pemijahan jenisnya terbilang sangat mudah dilakukan. Sehingga untuk memperolehnya tidaklah sulit. Kamu bisa menemukan ikan ini mulai dari yang anakan berukuran 3 cm hingga yang dewasa 50 cm. Dan tentu saja harga ikan channa maru kuning yang anakan dan dewasa berbeda.


7.    Channa Maru Yellow Riau

Jika sebelumnya berasal dari Pulau Kalimantan, jenis yang satu ini berasal dari kepulauan Riau, Sumatera. Berbeda dengan jenis sebelumnya, channa yellow Riau memiliki warna sirip hitam pekat dan warna kuning mirip lemon dengan warna mata yang sangat merah. Pada siripnya terdapat bintik-bintik putih yang sangat indah untuk dilihat. Perpaduan ini membuatnya begitu indah jika dipandang.


8.    Channa Maru Yellow Jambi

Sesuai namanya channa ini berasal dari Jambi Pulau Sumatera. Sisiknya berwarna agak kehijauan dan juga loreng bertutul putih pada siripnya sehingga sangat indah dipandang. Bahkan pola siripnya juga terlihat sangat rapi dan simetris.


9.    Channa Maru Yellow Trengganu

Jenis channa yellow Trengganu adalah jenis yang berasal dari negara bagian pantai timur semenanjung Malaysia. Ikan ini memang memiliki warna kuning, namun jika diperhatikan dengan seksama, ikan ini sangat mirip dengan jenis red sampit.


10.  Chana Maru Yellow Surathani

Jenis ikan channa maru surathani berwana agak kehijauan sama seperti warna channa dari Jambi. Hanya saja jenis yang ini asalnya dari negara Thailand. Corak pola channa maru surathani begitu menawan dan eksotis dan bisa dipastikan tidak ditemukan pada jenis ikan channa lainnya. Keunikan ini yang membuatnya menjadi sangat mahal.

So itulah 10 jenis ikan channa maru yang bisa saya jelaskan, mohon maaf jika ada kesalahan, sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Posting Komentar untuk "10 Jenis Ikan Channa Maru Paling Populer"