5 Alasan Kenapa Ikan Channa Barca Sangat Mahal

Alasan Kenapa Ikan Channa Barca Sangat Mahal

Ikan Channa Barca merupakan salah satu jenis ikan channa yang disebut-sebut paling mahal diantara jenis ikan cahnna lainnya, ikan channa barca bahkan bisa menembus harga hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah. Namun apakah alasan yang membuat harga ikan channa barca ini sangat mahal? So dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang 5 alasan kenapa harga ikan channa barca sangat mahal. Jadi baca artikel ini sampai selesai.


1.   Memiliki Tampilan yang Indah

Tidak dapat disangkal bahwa ikan cahnna barca memiliki tampilan paling indah dan cantik dibandingkan dengan jenis ikan channa lainnya. Ikan cahnna barca memiliki warna yang cerah dan mencolok sehingga akan memenjakan mata siapa saja yang melihatnya, selain itu corak hitam disekujur tubuhnya juga menambah kesan unik dan estetik, ditambah dibagian sirip dan ekor memiliki warna garis kuning yang semakin menambah kehindahan ikan ini.

Tidak hanya itu bentuk struktur tubuhnya juga sangat menarik, ikan cahnna barca ini memiliki tubuh yang lonjong memanjang khas ikan predator dengan sirip dan ekor yang terbuka lebar, sehingga jika struktur bentuk tubuh ini depadukan dengan warna dan corak yang indah maka akan menghasilkan karya seni yang indah. Maka tak heran ikan cahnna barca ini dihargai sangat mahal.


2.   Ikan Channa Barca Sangat Langka

Perlu kita ketahui bahwa ikan cahnna barca merupakan ikan yang sangat langka. Habitat asli dari ikan barca ini berada di india dan banglades, bahkan dihabitat aslinya sendiri ikan ini sulit untuk ditemukan karena populasinya yang sedikit dan penangkapan ilegal yang memperparah kelangkaan ikan ini.

Di banglades sendiri ikan ini termasuk dalam ikan yang dilindungi dan hampir punah sehingga segala jenis perburuan terhadap ikan ini akan terancam hukuman penjara. Sementara di India karena jumlah ikan ini sudah sangat sedikit sehingga ikan ini dilarang untuk di ekspor ke negara lain. Jadi masuk akal kalau akirnya harga ikan cahnna barca ini sangat mahal.


3.   Sulit Untuk Diternak

Dibandingkan dengan jenis ikan cahnna lain, ikan cahnna barca termasuk ikan cahnna yang sulit untuk diternak. Saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan ikan cahnna jenis auranti, andrao, stewartii, maru dan sebagainya tetapi untuk jenis channa barca bisa dikatakan sangat jarang, hal ini karena membudidayakan ikan cahnna barca sangatlah sulit. Bahkan banyak orang yang mencoba untuk menjodohkan ikan cahnna barca ini namun gagal karena selalu berakhir pada perkelahian.

Karena sulit diternak dan yang berhasil masih sangat sedikit, maka hal ini membuat ikan channa barca ini jumlahnya dipasaran masih sangat sedikit sehingga harganyapun otomatis menjadi mahal. Dalam hal ini kita hanya bisa berharap semoga semakin banyak orang yang berhasil membudidayakan ikan barca ini sehingga harganya akan sedikit menurun.


5 Alasan Kenapa Ikan Channa Barca Sangat Mahal


4.   Permintaan yang Besar

Dengan keindahan warna dan struktur tubuh yang ditawarkan oleh ikan cahnna barca, membuat banyak orang ingin memilikinya sehingga permintaan terhadap ikan ini sangatlah tinggi dipasaran. Tetapi masalahnya adalah stok untuk jenis ikan ini sangatlah terbatas atau bisa dibilang sangat langka, sehingga tidak bisa menutupi permintaan pasar yang tinggi.

Akhirnya setiap orang yang sangat menginginkan ikan ini akan berebut untuk mendapatkan ikan cahnna barca ini dengan cara apapun dan dengan harga berapapun, sehingga berakibat pada harga yang melambung tinggi. Hal ini sesuai dengan hukum ekonomi dimana apabila permintaan banyak tetapi barang yang dibutuhkan sedikit maka harga akan naik.


5.   Ikan Chana Barca Adalah Ikan yang Disembunyikan

Banyak rumor di internet yang mengatakan bahwa ikan cahnna barca adalah ikan yang sengaja disembunyikan untuk melambungkan harganya. Dilihat dari harga per sentinya yang cukup mahal, tentu orang yang memiliki ikan channa ini pun masih sangat terbatas. Di Indonesia sendiri kemungkinan besar hanya kalangan tertentu saja yang mampu menyimpan dan bisa membudidayakannya.

Banyak rumor yang mengatakan bahwa ada kemungkinan keberadaan penangkaran untuk produksi jenis channa barca ini masih ditutupi seperti misteri. Besar kemungkinan hal tersebut adalah sebuah strategi. Strategi marketing agar ikan cahnna barca ini tetap bernilai tinggi. Stok pasar terus dibatasi sehingga harga pasar tetap mahal terkendali.

Sangat wajar memang, lagian pula strategi seperti ini sudah lumrah tidak hanya pada ikan channa barca ini saja melainkan juga biasa terjadi pada produk lainnya juga. Namun perlu diingat bahwa ini baru hanya sebatas rumor, dalam artian bisa saja hal ini benar dan bisa juga hal ini salah, so bijaklah dalam menyerap informasi.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Kenapa Ikan Channa Barca Sangat Mahal"