Menganal Ikan Channa Limbata, Ikan Channa Eksotik Dari Indonesia

Menganal Lebih Dekat Ikan Channa Limbata

Ikan channa Limbata merupakan salah satu dari sebagian banyak jenis ikan channa. Ikan channa limbata adalah ikan gabus hias yang memiliki bentuk seperti kepala ular. Ikan ini biasa disebut juga sebagai snakehead emperor. Dan yang paling membanggakan adalah ikan channa jenis ini merupakan ikan channa asli Indonesia. So dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang ikan channa Limbata ini, jadi baca artikel ini sampai selesai.

Bagi Anda yang mungkin merupakan penghobi ikan channa pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan channa jenis ini, karena memang ikan channa jenis ini sudah dikenal banyak orang bahkan sebelum ikan channa sangat populer seperti sekarang ini. Masyarakat pulau Jawa mengenal ikan channa ini dengan sebutan ikan kotes, ikan bogo, dan ikan gabus gunung. Tidak mengherankan memang karena ikan channa jenis ini memang berasal dari Indonesia.

Habitat ikan channa limbata ini sendiri biasa ditemukan diperairan gunung, sawah, sumber mata air jernih, dan hulu sungai di Indonesia. Ikan ini biasa hidup dengan suhu air 26 sampai 30 derajat Celcius dengan kadar pH 6,5 sampai 7. Serta menyukai perairan yang tenang berarus lambat dan memiliki vegetasi lebat, tempatnya beristirahat.

Sementara itu, karakteristik Ikan channa Limbata ini cukup unik, ikan ini mempunyai warna tubuh yang hitam atau abu abu disertai warna hitam kebiruan dan garis kuning atau orange pada bagian ujung sirip dorsal dan sirip ekornya. Ikan channa Limbata berukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis ikan channa lainnya, untuk ukuran maksimalnya yaitu sekitar 15 – 30 cm saja.

Meskipun kecil, ikan channa Limbata ini tetap merupakan ikan predator yang akan memangsa ikan lainnya. Ikan channa limbata termasuk pemburu yang agresif, ikan ini dapat bergerak sangat cepat menggunakan sirip dada mereka dan ekor yang berfungsi sebagai pendorong. Mereka memangsa sebagian besar hewan-hewan kecil air, seperti udang, ikan kecil, dan katak.

Tetapi pada saat perutnya kenyang atau tidak membutuhkan makanan, ikan ini bukanlah perenang yang aktif, ikan ini hanya akan berenang ke permukaan air untuk mengambil udara. Selain itu, ikan ini juga lebih banyak menghabiskan waktu melayang di tengah air, atau beristirahat di dasar air dalam perlindungan sebagai predator yang akan menyergap mangsanya.


Ikan Channa Limbata

Channa limbata termasuk ikan channa yang kuat, ikan ini merupakan salah satu ikan yang banyak direkomendasikan untuk para pemula ketika baru memulai meliharaan ikan channa. Di habiatat alaminya channa ini mampu bertahan hidup diperairan yang keruh dengan kapasitas air yang sedikit dan kandungan oksigen rendah. Channa ini memiliki ketahanan tubuh yang toleran dengan berbagai kondisi air.

Bagi Anda yang ingin memiliki ikan channa limbata ini, maka ketahui terlebih dahulu bagaimana cara merawat ikan channa ini. Ikan channa limbata memiliki perawatan yang terbilang cukup mudah, Anda dapat menempatkan ikan channa ini di aquarium dengan ukuran minimal 60x30 cm dengan ketinggian air 20 cm saja.

Seperti disinggung sebelumnya bahwa Ikan channa ini hidup di air dengan suhu sekitar 26 - 30 derajat celcius. Selain itu, air yang digunakan harus memiliki kadar pH sekitar 6,5 – 7, maka pastikan semuanya sesuai. Ada baiknya juga gunakan penutup pada aquarium yang Anda gunakan, karena ikan ini biasanya suka melompat ke luar aquarium. Anda bisa menggunakan penutup dari kawat ram ataupun jaring. Selain itu Anda juga bisa menambahkan tanaman air, pasir, kayu ataupun bebatuan sebagai tempat ikan channa berlindung.

Karena ikan ini termasuk ikan karnivora, jadi ikan channa ini dapat memakan apapun seperti ikan kecil, udang, jentik nyamuk, cacing, bloodworm, serangga, bahkan siput kecil. Jadi Anda bisa dengan mudah mencari makanan untuk ikan channa limbata ini karena pada dasarnya ikan ini adalah ikan predator yang dapat memakan apapun.

Untuk harga ikan channa Limbata ini pada umumnya memiliki harga yang berbeda-beda, biasanya bervariasi dan tidak memiliki harga yang tetap. Namun jika dilihat secara umum, ikan channa limbata dengan ukuran 2­3 cm dihargai sekitar Rp5.000,00 ­ Rp7.000,00 per ekornya. Sementara untuk ukuran 15­20 cm dihargai sekitar Rp40.000 per ekor, dan untuk jenis channa limbata Golden Xanthix ukuran 10­15 cm memiliki harga hingga sekitar Rp155.000 per ekornya.

Posting Komentar untuk "Menganal Ikan Channa Limbata, Ikan Channa Eksotik Dari Indonesia"