6 Jenis Ikan Channa Limbata Paling Populer

Jenis - Jenis Ikan Channa Limbata

Ikan channa merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki varian yang sangat beragam termasuk dalam hal ini ikan channa limbata. Perlu Anda ketahui bahwa ikan channa limbata tidak hanya berwarna hitam dengan rim merah namun ada juga jenis limbata lainnya yang memiliki warna yang sangat beragam dan unik. Dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis ikan channa limbata paling populer.


1)   Channa Limbata Black

Channa limbata black adalah channa limbata yang umum kita kenal. Channa limbata ini memiliki tubuh barwarna hitam atau kecoklatan dengan sirip berwarna degradasi biru yang dilengkapi rim berwarna orange atau merah. Channa limbata ini bisa dibilang channa yang paling mudah didapatkan dibandingkan dengan jenis channa limbata lainnya karena jumlahnya yang melimpah. Tapi meskipun begitu channa limbata ini tetap memiliki daya tarik tersendiri yang tidak bisa dipandang remah.


2)   Channa Limbata Golden

Ikan channa limbata golden adalah jenis ikan channa limbata yang sangat unik, ikan ini memiliki warna kuning keemasan diseluruh tubuhnya mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung ekor semuanya berwarna kuning keemasan kecuali pada bagian matanya yang berwarna hitam.

Alasan utama kenapa seluruh tubuh ikan channa limbata golden berwarna kuning adalah bukan karena mengalami kelainan albino melainkan kelainan genetik yang disebut leucism. Leucism adalah sebuah kondisi genetik yang menyebabkan hewan kehilangan sebagaian pigmentasi tubuhnya. Jika pada kasus albino hewan akan kehilangan seluruh pigmen tubuhnya sehingga warna tubuhnya menjadi putih, pada kasus leucism mereka hanya kehilangan sebagian pigmen tubuhnya dan biasanya warnanya menjadi kuning keemasan seperti yang terjadi pada ikan channa limbata golden ini.


3)   Channa Limbata Golden Tiger

Channa limbata golden tiger dan limbata golden sama-sama memiliki warna kuning keemasan, hanya saja channa limbata golden tiger ini memiliki corak atau bar berwarna hitam ditubuhnya sehingga terkesan seperti corak harimau, dan itulah mengapa ikan ini diberi nama limbata golden tiger. Selain itu corak hitam pada tubuhnya ini menambah kesan unik dan garang sehingga mengahasilkan perpaduan yang sempurna.


6 Jenis Ikan Channa Limbata Paling Populer

4)   Channa Limbata Golden Stripe

Channa limbata golden stripe memiliki warna dasar tubuh kuning keemasan dengan degradasi warna coklat dibagian atas kepala sampai ekornya. Ikan ini terlihat setengah coklat dan setengah kuning keemasan, tetapi perpaduan warna inilah yang sebenarnya unik dan menarik yang menjadi daya tarik utama dari ikan channa limbata ini.


5)   Channa Limbata Lawu

Channa limbata lawu merupakan jenis ikan channa limbata lokality gunung lawu, dalam artian ikan ini berasal dari perairan gunung lawu di jawa tengah. Ikan channa limbata lawu memiliki tampilan yang eksotis, warna tubuhnya didominasi warna coklat dengan bar dan dot hitam ditubuhnya, selain itu sirip ikan ini memiliki warna degaradasi biru yang dilengkapi rim berwarna orange yang terlihat cantik dan menjadi daya tarik utama dari ikan channa ini.


6)   Channa Limbata Granite

Channa limbata granite adalah channa limbata yang menurut saya memiliki tampilan paling eksotis dibandingkan dengan channa limbata lainnya. Tubuh ikan ini berwarna dasar coklat yang dipenuhi dot atau bintik-bintik hitam tebal disekujur tubuhnya yang membuat ikan ini terlihat seperti hamparan pasir ditengah sungai, sangat menarik dan terkesan garang. Jika Anda mencari ikan channa dengan dot besar dan tebal maka yang paling cocok untuk Anda adalah ikan channa limbata granite ini.

Posting Komentar untuk "6 Jenis Ikan Channa Limbata Paling Populer"