Mengenal Ikan Channa Maru (Marulioides), Karakteristik, Cara Pemeliharaan, dan Harganya

Mengenal Ikan Channa Maru (Marulioides)

Satu lagi ikan channa yang sangat sayang kalau tidak dibahas, yaitu ikan channa maru. Ikan channa maru merupakan salah satu ikan channa yang banyak difavoritkan untuk dipelihara karena keunikan dan keindahannya. So dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang ikan channa maru ini. Jadi mari tonton artikel ini sampai selesai.

Ikan channa maru atau dikenal dengan nama latin channa Marulioides merupakan ikan channa yang berasal dari perairan asia tenggara. Ikan ini dapat ditemukan diperairan Thailand Selatan, Malaysia, dan Indonesia tepatnya di Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Barat, Sumatera Timur, Bangka Belitung, Samarinda, dan Kepulauan Sunda Besar. Ikan ini mempunyai banyak nama karena penyebarannya yang cukup luas. Ikan ini hidup pada air dengan suhu 22 sampai 30° C dengan kadar pH 6 sampai 8.

Ikan channa maru ini memiliki berbagai type dengan tampilan yang menawan di mata, oleh karena itu banyak para penghobi ikan hias khususnya ikan channa yang tergoda, dan berusaha ingin mendapatkannya.

Ikan channa maru ini sangat unik dalam masa pertumbuhannya, ikan ini mengalami beberapa kali fase perubahan dalam tampilan fisiknya. Pada fase pertama saat channa maru diusia kecil atau masih berukuran sekitar 3-10 cm, tampilan fisik ikan ini akan tampak kebiruan.

Sementara difase kedua ketika ikan channa maru menginjak usia remaja atau ukuran ikan mencapai 10-30 cm, tampilan fisik ikan ini kembali berubah. Warna kulit ikan channa maru akan menjadi cokelat dengan perut berwarna putih, mirip ikan gabus biasa yang kita kenal (Channa striata).

Selanjutnya pada fase ketiga ketika channa maru beranjak dewasa atau ukuran ikan sudah mencapai 40-75 cm. Warna tubuh bagian bawah ikan ini akan berubah menjadi oranye kekuningan, sementara pada bagian atasnya didominasi warna hitam. Jika Anda berhasil merawat ikan ini dengan baik selama lebih dari satu setengah tahun, jika Anda beruntung maka pada kulit ikan channa ini akan muncul corak bunga berwarna hitam dengan pinggiran putih yang indah.


Mengenal Ikan Channa Maru (Marulioides), Karakteristik, Cara Pemeliharaan, dan Harganya

Selain keunikan warna pada tubuhnya, ikan channa maru juga punya keunikan lain, yaitu pada matanya. Mata ikan channa maru berwarna merah dan pada saat gelap tampak seperti menyala. Hal ini semakin menambah kesan garang dan penuh kharisma.

Sementara itu untuk karakter sifatnya, ikan channa maru yang masih kecil sampai usia remaja cenderung memiliki sifat yang tenang dan damai namun akan berubah menjadi agresif dan bersifat teritorial ketika memasuki usia dewasa ketika sudah mencapai kematangan seksualnya.

Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan channa maru ini maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ikan channa maru ini bersifat teritorial, maka tempatkanlah ikan channa ini disatu tempat untuk satu ekor.

Ikan ini juga bisa tumbuh maksimal hingga ukuran 65 cm sehingga jika Anda ingin memeliharanya di akuarium maka tentu butuh akuarium berukuran besar minimal 1 meter atau lebih ideal sepanjang 2 meter agar bisa memelihara ikan ini secara memadai. Akan lebih bagus lagi jika Anda memelihara ikan ini di kolam dengan lingkungan yang bersih dan luas sehingga ikan ini akan hidup lebih sehat serta bahagia.

Selain itu berikanlah makanan berupa ikan kecil, udang, jangkrik, katak sawah dan sebagainya. Diutamakan memberi ikan ini dengan pakan yang masih hidup, selain masih segar ikan Anda juga akan tetap memiliki skill berburu yang teruji dan terlatih dengan baik. Tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri dari ikan channa maru ini.

Untuk masalah harga, ikan channa maru terbilang cukup beragam dalam artian tidak ada patokan pasti mengenai harga ikan ini. Semuanya tergantung pada ukuran dan keindahan warna ikan channa maru ini. Namun dipasaran sendiri harganya berkisar puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Channa Maru (Marulioides), Karakteristik, Cara Pemeliharaan, dan Harganya"