Mengenal Channa Andrao, Habitat, Ciri, Cara Memelihara, dan Harganya

Mengenal Ikan Channa Andrao

Satu lagi ikan channa yang berasal dari perairan india yang menarik untuk kita bahas, yaitu ikan channa Andrao. Selain memiliki karakteristik yang unik, ikan channa ini juga cukup populer di indonesia. Dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang ciri dan karakteristik ikan channa Andrao ini.


Habitat Ikan Channa Andrao

Ikan channa andrao merupakan ikan gabus yang berasal dari perairan Brahmaputra di timur laut India. Nama Andrao sendiri berasal dari nama seorang penemu sekaligus ahli ikan yang berasal dari india yaitu Andrew Rao, yang diresmikan pada tahun 2013 oleh dokter Ralf Britz.

Ikan channa Andrao hidup di daerah beriklim tropis, sehingga ikan channa ini tidak akan sulit untuk beradaptasi diwilayah indonesia yang sama-sama beriklim tropis oleh karena itu ikan channa ini cocok untuk Anda yang merupakan seorang pemula penghobi ikan channa.


Ciri dan Karakter Ikan Channa Andaro

Ikan Channa Andrao memiliki ciri-ciri yang khas, ikan ini temasuk ikan gabus dengan varietas kerdil, tubuhnya hanya bisa tumbuh maksimal antara 10 sampai 17 cm. Bentuk tubuh ikan channa ini tidak jauh berbeda dengan ikan channa lainnya, seperti memiliki kepala mirip ular khas ikan predator dengan tubuh yang memanjang yang dibaluti kambinasi warna hitam, biru, dan kecoklatan dengan bintik-bintik merah, orange atau coklat, memiliki sirip punggung yang panjang hingga ekor dengan kombinasi warna hitam dan biru, memiliki ekor yang mungil namun tetap proporsional dengan kombinasi warna hitam, biru dan sedikit warna kuning diujungnya.

Selain itu ikan ini juga memiliki sirip bawah dengan kombinasi hitam dan biru yang menambah kesan garang ketika mekar, ditambah lagi dengan kedua sirip telinga dengan kombinasi warna belang antara hitam dan biru yang menambah kesan eksotis. Maka tak heran jika ikan channa Andrao ini cukup populer di indonesia.

Perlu kalian ketahui bahwa pola warna dan postur tubuh ikan channa andrao jantan dan betina cenderung berbeda. Channa Andrao jantan memiliki tubuh yang lebih langsing dibandingkan dengan Andrao betina. Badan Channa Andrao betina lebih berisi karena menyimpan telur dan lemak yang ada di dalam tubuhnya.

Selain itu channa Andrao betina memiliki warna tubuh lebih terang dengan pola-pola merah yang lebih jelas. Sirip Andrao betina tidak terlalu biru dan ukurannya tidak terlalu lebar. Sedangkan Andrao jantan memiliki tubuh yang gelap cenderung kehitaman dengan sirip yang berwarna biru tua. Andrao jantan juga mimiliki sirip yang lebih besar dibandingkan Andrao betina.


Mengenal Channa Andrao, Habitat, Ciri, Cara Memelihara, dan Harganya


Cara Memelihara Ikan Channa Andrao

Karena tubuh ikan ini tidak terlalu besar Anda bisa memelihara ikan ini diakurium dengan ukuran 50x30cm untuk satu ekor ikan channa Andrao. Settingan air yang cocok untuk ikan channa andrao adalah air dengan arus yang rendah dengan kadar ph 6 sampai 8 dan suhu rata-rata 16-28 derajat celcius.

Sama seperti jenis gabus kerdil lainnya, channa andrao dewasa dapat dipelihara dalam kelompok lebih dari 5 ekor. Namun apabila dipelihara hanya 2 atau 3 ekor saja mereka kadang menjadi bersifat teritorial dan menyerang sesamanya.

Dalam akuarium channa andrao bisa anda diberi makan dengan ikan kecil, cacing, ulat hongkong, jangkrik, ataupun pelet ikan channa. Karena tubuhnya dominan biru maka pelet yang baik untuk ikan ini adalah jenis Premium Blue yang mengandung pigmen biru.

Channa ini dapat dipelihara dalam akuarium polos dengan dasar pasir malang ataupun akuarium dengan hiasan tanaman air. Tenang saja karena termasuk ikan karnivora maka mereka tidak akan merusak tanaman yang ada di dalam akuarium. Jangan lupa juga untuk menutup atap akuarium karena ikan ini cenderung sering melompat.


Harga Ikan Channa Andrao

Sementara untuk masalah harga, ikan channa andrao terbilang cukup terjangkau. Harga ikan ini berkisar antara Rp100.000,00 sampai Rp900.000,00 tergantung ukuran, motif, dan warnanya. Harus Anda garis bawahi juga bahwa harga tersebut hanya sebuh perkiraan, dalam artian bahwa harga ikan ini bisa saja lebih murah ataupun lebih mahal dipasaran jadi alangkah baiknya jika Anda menanyakan langsung pada penjualnya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Channa Andrao, Habitat, Ciri, Cara Memelihara, dan Harganya"