Mengenal Ikan Channa Maru Red Barito dan Cara Merawatnya

Ikan Channa Maru Red Barito dan Cara Merawatnya

Channa Maru Red Barito, Anda mungkin tidak asing lagi dengan jenis ikan channa satu ini. Selain karena ikan channa ini barasal dari perairan Indonesia, ikan ini juga memiliki ukuran tubuh yang besar dengan warna yang indah, maka pantas saja jika ikan ini menjadi salah satu ikan channa paling populer dan banyak dipelihara oleh kebanyakan penghobi ikan channa.


Habitat dan Karakteristik Ikan Channa Maru Red Barito

Ikan channa maru red barito sesuai namanya adalah salah satu jenis ikan channa asli perairan indonesia, tepatnya diperairan Barito Kalimantan Tengah. Ikan ini hidup disuhu air antara 22-30 derajat celsius dengan kadar pH 5-7. Ikan channa maru red barito termasuk ke dalam jenis ikan channa marulioides, ikan channa marulioides sendiri memiliki dua varian yaitu varian yellow dan varian red. Ikan channa maru red barito ini termasuk dalam varian red dari jenis channa marulioides.

Ikan channa maru red barito memiliki tampilan yang eksotis, ikan ini bisa tumbuh hingga lebih dari 80cm. Bentuk kepalanya seperti ular dengan tubuh lonjong memanjang seperti torpedo sehingga terkesan garang khas ikan predator. Tubuh bagian atas, bawah, samping, dan belakang ikan ini dilengkapi dengan sirip yang lebar dan kuat yang menandakan bahwa ikan ini adalah pemburu yang handal.

Meskipun begitu ikan ini juga tetap terlihat menawan dengan warna hitam dan merah menyala yang dihiasi corak putih seperti bunga. Perpaduan antara tubuh yang kekar dengan warna yang menawan inilah yang menjadi daya tarik utama dari ikan channa maru red barito ini.

Ikan channa maru red barito merupakan salah satu jenis ikan channa dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Ikan ini dijual dari berbagai ukuran, mulai dari 4-60 cm dengan harga yang beragam mulai dari puluhan ribu sampai dengan jutaan rupiah tergantung ukuran dan kualitas ikannya. Anda akan dengan mudah menemukan ikan channa jenis ini di toko ikan hias ataupun di marketplace.


Ikan Channa Maru Red Barito dan Cara Merawatnya


Cara Merawat Ikan Channa Maru Red Barito

Untuk merawat ikan ini bisa dikatakan gampang-gampang susah, yang terpenting adalah membuat ikan ini nyaman terlebih dahulu ditempat pemeliharaannya dalam hal ini akuarium. Gunakanlah akuarium yang ideal dengan ukuran ikan, jangan terlalu sempit. Sebisa mungkin gunakan satu akuarium untuk satu ikan karena ikan channa maru cenderung bersifat teritorial.

Lalu gunakanlah air dengan kualitas yang baik, seperti dihabitatnya gunakan air dengan suhu antara 22-30 derajat celcius dengan kadar pH 5-7. Anda bisa menggunakan daun ketapang untuk menurunkan kadar pH air, jika air yang anda gunakan memiliki kadar pH yang terlalu tinggi. Daun ketapang juga akan membantu meningkatkan warna dan corak bunga pada ikan channa maru. Selain itu Anda juga bisa menggunakan pasir dan tanaman air agar ikan merasa hidup dihabitatnya.

Sementara untuk masalah backgraound anda bisa memilih backgraound antara warna hitam, hijau, ataupun biru. Warna backgraund hitam akan membuat warna ikan terlihat mencolok dan tegas, sementara warna hijau akan terlihat lebih natural, dan warna biru akan menambah kesan air lebih segar. Pilihlah backgraund sesuai dengan selara Anda.

Sementara itu penambahan lampu akuarium juga akan menambah keindahan dan menonjolkan ikan channa itu sendiri, warna ikan akan terlihat lebih jelas dan mencolok sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Selain itu penambahan penutup akuarium juga sangat penting, karena ikan ini memiliki kecendurungan untuk melompat keluar akuarium. Anda bisa mengunakan penutup dari kayu ataupun kawat ram, sehingga kemungkinan ikan melompat dan mati akan berkurang.

Untuk masalah pakan, anda bisa memilih beberapa varian makanan. Seperti misalnya ikan kecil, cacing, ulat hongkong, ataupun udang. Namun perlu Anda ketahui bahwa udang dipercaya memilki kandungan yang baik untuk mempercepat mutasi warna pada ikan channa maru sehingga warna ikan akan lebih terang dan cantik.

Disisi lain barikanlah pakan hidup selain agar lebih segar juga dapat menjaga agar mental ikan pemburu tetap terjaga. Berikan makan secukupnya, jangan terlalu kurang ataupun berlebihan. Jika terlalu kurang, pertumbuhan ikan akan terhambat dan jika terlalu berlebihan ikan akan cenderung mager atau malas gerak, jadi perhatikan dengan baik porsi makan ikan channa maru red barito Anda.

Hal penting lainnya yang terkadang dilupakan oleh para pemilik ikan adalah interaksi dengan ikan. Seperti halnya manusia, ikan yang dijadikan sebagai peliharaan juga membutuhkan interaksi dengan kita pemiliknya. Usahakan setiap hari anda mengajak ikan channa anda berinteraksi, bisa itu dengan menggodanya dengan tangan Anda ataupun memberikan cermin atau mainan ikan channa untuk melatih mentalnya agar banyak bergerak dan tetap aktif. Karena semakin aktif ikan channa, akan mempermudah dan mempercepat mutasi warna ikan channa tersebut.

Selain itu juga, mengajak ikan channa berinteraksi juga dapat menghindarkan ikan dari stress dan akhirnya bisa tumbuh dengan sehat. Ikan channa yang stress, biasanya memiliki warna yang kusam dan tidak menarik karena proses mutasi ikan channa tersebut terhambat. Jadi perhatikan hal ini dengan baik.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Channa Maru Red Barito dan Cara Merawatnya"