5 Cara Membuat Channa Limbata Galak

Cara Membuat Channa Limbata Galak

Tentu menjadi dambaan semua penghobi ikan channa limbata jika memiliki ikan channa limbata yang galak. Ikan channa yang galak adalah salah satu daya tarik utama dari ikan channa selain corak dan warnanya, tapi sayangnya tidak semua penghobi ikan channa dapat membuat ikan channa limbata miliknya menjadi galak, entah itu karena faktor tidak melatih ikannya atau karena tidak tahu bagaimana cara membuat ikannya menjadi galak. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mencoba memberi 5 tips atau saran tentang bagaimana cara membuat channa limbata menjadi galak.


1)   Memberi Tempat yang Nyaman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat ikan channa limbata Anda galak adalah membuatnya nyaman atau settle dengan tempatnya. Sebagus apapun ikan channa Anda, jika ikan tersebut tidak nyaman dengan tempat tinggalnya maka jangan harap ikan channa tersebut menjadi galak. Dalam hal ini Anda perlu melakukan beberapa hal seperti misalnya menggunakan akuarium yang ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, jika menggunakan akuarium yang terlalu kecil ikan akan merasa tidak nyaman dan jika terlalu besar Anda akan kesulitan untuk melatih ikan Anda, jadi pilihlah yang ideal.

Selain itu pemilihan air yang baik juga penting, gunakanlah air yang sudah diendapkan agar air tersebut tidak mengandung zat yang merugikan ikan. Lebih jauh penggunaan pasir malang juga bagus agar ikan merasa hidup dihabitatnya. Gunakanlah cara-cara lainnya yang dapat membuat ikan merasa nyaman tinggal ditempatnya. Langkah ini adalah langkah kunci, jadi pastikan Anda melakukannya dengan baik.


2)   Sering Berinteraksi Sebelum Diberi Makan

Langkah kedua untuk membuat channa limbata galak adalah dengan sering berinteraksi dengannya sebelum diberi makan. Dalam hal ini Anda bisa menggoda ikan channa limbata Anda dengan menggerak-garakan cacing bolak-balik dengan harapan ikan tersbut akan merespon dengan mengejarnya. Lakukan cara ini secara rutin sampai ikan tersebut terbiasa dan mau mengejar makanannya, cara ini biasanya akan membuat ikan lebih aktif dan agresif. Ikan mungkin tidak akan mengejar pada awalnya, oleh karena itu jangan menyerah karena suatu hari ikan tersebut akan mau mengejar makannnya.


3)   Latih Mental Ikan Menggunakan Cermin dan Jari Tangan

Setelah ikan channa limbata mau mengejar makanannya ketika hendak diberi makan, maka langkah selanjutnya adalah melatih mental ikan menggunakan cermin dan jari tangan Anda. Dalam hal ini Anda bisa mendekatkan cermin secara perlahan tepat dihadapan ikan, lihatlah respon ikan tersebut apakah dia melakukan flaring atau tidak, jika dia melakukan flaring itu berarti mental ikan limbata Anda sudah mulai terbentuk.

Ketika channa limbata Anda mau melakukan flaring ketika diberi cermin, cobalah sesekali dekatkan jari tangan Anda menggantikan cermin tersebut secara bergantian sampai channa limbata tersebut juga melakukan flaring terhadap jari Anda. Terus lakukan hal ini, dekatkan cermin lalu ganti dengan jari Anda, sampai mental ikan channa limbata Anda benar-benar terbentuk dan menjadi agresif dan galak.


5 Cara Membuat Channa Limbata Galak


4)   Jika Ikan Belum Mau Galak, Lakukan Puasa Selama 2-3 Hari

Melatih ikan channa limbata menjadi galak bukanlah hal yang mudah, diperlukan proses yang cukup panjang. Terkadang ketika kita sudah melakukan berbagai hal yang sudah disebutkan sebelumnya tapi ikan channa limbata kita masih juga belum agresif, maka hal yang bisa kita lakukan adalah mempuasakan ikan selama dua hingga tiga hari sampai ikan tersebut benar-benar lapar.

Dalam hal ini rasa lapar biasa kita manfaatkan untuk melatih ikan channa menjadi galak. Rasa lapar akan mendorong ikan berusaha lebih keras untuk mendapatkan makanan sehingga ketika kita melatihnya ikan tersebut tidak akan merasa takut dan ragu untuk bersifat lebih galak.


5)   Lakukan Latihan Secara Rutin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa melatih ikan channa limbata menjadi galak bukanlah hal yang instan, dalam hal ini diperlukan proses yang cukup panjang. Maka dari itu saya berpesan agar Anda melakukan hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya secara rutin sampai ikan channa limbata Anda benar-benar menjadi galak 100%.

Salah satu tanda ikan channa limbata Anda sudah galak 100% adalah ikan tersebut mau melakukan flaring ketika anda mendekatkan jari tangan Anda, bahkan bukan cuma flaring terkadang ada juga ikan yang sampai mangap-mangap seperti channa auranti saking galaknya. So dalam hal ini jangan menyerah dan teruslah mencoba.

Jadi itulah beberapa cara agar ikan channa limbata Anda menjadi galak. Perlu Anda garis bawahi bahwa mungkin cara ini bukan satu-satunya cara yang bisa Anda coba, dalam arti banyak cara-cara lainnya yang bisa Anda coba dan mungkin lebih cocok bagi ikan channa limbata Anda, jadi jangan terlalu terpaku terhadap cara ini.


Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Channa Limbata Galak"