6 Cara Merawat Channa Limbata Tangkapan Alam

Cara Merawat Channa Limbata Tangkapan Alam

Sebelum populer seperti sekarang, dulu ikan channa limbata hanyalah ikan air tawar biasa yang banyak ditemukan disungai, rawa-rawa, ataupun waduk, keberadaanyapun sering diabaikan. Namun sekarang setelah ikan ini populer menjadi ikan peliharaan, banyak orang yang mendadak menangkapnya dari alam untuk dijadikan peliharaan.

Tetapi setelah ikan channa limbata ini berhasil ditangkap, banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara merawat ikan ini karena sebagian besar ikan yang ditangkap mengalami strees, mager, bahkan ada yang sampai mati. Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan mencoba memberi saran tips bagaimana cara merawat ikan channa limbata hasil tangkapan alam.

Pertama-tama harus Anda ketahui bahwa ikan channa yang dijual dipasaran terbagi menjadi dua jenis, ada ikan channa hasil budidaya dan ada juga ikan channa hasil tangkapan alam. Kedua jenis ikan channa ini cenderung memiliki cara perawatan yang berbeda, ikan channa hasil budidaya cenderung akan lebih mudah beradaptasi dibandingkan dengan ikan channa hasil tangkapan alam. Oleh karena itu jika Anda memiliki ikan channa limbata hasil tangkapan alam Anda harus memperhatikan beberapa cara perawatan berikut ini:


1.    Menyiapkan Air yang Baik

Karena ikan itu hidup di air maka Anda harus menjamin kualitas air yang Anda gunakan untuk memelihara ikan channa limbata Anda. Jangan sampai air yang Anda gunakan mengandung zat-zat yang tidak baik, seperti misalnya mengandung obat-obatan kimia. Kondisi air sangat berpengaruh pada sukses tidaknya adaptasi ikan Channa Limbata hasil tangkapan alam.

Sebaiknya gunakan air yang sudah diendapkan beberapa hari atau minimal satu malam. Air yang sudah diendapkan bagus untuk mempercepat adaptasi ikan. Selain itu Anda juga bisa menambahkan sedikit obat anti stress ataupun daun ketapang untuk menurunkan pH air.


2.    Tempatkan Satu Ikan Pada Satu Tank Akuarium

Ikan channa limbata hasil tangkapan alam cenderung dihargai cukup murah dipasaran sehingga banyak orang yang membeli banyak sekaligus. Namun jangan sekali-kali Anda mencoba untuk menempatkannya dalam satu tank akuarium sekaligus, apalagi jika ikan tersebut belum beradaptasi karena hal tersebut akan membuat ikan strees berat. Cobalah untuk menempatkan satu ikan pada satu tank, atau bisa juga menempatkannya pada satu tank yang diberi skat agar mereka tidak benar-benar menyatu. Hal ini akan membuat ikan channa limbata lebih tenang dan mempercepat proses adaptasi.


3.    Berikan Tanaman Air Pada Tank Pemeliharaan

Dihabitatnya ikan channa limbata biasanya bersembunyi dibalik bebatuan ataupun tanaman air. Dalam hal ini memberikan tanaman air dalam tank pemeliharaan akan membuat ikan merasa hidup seperti dihabitatnya sehingga ikan akan lebih tenang dan cepat beradaptasi. Selain itu tanaman air juga dapat menambah kesan natural dan memperindah tampilan akuarium pemeliharaan.


6 Cara Merawat Channa Limbata Hasil Tangkapan Alam


4.    Diamkan Ikan Channa Limbata Beberapa Hari

Ikan channa limbata hasil tangkapan alam biasanya memiliki tingkat stress yang tinggi karena biasanya mereka hidup dengan bebas dihabitatnya dan ketika ditangkap mereka dipaksa hidup diakuarium yang sempit dan melihat manusia berlalu lalang. Oleh karena itu penting untuk mendiamkan ikan ini beberapa hari agar mereka bisa beradaptasi.

Tempatkanlah akuarium ditempat yang tenang dan tidak banyak orang berlalu lalang setidaknya dua sampai tiga hari setelah ditangkap. Setelah mereka mulai beradaptasi baru Anda bisa menempatkan akuarium ditempat yang Anda inginkan secara perlahan. Anda juga tidak perlu memberi mereka makan untuk beberapa saat, karena ikan yang strees biasanya tidak membutuhkan makanan, berikanlah mereka makan setelah mereka mulai terbiasa dengan tempat barunya.


5.    Berikan Pakan Hidup

Seperti dihabitatnya, ikan channa limbata hasil tangkapan alam terbiasa memakan makanan hidup, seperti ikan kecil, udang, cacing, serangga, dan sebagainya. Oleh karena itu usahakan memberi makan ikan channa limbata Anda dengan pakan hidup, selain untuk memenuhi kebutuhan makan mereka, pakan hidup juga bagus untuk warna dan proses adaptasi ikan. Jangan sekali-kali memberi mereka pelet diawal pemeliharaan, karena mereka pasti tidak akan memakannya karena belum mengenal apa itu pelet. Berikanlah secara perlahan setelah ikan benar-benar beradaptasi ditempat barunya.


6.    Perbanyak Interaksi dengan Ikan

Setelah beberapa hari dipelihara dan ikan channa limbata sudah beradaptasi dengan baik dengan lingkungan barunya, cobalah untuk memperbanyak interaksi dengan ikan. Selain agar mereka terbiasa dengan kehadiran kita, hal ini juga berguna untuk melatih mental ikan agar tidak takut pada manusia sehingga ikan tersebut mau melakukan flaring. Bukankah kebahagiaan tersendiri jika ikan channa yang kita pelihara mau melakukan flaring ketika kita goda?

Anda bisa mulai berinteraksi dengan ikan Anda ketika sedang memberinya makan, cobalah untuk menggodanya sebelum memberinya makan dengan mengerak-gerakan makanan mereka kesana kemari sampai ikan tersebut mau mengejarnya. Tidak perlu terburu-buru jika mereka tidak mau mengejarnya berikan saja makannnya ketika ikan sudah merespon, lama kelamaan suatu hari mereka pasti akan mengejar makanannya. Teruslah perbanyak interaksi dengan ikan secara perlahan sampai mental ikan benar-benar bagus.


Posting Komentar untuk "6 Cara Merawat Channa Limbata Tangkapan Alam"