Channa Limbata Golden, Si Cantik yang Unik dan Langka

Mengenal Ikan Channa Limbata Golden

Mungkin kita sudah familiar dengan jenis ikan channa limbata berwarna hitam dengan rim merah atau orange, namun sebenarnya ada jenis ikan channa limbata yang memiliki warna lainnya yaitu warna golden atau keemasan. Dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh dengan ikan channa limbata golden ini.

Ikan channa limbata golden adalah jenis ikan channa limbata yang sangat unik, jika pada umumnya ikan channa limbata memiliki warna hitam kecoklatan dengan sirip berwarna biru yang dibalut rim berwarna orange, ikan channa limbata golden ini seluruh tubuhnya berwarna kuning keemasan, mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung ekor semuanya berwarna kuning keemasan kecuali matanya yang berwarna hitam.

Jika Anda perhatikan, ikan ini sangat kontras dengan lingkungannya. Warna kuning keemasannya membuat ikan ini terlihat seperti datang dari dimensi lain, terkesan sangat mewah dan berharga sehingga hal ini menjadi daya tarik utama dari ikan channa limbata golden ini.

Jika Anda berpikir ikan ini mengalami kelainan albino, maka dugaan Anda salah besar. Meskipun bisa dikatakan sama-sama mengalami kelainan genetik, namun ikan ini tidak mengalami kelainan genetik albino melainkan kelainan genetik yang disebut leucisme.


Ikan Channa Limbata Golden

Leucisme adalah sebuah kondisi yang menyebabkan hewan kehilangan sebagaian pigmentasi tubuhnya. Jika pada kasus albino hewan akan kehilangan seluruh pigmen tubuhnya sehingga warna tubuhnya menjadi putih, sedangkan pada leucisme mereka hanya kehilangan sebagian pigmen tubuhnya dan biasanya warnanya menjadi kuning keemasan seperti yang terjadi pada ikan channa limbata golden ini.

Leucisme terjadi karena mutasi pada gen-gen penentu warna tubuh hewan. Dalam hal ini channa limbata golden adalah jenis ikan channa yang mengalami mutasi genetik sehingga kehilangan sebagian pigmen tubuhnya. Selain itu leucisme ini dapat menurun pada keturunannya, oleh karena itu limbata golden yang dikawinkan dengan sesama limbata golden akan menghasilkan anakan yang golden pula.

Perlu digaris bawahi leucisme ini tidak hanya terjadi pada ikan channa saja namun juga pada hewan lain seperti misalnya pinguin, ikan lele, paus pembunuh, dan singa. Leucisme adalah kejadian yang sangat langka dan biasanya dialam liar hewan yang mengalami kelainan leucisme akan sulit bertahan hidup terhadap predator karena warnanya sangat mencolok dan mudah terlihat.

Hal yang menarik lainnya adalah Leucisme yang terjadi pada ikan channa limbata telah membuat harga channa limbata semakin mahal. Untuk harga ikan channa limbata golden ukuran kecil saja harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah, tentu yang berukuran besar akan lebih mahal, ditambah lagi ikan ini cukup langka dipasaran sehingga pantas kalau harganya cukup mahal.

Berbicara mengenai perawatan, ikan channa limbata golden tidak jauh berbeda dengan jenis channa lainnya. Anda harus mempersiapkan tempat yang ideal, air yang baik, dan pakan yang bergizi. Buatlah tempat pemeliharaan yang mirip dengan habitatnya agar ikan ini tidak stress dan cepat beradaptasi sehingga Anda akan lebih cepat menikmati keindahan ikan channa ini.


Posting Komentar untuk "Channa Limbata Golden, Si Cantik yang Unik dan Langka"