Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Ikan Koki Oranda, No 9 Paling Populer !

9 Jenis Ikan Koki Oranda

Ikan koki oranda, siapa yang tidak kenal dengan ikan lucu satu ini, ikan ini seringkali menjadi pilihan utama untuk dipelihara di akuarium ataupun kolam ikan di rumah. Selain warnanya yang indah, daya tarik utama dari ikan ini adalah bentuknya yang unik, dia memiliki gumpalan kecil dikepalanya yang mirip buah beri, lalu tubuhnya membulat dan gemuk sehingga terlihat lucu ketika berenang. Tidak hanya itu, ternyata ikan koki oranda juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan warnanya. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis ikan koki oranda.


Asal dan Habitat Ikan Koki

Ikan koki merupakan ikan hias yang berasal dari perairan china. Pada awalnya bentuk tubuh ikan koki sama seperti ikan mas biasa yang kita kenal, hanya saja ikan koki tidak memiliki sepasang sungut dimulutnya. Namun setelah mengalami proses budidaya, perkawinan silang, dan pengembangan yang sangat panjang, ikan koki akhirnya mempunyai berbagai macam bentuk dan warna seperti sakarang ini.

Habitat ikan koki sendiri adalah di air tawar dengan aliran yang lambat, dangkal, dan bersih. Meski begitu, ikan koki juga bisa hidup di air yang keruh asal kadar oksigennya tercukupi. Biasanya ikan ini ditemukan di daerah danau ataupun sungai. Ikan koki mampu bertahan hidup di lingkungan air dengan suhu 12-30 derajat celcius dengan kadar pH antara 6 hingga 7, dan kandungan oksigen terlarut ≥ 5 ppm.

Di negara yang memiliki empat musim, seperti china, jepang, ataupun korea, ikan koki biasanya lebih aktif pada musim semi karena suhu lingkungan sekitarnya 12-20 derajat celsius sehingga sangat cocok untuk mereka. Selain itu ikan koki juga mampu memijah atau berkembang biak sepanjang tahun tanpa dipengaruhi oleh musim apapun.

Jika kita berniat memelihara ikan mas koki, maka air yang digunakan sebagai media hidup ikan ini harus sangat diperhatikan. Sebab air tersebut harus memiliki perbandingan gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) yang seimbang. Jika kadar CO2 ternyata lebih tinggi, pasti akan mengakibatkan kematian pada ikan.


Ciri Fisik Ikan Koki Oranda

Ikan koki ada beberapa jenis dan setiap jenis memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing yang membuatnya menarik. Namun dalam video kali ini saya hanya akan membahas salah satu jenis ikan koki saja, yaitu ikan koki oranda, namun begitu ikan koki oranda ini ternyata terbagi lagi kedalam beberapa jenis.

Ikan koki oranda merupakan salah satu ikan koki paling populer diantara jenis ikan koki lainnya, ini bisa dilihat dari banyaknya peredaran jenis ikan koki oranda di toko akuarium ataupun dirumah-rumah penghobi ikan koki. Tentu ini bukan tanpa alasan karena ikan ini memang memiliki tampilan yang cantik dan unik.

Ciri khas utama dari ikan koki Oranda adalah adanya gumpalan kecil menyerupai buah beri di atas kepalanya yang besar. Selain itu bentuk perutnya juga bulat membuncit, dilengkapi sirip samping, atas, dan bawah yang mekar dan disempurnakan dengan sirip ekor yang menyerupai mahkota yang indah ketika mereka berenang. Untuk ukuran ikan koki oranda dewasa rata-rata biasanya 12-15cm, tetapi ada juga ikan koki oranda jumbo yang bisa mencapai ukuran maksimal 30cm.


9 Jenis Ikan Koki Oranda


Jenis-Jenis Ikan Koki Oranda

Tentu tidak sampai disitu, warna ikan koki oranda juga bisa dibilang sangat cantik dan beragam, sehingga kita bisa membagi jenis ikan koki oranda ini menurut waranya, yaitu sebagai berikut:


1)   Koki Oranda Green

Pertama ada ikan koki oranda green. Ikan koki oranda green bisa dibilang adalah ikan koki oranda besic, dalam arti ikan ini memiliki warna dasar ikan koki oranda sebelum mutasi warna. Perlu Anda ketahui bahwa warna dasar ikan koki sebelum mutasi adalah warna hijau kehitaman atau hitam kehijauan. Jadi dari mulai menetas dan sebelum mutasi warna ikan koki akan berwarna hijau kehitaman. Tetapi ada juga ikan koki oranda yang sampai dewasa tetap berwarna hijau kehitaman, ikan inilah yang disebut sebagai ikan koki oranda green.

Ikan koki oranda green biasanya kurang populer dibandingkan jenis ikan koki oranda lainnya, harganyapun bisa dibilang paling murah dibandingkan jenis ikan koki lainnya. Mungkin hal ini karena warnanya dirasa kurang menarik sehingga kurang peminatnya.


2)   Ikan Koki Oranda Rasket

Kedua ada jenis ikan koki oranda rasket. Ikan koki oranda jenis rasket ini memiliki warna dominan orange diseluruh tubuhnya. Sama seperti jenis oranda green, oranda rasket ini juga kurang begitu populer karena warnanya dianggap kurang menarik, namun tetap lebih baik daripada oranda green. Harganyapun bisa dibilang sangat murah dibandingkan dengan jenis ikan koki oranda lainnya.


3)   Ikan Koki Oranda Red White

Jenis ikan koki oranda yang ketiga adalah ikan koki oranda red white. Ikan koki oranda red white adalah ikan koki oranda paling mudah ditemukan dipasaran, selain karena memang warnanya cantik, ikan koki jenis ini juga sangat populer dan cukup banyak peminatnya. Ikan koki oranda red white memiliki warna perpaduan merah dan putih disekujur tubuhnya yang sekaligus menjadi daya tarik utama dari ikan ini. Kombinasi warna merah dan putih ini menjadikan ikan ini tampak mencolok dan indah, apalagi ketika mereka berenang. Bagi Anda yang menyukai warna merah dan putih pasti akan menyukai ikan koki oranda jenis ini.


4)   Ikan Koki Oranda Red Cup

Jenis ikan koki oranda yang ke empat adalah ikan koki oranda red cup. Berbeda dengan ikan koki oranda red white yang memiliki kombinasi warna merah dan putih disekujur tubuhnya, ikan koki oranda red cup ini hanya memiliki warna merah dibagian gupalan lemak mirip buah beri diatas kepalanya, sedangkan dibagian lainnya ikan ini berwarna putih cerah. Oleh karena itulah ikan koki ini disebut oranda red cup. Ikan koki jenis ini juga sangat populer sehingga sangat mudah ditemukan dipenjual ikan hias air tawar.


5)   Ikan Koki Oranda Black

Jenis ikan koki oranda yang kelima adalah oranda black. Jika dibandingkan dengan jenis ikan koki oranda lainnya, ikan koki oranda black ini bisa dibilang paling eksotis karena warnya yang hitam legam diseluruh tubuhnya. Ikan ini memberi kesan elegan namun tetap anggun dipandang, apalagi jika ikan ini memiliki anatomi tubuh yang bagus maka akan menghasilkan perpaduan yang indah.


6)   Ikan Koki Oranda Calico

Ke enam ada jenis ikan koki oranda calico. Jenis ikan koki oranda calico ini merupakan jenis ikan koki dengan warna paling beragam dibandingkan jenis ikan koki oranda lainnya. Jika ikan koki oranda lain biasanya hanya memiliki 2 atau tiga warna dalam tubuhnya, ikan koki oranda calico ini memiliki 5 warna bahkan lebih dalam satu tubuhnya, sehingga tubuhnya sangat berwarna warni. Oleh karena itulah ikan koki oranda calico ini juga disebut dengan ikan koki oranda pancawarna.


7)   Ikan Koki Oranda Panda

Di urutan ke tujuh ada jenis ikan koki oranda panda. Sesuai namanya warna ikan ini memang mirip sekali dengan panda, yaitu hitam dan putih. Karena warnanya yang unik inilah ikan ini sangat populer dikalangan penghobi ikan koki, ditambah lagi dengan bentuk tubuhnya yang bulat sehingga menambah daya tarik ikan ini. Jika dibandingkan dengan ikan koki oranda lain, ikan koki oranda panda ini memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini wajar selain karena warnanya yang unik, jumlah ikan ini juga lebih sedikit dibandikan ikan koki oranda rasket, red white, ataupun red cup.


8)   Ikan Koki Oranda Tancho

Di urutan ke delapan ada jenis ikan koki oranda tancho. Jika ikan koki oranda lain memiliki warna putih yang dominan, ikan koki oranda tancho ini memiliki warna hitam yang dominan ditubuhnya. Biasanya koki oranda tancho memiliki warna kepala berwarna merah atau orange dengan bagian tubuh sampai ekor berwarna hitam legam, perpaduan warna merah dan hitam ini menjadikan ikan ini terlihat sangat unik dan eksotis berbeda dengan jenis ikan koki oranda lainnya. Selain itu sama seperti koki oranda panda, koki oranda tancho juga dihargai lebih tinggi dari jenis ikan koki oranda lain.


9)   Ikan Koki Oranda Tricolour

Diurutan terakhir ada jenis ikan koki oranda tricolour. Seperti namanya jenis ikan koki oranda ini memiliki tiga warna ditubuhnya, yaitu warna merah, putih, dan hitam. Ketiga warna ini menciptakan kombinasi warna yang unik dan menarik sehingga menjadi daya tarik utama dari ikan koki oranda jenis ini selain bentuk tubuhnya. Ikan koki ini sangat populer dikalangan penghobi ikan koki sehingga pantas saja harga ikan koki jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan koki oranda lainnya apalagi jika struktur anatomi tubuhnya bagus pasti harganya juga akan semakin mahal.


Posting Komentar untuk "9 Jenis Ikan Koki Oranda, No 9 Paling Populer !"