7 Cara Membuat Ikan Channa Galak

Cara Membuat Ikan Channa Galak

Banyak cara yang dilakukan para penghobi ikan channa untuk membuat ikan channa miliknya menjadi galak. Hal ini tidak lepas karena ikan channa yang galak merupakan poin plus dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi ikan channa selain warnanya.

Tentunya sangat menyenangkan dan membanggakan jika memiliki ikan channa yang galak, namun faktanya tidak semua orang bisa membuat ikan channa miliknya menjadi galak. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mencoba membarikan saran tentang bagaimana cara membuat ikan channa menjadi galak.


1)   Membuat Ikan Channa Nyaman

Langkah pertama untuk membuat ikan channa Anda menjadi galak adalah membuat ikan channa tersebut merasa nyaman. Sangatlah sulit untuk membuat ikan channa menjadi galak tanpa membuat ikan tersebut merasa nyaman hidup ditempatnya, apalagi jika ikan tersebut merasa setress dan terancam sebaiknya Anda melupakan saja keinginan untuk memiliki ikan channa yang galak karena hal tersebut sangalah mustahil. Jadi perhatikan hal ini dengan baik.

Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya membuat ikan channa merasa nyaman? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya seperti menggunakan akuarium yang ideal agar ikan channa bisa bergerak dengan leluasa, menjaga kualitas air agar tetap sehat untuk ikan channa, dan memperhatikan kesehatan ikan dari jamur, bakteri, dan sebagainya. Hal tersebut sangat penting dilakukan agar ikan channa cepat beradaptasi dan merasa nyaman hidup ditempat barunya.


2)   Menjaga Kualitas Air

Langkah yang kedua untuk membuat ikan channa menjadi galak adalah menjaga kualitas air tempat pemeliharaan. Seperti yang sudah disinggung diawal bahwa salah satu cara untuk membuat ikan channa merasa nyaman adalah manjaga kualitas air, tapi pada langkah kedua ini saya ingin menekankan pentingnya menjaga kualitas air dalam proses membuat ikan channa menjadi galak.

Air merupakan habitat ikan channa, tanpa air yang baik ikan channa tidak akan mungkin hidup nyaman dan berkembang apalagi menjadi galak, oleh karena itu perhatikanlah kualitas air yang Anda gunakan untuk memelihara ikan channa.

Dalam hal ini Anda bisa mengendapkan air yang akan digunakan untuk memelihara ikan channa terlebih dahulu agar air tersebut lebih stabil. Selain itu Anda juga bisa menambahkan daun ketapang yang sudah diolah ke dalam air pemeliharaan. Daun ketapang mengandung anti biotik, anti jamur, anti bakteri, membuat pH air lebih stabil, dan dipercaya dapat mempertebal warna ikan channa. Selain itu kandungan lain dalam daun ketapang juga dapat menurunkan stress pada ikan channa. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menambahkan daun ketapang ke dalam air pemeliharanna ikan channa.


3)   Berikan Pakan Hidup

Langkah ke tiga untuk membuat ikan channa menjadi galak adalah dengan memberikan pakan hidup. Di alam liar, ikan channa biasanya memakan makanan hidup, seperti ikan kecil, udang, cacing, serangga, dan sebagainya. Sehingga ikan channa tersebut mau tidak mau harus berburu dan mengejar makannannya supaya dia bisa makan. Keharusan untuk memburu makanan ini membuat mental pemburu ikan channa di alam liar sangat terjaga, oleh karena itulah mengapa dialam liar ikan channa ini sangatlah galak.

Berkaca pada kasus tersebut maka jika Anda ingin membuat ikan channa Anda menjadi galak berikanlah makanan hidup untuk ikan channa Anda, agar mental pemburu ikan Anda terasah setiap hari sehingga diharapkan lama kelamaan ikan tersebut akan semakin agaresif dan galak.


7 Cara Membuat Ikan Channa Galak


4)   Puasakan Ikan Channa

Langkah ke empat yang harus Anda lakukan untuk membuat ikan channa menjadi galak adalah mempuasakan ikan selama beberapa hari. Mempuasakan ikan merupakan cara yang lumayan efektif untuk membuat ikan channa menjadi galak. Dengan mempuasakan ikan channa, ikan tersebut akan merasa lapar dan naluri bertahan hidupnya akan bangkit seiring bertambahnya rasa lapar sehingga dia akan berusaha sangat keras untuk bisa mendapatkan makanannya meskipun dengan cara yang agresif.

Dalam hal ini Anda mempuasakan ikan Anda selama dua hingga tiga hari sampai ikan tersebut benar-benar merasa lapar. Setelah itu permainkanlah ikan channa dengan makannya, buat dia mengejar-ngejar makannya sampai dia merasa marah dan bertindak agresif atau galak. Lakukanlah hal ini beberapa kali sampai ikan tersebut sadar bahwa dia tidak akan mendapat makanan jika dia tidak bersifat galak.


5)   Latihan Mental dengan Patung atau Cermin

Langkah ke lima untuk membuat ikan channa menjadi galak adalah melatih mentalnya dengan patung channa ataupun cermin. Salah satu yang berperan penting dalam galaknya ikan channa adalah kondisi mentalnya. Ikan channa dengan mental yang bagus biasanya akan mengikuti naluri alaminya untuk bersifat galak melindungi teritorialnya dari ancaman luar. Oleh karena itu untuk membuat ikan channa menjadi galak Anda harus memastikan bahwa mental ikan channa Anda dalam keadaan baik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih mental ikan channa salah satunya adalah menggunakan patung channa ataupun cermin. Mungkin jika Anda penghobi ikan channa pasti tidak asing atau minimal pernah melihat patung ikan channa disuatu tempat. Patung ikan channa tersebut dibuat bukan tanpa alasan, melainkan dibuat untuk melatih mental ikan channa. Caranya adalah dengan mendekatkannya secara perlahan pada ikan channa yang ingin dilatih mentalnya. Ketika patung ini didekatkan biasanya ikan channa akan marah dan berusaha mempertahankan diri. Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan patung ikan channa ini untuk menaikan mental dan kepercayaan diri ikan channa sehingga mentalnya lebih agresif dan galak.

Benda yang kedua yang bisa Anda gunakan untuk melatih ikan channa adalah cermin. Cara menggunakannya hampir sama seperti patung ikan channa yaitu dengan cara didekatkan dan membiarkan ikan channa melihat dirinya sendiri dipantulan cermin. Ikan channa biasanya akan menganggap pentulan dirinya sebagai musuh sehingga dia akan marah dan berusaha menyerang cermin tersebut. Teruslah goda ikan channa Anda dengan cermin sampai mental ikan channa tersebut terbentuk dan menjadi agresif.


6)   Jangan Terlalu Sering Memberi Makan

Langkah yang ke enam untuk membuat ikan channa menjadi galak adalah jangan terlalu sering memberi makan. Mungkin ini adalah salah satu pantangan yang harus Anda lakukan jika ingin ikan channa Anda menjadi galak, hal ini bukan tanpa alasan karena ikan channa yang terlalu banyak makan jangankan bersifat galak, untuk bergerak saja biasanya dia akan malas, biasanya dia hanya akan berdiam diri didasar ataupun diatas permukaan air.

Mungkin ikan channa yang banyak makan akan mempercepat pertumbuhannya, tapi hal ini juga akan berdampak pada agresifitas ikan channa itu sendiri. Jika Anda memang berniat membuat ikan channa Anda galak maka perhatikan hal ini dengan baik.


7)   Sering Berinteraksi

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat ikan channa Anda menjadi galak adalah sering berinteraksi dengan ikan channa itu sendiri. Mungkin bagi sebagian orang hal ini terlihat tidak terlalu penting tapi sebenarnya hal ini sangat penting daripada kelihatannya. Hal ini karena ikan channa yang sering berinteraksi dengan manusia atau kita sebagai pemiliknya biasanya tidak memiliki rasa takut terhadap manusia, hal ini tentu sangat penting jika ingin membuat ikan channa menjadi galak. Bagaimana mungkin ikan channa menjadi galak kalau melihat manusia saja dia ketakutan. Maka dari itu sering-seringlah untuk berinteraksi dengan ikan channa Anda, minimal ketika Anda hendak memberinya makan.


Posting Komentar untuk "7 Cara Membuat Ikan Channa Galak"