Cara Merawat Ikan Koki Agar Tidak Mati dan Cepat Besar

6 Cara Merawat Ikan Koki Agar Tidak Mati dan Cepat Besar

Ketika Anda memelihara ikan ikan koki, tentu Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat ikan tersebut agar selalu sehat dan tidak mudah mati. Sama seperti ikan hias lainnya, ikan koki juga membutuhkan perawatan khusus untuk menunjang kehidupannya. Entah itu dalam hal kondisi air, kesehatan, ataupun makanannya.

Ikan koki yang dirawat dengan baik, tidak hanya akan memperpanjang umurnya tetapi juga akan membantu mempercantik ikan koki itu sendiri sehingga Anda dapat menikmati keindahan ikan koki secara maksimal. Oleh karena itu pastikan sebelum memelihara ikan koki Anda tahu tata cara merawat ikan koki yang benar. Berikut beberapa saran atau tips mengenai cara merawat ikan koki agar tidak gampang mati dan cepat besar:


1)   Menggunakan Air yang Baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memelihara ikan koki adalah menggunakan air yang baik. Air merupakan habitat utama dari ikan koki, tanpa air yang baik ikan koki tidak akan mungkin hidup dengan baik, apalagi tumbuh dengan cepat. Kondisi air merupakan faktor utama yang menentukan hidup atau matinya ikan koki jadi perhatikan hal ini dengan baik.

Lalu apa itu air yang baik? Air yang baik adalah air bersih yang tidak mengandung zat yang dapat mempengaruhi kondisi ikan koki. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan air keran ataupun air sumur yang sudah diendapkan beberapa hari. Air yang sudah diendapkan beberapa hari ini cenderung memiliki kandungan zat dan pH yang lebih stabil sehingga baik untuk ikan koki. Selain itu Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ikan dan obat jamur agar ikan koki Anda tetap sehat.


2)   Gunakan Tempat Pemeliharaan yang Ideal

Langkah ke dua dalam merawat ikan koki adalah menggunakan tempat pemeliharaan yang ideal. Ikan koki dapat dipelihara di kolam ataupun akuarium, setiap tempat memiliki kekurangan dan keungulan masing-masing. Namun yang pasti adalah Anda harus memilih tempat pemeliharaan yang ideal untuk ikan koki Anda.

Dalam hal ini pilihlah tempat yang sesuai dengan banyaknya ikan koki yang Anda pelihara, jangan sampai Anda memelihara ikan koki ditempat yang terlalu kecil karena hal ini dapat membuat ikan koki Anda cepat stress, selain itu tempat yang kecil juga akan mempercepat kondisi air menjadi kotor karena ikan koki ini termasuk ikan yang banyak mengeluarkan kotoran sehingga hal ini akan mempengaruhi air dan tidak baik untuk kesehatan ikan koki itu sendiri.


3)   Gunakan Filter / Mesin Akuarium

Langkah ke tiga yang harus Anda lakukan dalam merawat ikan koki adalah penggunaan filter air. Ikan koki merupakan tipe ikan yang membutuhkan kadar oksigen yang cukup tinggi dalam air untuk membuatnya tetap hidup. Oleh karena itu penggunaan filter, mesin, ataupun airator sangat membantu dalam memperkaya kandungan oksigen dalam air yang dibutuhkan ikan koki, karenanya penggunaan alat ini mutlak harus Anda gunakan apabila Anda memelihara ikan koki di akuarium ataupun kolam ikan kecil yang tidak dialiri air.


Cara Merawat Ikan Koki Agar Tidak Mati dan Cepat Besar


4)   Memberi Makan yang Berkualitas

Langkah yang ke empat dalam merawat ikan koki adalah memberi pakan yang berkualitas. Ikan koki merupakan ikan yang rakus, mereka bisa makan sepanjang waktu oleh karana itu pertumbuhannya pun termasuk cepat dibandingkan ikan lainnya. Meskipun begitu agar ikan koki tetap sehat dan aktif Anda harus memperhatikan asupan makanannya, berilah mereka makan makanan yang berkualitas, entah itu cacing ataupun pelet.

Pemilihan pakan yang baik akan berpengaruh terhadap kesehatan dan warna ikan koki itu sendiri. Ikan koki yang diberi makan makanan yang baik biasanya memiliki bantuk tubuh dan warna yang baik pula, sehingga daya tariknya akan meningkat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai pemberian makanan. Dalam hal ini meskipun ikan koki sangat rakus Anda harus tetap memberikan makanan secukupnya, dalam arti jangan sampai makanan yang Anda berikan tersisa dan mengendap dikolam karena hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas air. Sisa-sisa makanan yang mengendap dapat membuat air cepat keruh dan menjadi sumber penyakit bagi ikan koki itu sendiri, jadi perhatikan hal ini dengan baik.


5)   Menjaga Kebersihan Air

Langkah selanjutnya dalam merawat ikan koki adalah menjaga kebersihan air. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, air merupakan faktor utama yang menentukan hidup tidaknya ikan koki oleh karena itu Anda harus menjaga agar air tetap dalam kondisi bagus. Ikan koki sangat terpengaruh oleh kondisi air, ditambah lagi ikan koki biasanya mengeluarkan kotoran yang banyak dan jika tidak dibersihkan kotoran tersebut akan mempengaruhi air dan kondiri ikan koki itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk rutin membersihkan dan mengganti air tempat pemeliharaan ikan koki Anda.

Periksalah kondisi air setiap satu minggu atau beberapa hari sekali tergantung ukuran tempat pemeliharaan ikan koki Anda, semakin kecil tempat pemeliharaan maka semakin rutin Anda harus memeriksa kondisi air. Oleh karena itu jika Anda tipe orang yang sibuk ada baiknya menggunakan tempat pemeliharaan yang besar agar Anda tidak harus rutin mengganti air.


6)   Periksa Kesehatan Ikan Koki Secara Berkala

 Selanjutnya langkah penting lainnya dalam merawat ikan koki adalah memeriksa kesehatan ikan koki secara berkala. Ada kalanya ikan koki mengalami kondisi kesehatan yang naik turun, tidak mau makan, berenang terbalik, ataupun kurang aktif seperti biasanya. Entah itu penyebabnya karena stress, kondisi air, cuaca, kutu air, jamur, dan sebagainya yang jelas dalam hal ini Anda harus rutin memeriksa kesehatan ikan koki Anda.

Jika ikan koki Anda mengalami sakit maka segeralah lakukan pengobatan dan karantina, hal ini bertujuan agar ikan koki Anda yang sakit tidak mengalami kondisi yang lebih buruk dan mempengaruhi kesehatan ikan koki lainnya.


Posting Komentar untuk "Cara Merawat Ikan Koki Agar Tidak Mati dan Cepat Besar"