Channa Orna YL, Asal, Ciri-Ciri, dan Cara Merawatnya

Mengenal Channa Orna YL, Kembaran Si Biru Channa Pulchra

Ada satu channa yang tingkat kemiripannya dengan channa pulchra mencapai 80% sehingga membuat banyak orang tidak bisa membedakannya. Mungkin hal ini wajar karena dari segi ukuran, karekteristik, hingga warna channa ini hampir sulit dibedakan. Channa tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah channa orna. Karena banyak orang yang tidak bisa membedakanya maka dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal ikan channa satu ini.


Asal Habitat Channa Orna YL

Channa Orna atau dengan nama lengkap Onratipinis merupakan salah satu jenis ikan channa yang berasal dari perairan Myanmar. Ikan ini hidup dialiran sungai yang deras dengan kadar oksigen tinggi dan suhu yang cukup dingin (subtropical) karena sumber air tempat habitat mereka berasal dari pegunungan Himalaya. Suhu airnya berkisar antara 18-22 derajat celsius dengan kadar pH air 7-8.


Ciri-Ciri Channa Orna YL

Ikan channa orna memiliki karakteristik yang hampir sama dengan ikan channa pulchra, namun mereka tetap memiliki ciri khas masing-masing. Ikan channa orna memiliki badan yang lebih ramping dibandingkan ikan channa pulchra, dimana ikan channa orna hanya bisa mencapai besar tubuh maksimal 25-30cm saja.

Jika kita perhatikan ikan channa orna memiliki warna tubuh yang lebih biru dibandingkan dengan ikan channa pulchra, selain itu channa orana memiliki dot atau totol berwarna hitam yang sangat tebal disekujur tubuhnya dari kepala hingga pangkal ekor dengan bar kuning keemasan dibadan dan ekornya, dan yang unik adalah terdapat warna kuning dibagian bibir ikan ini sehingga terkesan ikan ini memakai lipstik berwarna kuning sehingga banyak orang menyebutnya channa orna yellow lips.

Sementara jika kita perhatikan dari sisi anatomi tubuh, ikan channa orna ini hampir sama dengan ikan channa lainnya. Mereka memiliki bentuk kepala mirip ular khas ikan predator dengan kedua sirip, dorsal, anal, dan ekor yang tampak kokoh yang menandakan bahwa ikan ini pandai berenang dan berburu. Jika kita lihat secara keseluruhan, perpaduan warna dan bentuk tubuh ikan ini memberi kesan garang, eksotis, namun tetap indah dipandang.

 

Channa Orna YL, Asal, Ciri-ciri, dan Cara Merawatnya


Cara Merawat Ikan Channa Orna YL

Jika Anda berminat untuk memelihara ikan channa orna ini maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama jika Anda ingin memelihara ikan channa orna yang masih kecil Anda bisa memeliharanya secara berkelompok untuk mengurangi kebutuhan tempat, tetapi jika ikan tersebut sudah besar Anda perlu memelihara satu ekor pada satu tempat atau bisa juga satu pasang per satu tempat. Gunakanlah tempat pemeliharaan dengan ukuran yang ideal.

Yang kedua Anda harus memperhatikan kualitas air pemeliharaan. Gunakanlah air yang sudah diendapkan agar kualitasnya lebih terjamin, jika perlu tambahkan ekstrak daun ketapang agar ikan terhindar dari stress. Kondisi air tempat habitat ikan channa orna sendiri bersuhu antara 18-22 derajat celcius dengan kadar pH 7-8, jadi buatlah kondisi air semirip mungkin.

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan makanan. Dalam hal ini Anda bisa mengkombinasikan makanan alami dan buatan, seperti misalnya cacing, ikan kecil, udang, ulat hongkong, dan pelet. Khusus untuk pelet, karena ikan channa orna memiliki warna dasar biru maka pilihlah pelet jenis premium blue yang memiliki kadar pigmen biru yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Channa Orna YL, Asal, Ciri-Ciri, dan Cara Merawatnya"