10 Langkah Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar

Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar

Bagi sebagian orang memandikan kucing merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan sekaligus merepotkan. Menjadi menyenangkan karena terkadang kucing yang hendak dimandikan suka melakukan cara apapun untuk menolak yang membuat kita sebagai pemilik melihatnya sebagai sesuatu yang lucu. Tetapi disisi lain juga merupakan hal yang merepotkan terlebih ketika kucing yang hendak kita mandikan tidak bisa diam, mencakar, dan kesurupan arwah leluhur.

Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa saran atau tips tentang bagaimana cara memandikan kucing dengan baik dan benar supaya kucing peliharaan Anda tidak sampai kerasukan arwah leluhur. Berikut langkah-langkahnya:


1)   Pilih Waktu yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memandikan kucing Anda adalah memilih waktu yang tepat. Pertama pastikan bahwa umur kucing yang akan Anda mandikan sudah berumur lebih dari dua bulan dan tidak boleh kurang dari itu. hal ini karena kucing yang berumur kurang dari dua bulan masih belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga jika dipaksa dimandikan ditakutkan akan berpengaruh buruk terhadap kesehatannya.

Selain itu memilih waktu yang tepat juga sangat penting dilakukan agar kucing nantinya bisa lebih tenang dan tidak berontak ketika dimandikan. Pilihlah waktu dimana kucing dalam keadaan yang sehat, rileks dan sedang dalam situasi hati yang baik. Dalam hal ini Anda bisa mengajaknya bermain, memberinya makan, ataupun memberinya snack kesukaannya terlebih dahulu sebelum memandikannya sehingga dia akan lebih tenang ketika dimandikan.


2)   Potong Kuku Kucing

Langkah kedua yang harus Anda lakukan ketika hendak memandikan kucing adalah memotong kukunya. Ketika terancam kucing biasanya akan mencakar sesuatu yang menjadi ancamannya dan ini normal sebagai bentuk pertahanan diri. Oleh karena itu untuk menghindari resiko dicakar maka ada baiknya Anda memotong kuku kucing Anda terlebih dahulu sebelum dimandikan.

Buatlah kucing Anda tenang, lalu potonglah semua kukunya secara perlahan dan hati-hati, jangan sampai Anda memotongnya terlalu dalam karena hal itu dapat melukai kucing Anda. Selain itu gunakanlah gunting kuku khusus kucing agar memudahkan Anda dalam memotong dan mengurangi resiko salah potong.


3)   Siapkan Peralatan Mandi Kucing

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan kucing. Ketika hendak memandikan kucing, pastinya kita membutuhkan beberapa peralatan untuk memudahkan kita memandikan kucing. Peralatan tersebut diantaranya ember atau baskom, gayung atau semprotan air, shampo khusus kucing, handuk, hairdryer, dan kandang bersih.

Pastikan peralatan-peralatan tersebut sudah Anda persiapkan sebelum memandikan kucing Anda agar proses memandikan kucing tidak terlalu lama dan membuat kucing Anda menjadi strees. Dalam hal ini Anda tidak perlu menggunakan peralatan-peralatan yang mahal, cukup gunakan peralatan yang sudah ada di rumah Anda.


4)   Gunakan Air Hangat

Langkah ke empat yang harus Anda persiapkan adalah air yang hangat. Perlu Anda perhatikan bahwa Anda dianjurkan untuk menggunakan air hangat ketika memandikan kucing. Salah satu alasan kenapa banyak kucing tidak suka dimandikan adalah karena mereka tidak suka air yang dingin. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk menggunakan air yang hangat. Air hangat akan membuat kucing Anda lebih tenang dan nyaman ketika dimandikan sehingga hal ini akan memudahkan Anda dan mempercepat proses memandikan kucing itu sendiri.


5)   Basahi Tubuh Kucing

Setelah semua persiapan siap, langkah selanjutnya adalah mulai membasahi tubuh kucing. Jika Anda menggunakan ember atau baskom yang diisi air hangat, Anda bisa menempatkan kucing Anda diember atau baskom berisi air hangat tersebut lalu mulai membasahi tubuh kucing Anda dari leher hingga ekor, hindarilah menyiramkan air langsung ke arah wajah dan telinga kucing.

Sementara jika Anda menggunakan seprotan air atau shower dengan air hangat, Anda bisa langsung membasahi tubuh kucing Anda dengan semprotan tersebut dari leher hingga ekor secara merata sampai tubuh kucing Anda benar-benar basah. Peganglah bagian tengkuknya agar kucing Anda tidak berontak, mencakar, ataupun kabur.


10 Langkah Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar


6)   Bersihkan Tubuh Kucing dengan Shampo Khusus Kucing

Setelah bulu kucing benar-benar basah, langkah selanjutnya adalah membasuhkan shampo ke seluruh bagian tubuh kucing. Ingat, gunakanlah shampo yang memang diperuntukan khusus untuk kucing. Jangan sekali-kali menggunakan shampo manusia untuk kucing karena shampo untuk manusia mengandung zat kimia yang bisa berbahaya jika tidak sengaja tertelan oleh kucing, selain itu juga dapat membuat kulit kucing menjadi iritasi.

Dalam hal ini tuangkanlah secukupnya shampo khusus kucing ke tubuhnya lalu gosok secara perlahan mulai dari leher, punggung, perut, ekor, sampai dengan kaki. Pastikan shampo sudah teraplikasi secara merata diseluruh tubuh kucing agar semua kotoran, kutu, dan jamur yang menempel dapat hilang seluruhnya. Teruslah gosok tubuh kucing secara perlahan sambil perhatikan apakah masih ada kotoran yang menempel atau tidak, jika masih ada gosok bagian yang masih kotor tersebut secara perlahan sampai semua kotoran tersebut hilang. Teruslah ulangi sampai Anda yakin kucing Anda sudah bener-benar bersih.


7)   Bilas Tubuh Kucing

Langkah selanjutnya setelah Anda membersihkan tubuh kucing dengan shampo adalah membilasnya. Bilaslah tubuh kucing dengan air hangat sambil menggosoknya secara perlahan mulai dari leher, punggung, perut, ekor, hingga kaki sampai semua kotoran yang ada ditubuh kucing semuanya ikut terbuang. Pastikan juga Anda membilasnya secara sempurna tanpa menyisakan sisa shampo sedikitpun ditubuhnya agar kucing Anda tidak menjilatnya.


8)   Bersihkan Wajah Kucing

Setelah tubuhnya dibilas hingga bersih, langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah kucing. Bersihkanlah wajah kucing dengan lap atau handuk kecil yang lembut yang sudah dibasahai dengan air hangat. Usaplah dengan lembut bagian mata, hidung, mulut, dan telinga hingga semuanya bersih. Pastikan juga tidak ada air yang masuk kebagian tersebut.


9)   Keringkan Tubuh Kucing

Langkah selanjutnya setelah semua bagian tubuh kucing bersih adalah mengeringkan tubuhnya. Ambilah handuk yang sudah disiapkan tadi lalu keringkan tubuh kucing Anda dengan handuk tersebut mulai dari wajah, leher, tubuh, ekor, sampai dengan kaki. Pastikan semua tubuhnya sudah dilap dengan handuk.

Karena handuk biasanya tidak bisa mengeringkan bulu kucing dengan sempurna maka Anda bisa menggunakan hairdryer agar proses pengeringan sempurna. Gunakanlah kandang bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan masukan kucing Anda kesana, setelah itu nyalakan hairdryer dan mulailah mengeringkan seluruh bagian tubuh kucing Anda hingga bener-benar kering.


10)Sisir Bulu Kucing

Setelah kucing Anda bener-benar kering maka langkah terakhirnya adalah menyisir bulu kucing Anda. Sisirlah setiap bulu diseluruh bagian tubuh kucing dengan sisir yang sudah Anda siapkan sampai semuanya terlihat rapi dan bulu-bulu yang rontok terangkat dengan sempurna. Setelah semuanya selesai, selamat Anda sudah memandikan kucing kesayangan Anda dengan baik dan benar.


Posting Komentar untuk "10 Langkah Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar"