5 Cara Mencegah Kucing Terkena Rabies

Cara Mencegah Kucing Terkena Rabies

Akhir-akhir ini disosial media kita sedang dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan seseorang yang terkena virus rabies, dimana orang tersebut terlihat gelisah dan ketakutan ketika hendak meneguk air minum. Tak pelak hal ini menumbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kita yang melihatnya, terlebih bagi kita yang memelihara anjing ataupun kucing dirumah.

Virus rabies merupakan virus yang sangat mematikan, entah itu untuk binatang ataupun untuk manusia. Virus ini akan menyerang otak dan sistem saraf korbannya sehingga otak dan sistem saraf tersebut rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki. Sehingga tidak mengherankan jika binatang ataupun manusia yang sudah terjangkit virus ini yang tidak ditangani dengan cepat 99% dipastikan tidak akan selamat.

Karena bahayanya virus rabies ini maka kita perlu waspada dan berusaha untuk mencegah agar kita dan hewan peliharaan kita dapat terhindar dari virus rabies ini. Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang ciri-ciri kucing yang terkena virus rabies, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips atau saran tentang bagaimana cara mencegah kucing peliharaan kita terkena virus rabies. Jadi inilah lima cara mencegah kucing terkena rabies.


5 Cara Mencegah Kucing Terkena Rabies


1)    Vaksin

Langkah pertama dan paling penting untuk mencegah kucing terkena rabies adalah melakukan vaksin rabies. Jika Anda memelihara seekor kucing maka pastikan bahwa kucing Anda sudah divaksin rabies, hal ini bertujuan untuk mencegah kucing Anda terjangkit virus rabies.

Vaksin merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan virus rabies, entah itu dari hewan ke hewan ataupun dari hewan ke manusia. Cara kerja vaksin rabies adalah mengenalkan virus rabies yang sudah mati ataupun dilemahkan ke dalam tubuh hewan yang divaksin, sehingga hewan tersebut akan memproduksi antibodi atau sistem pertahanan tubuh yang dapat mencegah virus rebies ataupun mengurangi dampak kerusakan akibat virus tersebut sehingga tidak sampai membahayakan nyawa.

Anda bisa memberikan vaksin pada kucing Anda mulai dari umur 8 minggu. Anda bisa melakukannya didokter hewan ataupun petshop yang menyediakan layanan vaksin. Perlu digarisbawahi juga, Anda harus melakukan vaksin ketika kucing Anda benar-benar sehat, karena jika Anda melakukan vaksin ketika kucing dalam keadaan kurang sehat maka akan membahayakan kucing itu sendiri.

Sebelum melakukan vaksin pastikan kucing Anda tidak demam, tidak diare, tidak batuk, flu atau bersin, tidak cacingan, tidak ada penyakit kulit seperti kutu, jamur, dll serta pastikan nafsu makan dan minumnya baik. Karena pemberian vaksin ini sangatlah penting untuk mencegah penularan rabies, maka pastikan kucing Anda mendapatkannya.


2)    Jaga Kebersihan Kucing dan Kandangnya

Langkah ke dua yang harus Anda lakukan untuk mencegah kucing Anda terkena rabies adalah menjaga kebersihan kucing dan kandangnya. Menjaga kebersihan kucing dan kandangnya sangat penting dilakukan, entah itu karena alasan virus rabies ataupun bukan. Selain agar kucing Anda tetap sehat juga agar kucing Anda tetap bersih sehingga Anda akan nyaman ketika menggendong ataupun bermain dengan mereka. Kucing yang bersih juga akan terhindar dari segala virus yang mungkin menyerang, karena biasanya virus akan lebih mudah menyerang kucing yang kotor. Dalam hal ini mandikanlah kucing Anda secara teratur, potong kuku, dan bersihkan juga telinga dan wajahnya.

Selain itu kebersihan kandang juga harus diperhatikan mengingat kandang merupakan tempat tinggal kucing itu sendiri dimana mereka banyak menghabiskan waktu. Periksalah tampat kotoran kucing, buang secara berkala kotorannya dan jangan biarkan kotorannya menumpuk karena itu akan menjadi sumber penyakit. Bersihkan kandang secara keseluruhan dan jika perlu Anda bisa menyemprotkan desinfektan untuk membunuh bakteri dan virus berbahaya.


3)    Jangan Biarkan Kucing Berinteraksi dengan Hewan Liar

Langkah atau cara yang ke tiga untuk mencegah kucing terkena rabies adalah dengan tidak membiarkan kucing peliharaan Anda berinteraksi dengan hewan liar. Pada umumnya virus rabies ditularkan oleh hewan liar yang belum diberi vaksin, entah itu anjing, kucing, kelelawar, dan sebagainya. Oleh karena itu untuk memperkecil penularan virus rabies dari hewan liar maka penting bagi Anda untuk tidak membiarkan kucing Anda berkeliaran diluar dan berinteraksi dengan bebas dengan hewan liar.

Virus rabies pada umumnya menyeber lewat air liur, jilatan, gigitan, dan cakaran yang masuk kedalam tubuh korbannya. Hewan yang terkena virus rabies juga biasanya sangat agresif dan suka menggigit apa saja yang ada disekitarnya. Dengan tidak membiarkan kucing Anda berinteraksi dengan dengan hewan liar maka kemungkinan kucing Anda berkelahi, terkena gigitan, cakaran, dan air liur hewan yang terkena virus rabies akan kecil sehingga kucing Anda juga akan terhindar dari virus rabies tersebut.

Selain itu pastikan juga jangan sampai ada hewan liar yang masuk ke lingkungan rumah Anda, karena bisa saja hewan tersebut membawa virus rabies yang bisa menular pada kucing, bahkan Anda sendiri. Jika Anda ingin membawa kucing Anda ke luar rumah, maka ada baiknya untuk memberi tali pengikat agar Anda dapat mengawasinya dengan baik.


4)    Cek Kesehatan Kucing Secara Berkala

Langkah ke ke empat untuk mencegah kucing terkena rabies adalah mengecek kesehatan kucing secara berkala. Meskipun kucing Anda sudah diberi vaksin rabies, penting bagi Anda untuk tetap mengecek kesehatan kucing Anda secara berkala. Hal ini dilakukan agar kucing Anda tetap sehat dan jika terdapat gejala penyakit atau virus yang menyerang maka dapat ditangani secara dini sehingga kemungkinan yang lebih parah dapat dihindari.


5)    Memberi Vitamin dan Nutrisi

Cara kelima untuk mencegah kucing terkena rabies adalah memberikan vitamin dan nutrisi yang baik. Selain dengan empat cara yang sudah disebutkan sebelumnya, pemberian vitamin dan nutrisi yang baik pada kucing Anda juga penting untuk dilakukan. Hal ini untuk menjaga agar kondisi kesehatan kucing Anda tetap prima. Ketika kucing Anda dalam kondisi yang sangat sehat maka kucing Anda akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat yang dapat melawan bakteri ataupun virus yang menyerang tubuhnya sehingga kucing Anda tidak gampang sakit. Oleh karena itu berikanlah vitamin dan nutrisi yang baik pada kucing Anda secara teratur.

Itulah lima cara mencegah kucing terkena virus rabies. Virus rabies merupakan salah satu virus yang sangat berbahaya baik itu bagi kucing atau hewan secara keseluruhan maupun bagi manusia. Semoga dengan cara ini kita dan kucing peliharaan kita dapat terhindar dari virus rabies ini.


Posting Komentar untuk "5 Cara Mencegah Kucing Terkena Rabies"