5 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tidak Mati

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Merawat kucing memang susah-susah gampang, diperlukan pengetahuan dan usaha agar bisa merawat kucing dengan baik, apalagi jika yang kita rawat adalah anak kucing yang baru lahir.

Merawat anak kucing yang baru lahir tentu berbeda caranya dengan merawat kucing yang sudah besar, hal ini karena anak kucing yang baru lahir masih sangat rentan dan memiliki resiko kematian yang sangat tinggi.

Oleh karenanya diperlukan perawatan khusus agar anak kucing yang baru lahir tersebut dapat bertahan hidup dan tumbuh sehat hingga dewasa. Berikut beberapa tips dan cara merawat anak kucing yang baru lahir:


1)    Berikan Tempat yang Nyaman dan Hangat

Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati yang pertama adalah memberikan tempat yang nyaman dan hangat. Anak kucing yang baru lahir membutuhkan tempat yang nyaman agar mereka bisa tumbuh dengan baik. Selain itu karena anak kucing belum bisa mengontrol suhu tubuh mereka maka mereka juga membutuhkan tempat yang hangat agar terhindar dari suhu dingin yang dapat mengancam daya tahan tubuh mereka, tempat yang hangat juga akan membantu mereka beristirahat dengan baik.

Anda sebenarnya tidak perlu menyiapkan tempat yang ribet untuk membuat anak kucing merasa nyaman dan hangat, cukup berikan sebuah kotak yang diberi alas kain ataupun handuk yang bersih sebagai tempat mereka bersarang lalu tempatkan kotak tersebut ditempat yang tenang dan jauh dari gangguan. Kotak sederhana seperti ini sudah cukup untuk membuat anak kucing dan induknya merasa nyaman.

Perlu digaris bawahi bahwa sebaiknya Anda memberikan tempat yang nyaman dan hangat ini jauh-jauh hari sebelum anak kucing tersebut lahir agar anda tidak perlu memindahkannya ke tempat yang baru yang mungkin dapat membuat induk kucing merasa terganggu.


2)    Berikan Makanan Bergizi

Cara merawat anakkucing yang baru lahir agar tidak mati yang ke dua adalah memberikan induk kucing makanan bergizi. Memberikan makanan bergizi untuk induk kucing juga secara tidak langsung turut memberikan gizi yang baik untuk anak kucing. Anak kucing yang baru lahir tidak bisa makan secara mandiri seperti kucing dewasa, mereka memperoleh makanan dari air susu induknya, oleh karena itu memberikan makanan bergizi untuk induk kucing akan berdampak baik juga untuk anak kucing itu sendiri.

Dalam hal ini semakin bergizi makanan yang diberikan maka semakin baik pula dampaknya terhadap anak dan induk kucing. Induk kucing akan semakin sehat dan nutrisinya akan terpenuhi sehingga dia bisa memproduksi air susu yang melimpah untuk menunjang pertumbuhan anak kucing. Tentu anak kucing yang mendapatkan susu yang cukup dari induknya akan tumbuh sehat, kuat, dan tidak gampang terkena penyakit.

Dalam hal ini Anda bisa memberi makanan khusus untuk kucing yang sedang menyusui atau makanan lain dengan gizi yang baik. Selain itu Anda juga bisa memberi mereka vitamin khusus agar produski susu induk kucing semakin baik. 


5 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tidak Mati


3)    Jangan Pisahkan Anak Kucing dan Induknya

Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati selanjutnya adalah jangan memisahkan anak kucing dengan induknya. Ketika Anda memiliki kucing yang baru melahirkan, jangan sekali-kali Anda mencoba untuk memisahkannya dengan anak-anaknya karena hal ini akan membuat induk kucing menjadi stress dan tidak mau menyusui anak-anaknya.

Jika induk kucing tidak mau menyusui anak-anaknya maka ini akan menjadi hal yang buruk bagi anak-anak kucing itu sendiri karena nantinya mereka tidak akan mendapatkan nutrisi untuk bertahan hidup. Jika sudah begitu Anda sendiri yang nantinya harus menyusui anak-anak kucing tersebut, tentu akan bagus jika Anda bisa merawatnya namun jika tidak anak-anak kucing tersebut kemungkianan tidak akan bertahan.

Selain itu air susu induk kucing tentunya lebih baik daripada susu formula yang dijual dipasaran karena susu induk kucing pastinya mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang dibutuhkan oleh anak kucing untuk bertahan hidup. Oleh karena itu penting untuk tidak memisahkan anak kucing yang baru lahir dengan induknya.


4)    Bersihkan Kandang Secara Rutin

Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati yang ke empat adalah membersihkan kandangnya secara rutin. Menjaga kebersihan kandang atau sarang sangatlah penting ketika merawat anak kucing yang baru lahir. Jangankan anak kucing yang baru lahir, menjaga kebersihan kandang kucing yang sudah dewasapun wajib dilakukan.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk membersihkan kandang kucing secara rutin. Selain akan membuat nyaman, membersihkan kandang secara rutin juga akan membuat anak-anak kucing menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satunya dalam hal ini Anda bisa mengganti alas kandang yang sudah kotor atau basah dengan alas yang baru. Penggantian alas ini penting karena anak kucing biasanya akan membuang kotorannya dialas tersebut.


5)    Jangan Terlalu Sering Diganggu

Cara merawat anak kucing yang baru lahir yang ke lima adalah jangan terlalu sering diganggu. Induk dan bayi kucing yang baru lahir memang membutuhkan perhatian yang besar dari pemiliknya, namun jangan sampai perhatian ini malah jadi menganggu induk dan bayi kucing itu sendiri karena mereka juga membutuhkan suasana yang tenang tanpa gangguan apapun, entah itu dari manusia ataupun hewan lain.

Salah satu alasan kenapa induk kucing yang mau melahirkan membuat sarang ditempat yang sepi adalah karena mereka ingin memastikan mereka berada ditempat yang tenang dan aman jauh dari gangguan makhluk lain. Oleh karena itu penting bagi Anda sebagai pemilik kucing untuk tidak terlalu mengganggu mereka. Dalam hal ini Anda bisa berinteraksi dengan mereka ketika memberi makan atau mengganti alas kandang yang sudah kotor sambil memastikan keadaan mereka baik-baik saja.

 

Posting Komentar untuk "5 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tidak Mati"