6 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Ada dua jenis ras kucing yang sangat populer dan sering kali dipelihara oleh banyak orang Indonesia, dua ras kucing tersebut tidak lain adalah kucing anggora dan kucing persia. Tentu tidaklah mengherankan apabila kedua jenis ras kucing ini menjadi pilihan populer untuk dipelihara oleh banyak orang Indonesia karena memang penampilan kedua jenis kucing ini sangat menarik.

Namun yang unik adalah meskipun kedua jenis kucing ras ini menjadi salah satu pilihan populer untuk dipelihara, ternyata banyak orang yang tidak bisa membedakan mana kucing anggora dan mana kucing persia. Orang Indonesia sering kali menganggap bahwa kucing dengan bulu yang panjang adalah jenis kucing anggora meskipun sebetulnya kucing tersebut bukanlah kucing anggora.

Tentu adalah hal yang wajar apabila banyak orang yang tidak bisa membedakan antara kucing anggora dengan kucing persia, hal ini karena secara sekilas kucing ini bisa dibilang sangatlah mirip terutama dari bulunya yang panjang dan lebat. Ditambah lagi di Indonesia banyak sekali kucing capuran antara satu jenis dengan jenis lainnya termasuk kucing anggora dan persia ini sehingga ciri khas dari setiap jenis kucing tersebut bercampur menjadi satu.

Namun jika kita perhatikan lebih jauh, ternyata ada beberapa perbedaan yang menjadi ciri khas dari kucing anggora dan kucing persia sehingga kita bisa membedakan keduanya. Jadi dalam artikal kali ini kami akan mengajak Anda untuk melihat bagaimana perbedaan antara kucing anggora dan kucing persia.


6 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia


1)   Asal

Perbedaan pertama dari kucing anggora dan kucing persia adalah dari asal negara kedua kucing ini. Kucing anggora berasal dari kota Ankara di Turki, kucing ini banyak ditermukan didaerah tersebut dan menjadi salah satu peliharaan penduduk setempat. Saking populernya kucing ini sebagai hewan peliharaan, kucing anggora akhirnya menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sementara untuk kucing persia, seperti namanya kucing ini berasal dari persia atau sekarang dikenal dengan negara Iran. Seperti kucing anggora, kucing persia juga sangat populer dijadikan sebagai hewan peliharaan hingga akhirnya menyeber ke seluruh dunia. Bahkan pada abad ke 19 kucing persia pernah mengalahkan dominasi kucing anggora sebagai peliharaan populer di eropa sampai-sampai membuat kucing anggora terancam punah pada saat itu.


2)   Kontur Wajah

Perbedaan kedua antara kucing anggora dan persia adalah pada kontur wajahnya. Mungkin secara sekilas kontur wajah kucing ini terlihat mirip, tapi jika kita perhatikan lebih jauh kedua kontur wajah kucing ini ternyata cukup berbeda. Dimana kontur wajah kucing anggora terlihat seperti bentuk segitiga yang dibalik. Bagian dahinya terlihat lebar lalu meruncing ke bagian rahangnya. Lalu jika kita lihat kontur wajah kucing persia, kontur wajahnya terlihat lebih bulat dan datar dibandingkan kucing anggora sehingga membuatnya terlihat lebih kalem.


3)   Bentuk Hidung, Mata, dan Telinga

Perbedaan ketiga yang bisa kita lihat dari kucing anggora dan persia adalah pada bentuk hidung, mata, dan telinganya. Bentuk hidung kucing anggora terlihat lebih panjang dan mancung, sedangkan bentuk hidung kucing persia terlihat lebih pendek dan pesek. Lalu dari bentuk mata, kucing anggora memiliki bentuk mata seperti kacang almond dengan sudut mata yang sedikit lancip, sementara bentuk mata kucing persia terlihat sangat bulat dan besar.

Lebih jauh jika kita lihat dari bentuk telinga, kucing anggora memiliki bentuk telinga yang besar dan panjang dengan ujung yang lancip dan jarak antar kedua telinganya saling berdekatan. Sementara bentuk telinga kucing persia terlihat lebih kecil dengan ujung yang lonjong dan jarak antar kedua telinganya saling berjauhan.


4)   Postur Tubuh

Perbedaan yang ke empat antara kucing anggora dan kucing persia ada pada postur tubuhnya. Postur tubuh kucing anggora terlihat lebih ideal, dalam arti tubuhnya panjang, langsing, dan sedikit berotot, ditambah lagi dengan ekor dan ke empat kakinya yang menjulang tinggi. Dengan postur tubuh seperti ini kucing anggora terlihat sangat sporty.

Sementara jika kita lihat kucing persia, postur tubuh kucing persia terlihat lebih gemuk dan gempal dengan ekor dan keempat kaki yang lebih pendek dibandingkan kucing anggora. Meskipun begitu dengan postur tubuh seperti ini kucing persia jadi terlihat lebih lucu dan menggemaskan.


5)   Bulu

Perbedaan antara kucing anggora dan kucing persia yang kelima ada pada bulunya. Kucing anggora memiliki bulu yang lebih pendek dibandingkan kucing persia namun pada bagian leher dan ekor, kucing anggora memiliki bulu yang lebih panjang dan lebat dibandingkan dengan bulu ditubuhnya dan ini menjadi ciri khas tersendiri dari kucing anggora.

Sementara untuk kucing persia, kucing ini memiliki bulu yang sangat lebat dan tebal disekujur tubuhnya sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari kucing ini terutama bagi mereka para pencinta kucing dengan bulu panjang dan lebat terlebih lagi jika bulunya mengembang dengan sempurna.


6)   Karakter

Perbedaan yang ke enam antara kucing anggora dan kucing persia adalah pada karakternya. Kucing anggora memiliki karakter atau sifat yang sangat aktif, mereka suka berinteraksi, bermain dan berlarian ke sana kemari. Bagi Anda yang senang bermain bersama kucing yang aktif maka kucing anggora ini sangat cocok untuk Anda.

Sedangkan untuk kucing persia, kucing ini memiliki karekter atau sifat yang lebih tenang, suka berdiam diri, dan bermalas-malasan sepanjang hari, untuk alasan inilah kucing persia cenderung memiliki postur tubuh yang gemuk. Jika Anda merasa cocok dengan kucing yang tidak banyak tingkah dan hanya ingin membelai dan memeluknya maka kucing persia sangat cocok untuk Anda.


Posting Komentar untuk "6 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia"