7 Cara Merawat Induk Kucing Setelah Melahirkan

Cara Merawat Induk Kucing Setelah Melahirkan

Salah satu moment yang mungkin paling membahagiakan bagi para pecinta kucing ialah ketika melihat kucing peliharaannya melahirkan anak kucing yang lucu dengan selamat dan sehat. Selain memang senang karena melihat induk kucing bisa melahirkan dengan selamat juga tentunya senang ketika kita bisa melihat bayi-bayi kucing yang lucu dan mengemaskan.

Namun disisi lain kita kadang bingung tentang bagaimana cara merawat induk kucing yang terlihat letih setelah melahirkan, apalagi jika kita tidak punya pengalaman sebelumnya tentu ini akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kita sebagai pemilik kucing itu sendiri.

Oleh karena itu setelah pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang ciri-ciri kucing hamil dan ciri-ciri kucing yang akan melahirkan, dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara merawat induk kucing setelah melahirkan, berikut selengkapnya:


1)    Bersihkan Tubuh Kucing

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan yang pertama adalah membersihkan tubuhnya. Setelah melahirkan induk kucing biasanya akan terlihat kotor akibat air ketuban dan darah saat proses kelahiran. Kotoran ini jika dibiarkan akan lengket dan mungkin akan mempengaruhi kesehatan induk dan bayi-bayi kucing nantinya, oleh karena itu ada baiknya jika kita membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Namun perlu ditekankan kita tidak bisa membersihkan tubuh kucing dengan cara memandikannya karena itu akan membuatnya stress dan jatuh sakit.

Dalam hal ini Anda bisa mengunakan handuk hangat untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor. Usaplah perlahan sampai kotoran yang menempel ditubuh kucing benar-benar hilang. Namun jika induk kucing tidak menyukainya maka sebaiknya Anda berhenti dan biarkan kucing Anda membersihkan tubuhnya sendiri agar dia tetap tenang dan tidak stress.


2)    Berikan Tempat yang Nyaman

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan yang ke dua adalah memberikannya tempat yang nyaman. Setelah melahirkan induk kucing biasanya akan lebih sensitif dari sebelumnya, entah itu karena perubahan hormon atau karena ingin melindungi anak-anaknya. Oleh karena itu berikanlah induk kucing tempat yang nyaman, bersih, hangat, dan jauh dari gangguan hewan lain. Dengan memberikan tempat yang nyaman, induk kucing akan lebih tenang dan jauh dari stress, selain itu induk kucing juga akan lebih fokus menyusui dan merawat anak-anaknya.

Dalam hal ini berikanlah sebuah kotak yang cukup untuk menampung induk dan bayi-bayi kucing bersarang, jangan lupa untuk memberikan alas anduk ataupun kain kering agar bayi-bayi kucing tetap hangat karena bayi kucing tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sampai dia berumur 3 minggu. Gantilah jika alas tersebut sudah kotor ataupun basah agar induk dan bayi kucing terhindar dari penyakit. Selain itu tempatkanlah kotak ditempat yang tenang dan jauh dari gangguan manusia ataupun hewan lain.


3)    Periksa Kesehatan Kucing

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan yang ke tiga adalah memeriksa kesehatannya. Setelah melahirkan induk kucing bisa saja mengalami masalah kesehatan, entah itu masalah pendarahan, stress, infeksi kelenjar susu dan sebagainya. Salah satu penyakit yang bisa terjadi pada kucing yang baru melahirkan adalah infeksi kelenjar susu. Penyakit ini terjadi akibat produksi susu induk kucing yang kental dan tersumbat sehingga aliran susu tidak keluar dan terjadilah infeksi.

Oleh karena itu penting bagi Anda sebagai pemilik kucing selalu memeriksa kesehatan kucing Anda setelah melahirkan. Jika anda menemukan sesuatu yang tidak beres maka ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter hewan terdekat.


4)    Tambah Porsi Makanan Bergizi

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan selanjutnya adalah memberikan dan menambah prosi makanan bergizi. Sesudah melahirkan induk kucing membutuhkan makanan yang bergizi untuk memulihkan stamina dan kesehatannya, selain itu induk kucing juga harus menyusui anak-anaknya, oleh karena itu Anda perlu memberikan dan menambahkan porsi makanan bergizi kepada induk kucing Anda setiap hari.

Bila perlu Anda bisa memberikan makanan khusus untuk induk kucing yang baru melahirkan, selain itu Anda juga bisa memberikan vitamin agar kondisinya bisa cepat pulih setelah melahirkan. Anda bisa membeli makanan dan vitamin ini di online shop ataupun petshop terdekat. 


7 Cara Merawat Induk Kucing Setelah Melahirkan


5)    Kurangi Interaksi

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan yang ke lima adalah dengan mengurangi interaksi dengannya. Setelah melahirkan induk kucing biasanya akan lebih mudah terganggu dengan kehadiran manusia ataupun hewan lain, bahkan induk kucing bisa stress apabila terus-menerus diganggu. Oleh karena itu Anda perlu mengurangi interaksi dengan induk kucing dengan tidak melihatnya terus menerus, biarkanlah induk kucing tersebut fokus menyusui dan merawat bayi-bayinya dengan tenang. Selain itu jauhkanlah induk kucing dari hewan lain yang mungkin bisa menganggu.

Meskipun Anda diharuskan untuk mengurangi interaksi, sesekali Anda juga harus melihat keadaan induk kucing dan bayi-bayinya karena bisa saja mereka membutuhkan bantuan Anda. Dalam hal ini Anda bisa berinteraksi dengan kucing Anda ketika memberinya makan dan minum atau ketika mengganti alas yang kotor.


6)    Jauhkan Dari Kucing Jantan

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan yang selanjutnya adalah menjauhkannya dari kucing jantan. Setelah kucing betina melahirkan, ada baiknya anda menjauhkannya dari kucing jantan. Hal ini dilakukan untuk menghindari jika kucing jantan tersebut bersikap agresif terhadap induk kucing betina atau bayinya, selain itu hal ini dilakukan juga untuk menghindari perkawinan dini dimana ditakutkan jika kucing betina kembali hamil tubuhnya tidak akan kuat dan dia mungkin akan menelantarkan anak-anaknya.


7)    Jangan Pisahkan Induk dan Anak Kucing

Cara merawat induk kucing setelah melahirkan yang ke tujuh adalah jangan memisahkan induk kucing dengan anak-anaknya. Naluri seorang ibu adalah melindungi anak-anaknya, jika anak-anaknya dipisahkan maka kemungkinan besar induk kucing akan mengalami stress. Selain itu anak-anak kucing juga akan rentan sakit karena mereka masih membutuhkan air susu dan perawatan induknya. Oleh karena itu pastikan Anda tidak memisahkan induk kucing dan anak-anaknya.


Posting Komentar untuk "7 Cara Merawat Induk Kucing Setelah Melahirkan"