7 Jenis Ras Kucing Terbesar di Dunia

Jenis Ras Kucing Terbesar di Dunia

Banyak sekali jenis kucing di dunia ini dan setiap jenis kucing pasti memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, mulai dari warna, bulu, bentuk tubuh, sampai dengan prilakunya. Salah satu kucing yang banyak disukai oleh banyak orang adalah kucing yang memiliki bentuk tubuh yang besar, selain terlihat gagah juga sangat menyenangkan tentunya bermain dengan kucing yang besar.

Namun tahukah Anda jenis ras kucing apa saja yang memiliki tubuh yang besar? Ternyata banyak sekali jenis ras kucing yang memiliki tubuh yang besar, seperti halnya 7 jenis ras kucing terbesar di dunia berikut ini:


7. American Bobtail

Diposisi ke tujuh jenis ras kucing terbesar di dunia ditempati oleh kucing American Bobtail. Kucing American bobtail adalah salah satu jenis kucing domestik yang berasal dari Amerika. Karakteristik utama dari kucing ini seperti namanya adalah bentuk ekornya yang pendek. Jika kucing lain biasanya memiliki ekor yang panjang kucing American bobtail ini secara alami memiliki ekor yang pendek dan sekaligus menjadi keunikan tersendiri dari kucing ini.

Tidak seperti ekornya yang pendek kucing ini nyatanya memiliki ukuran tubuh maksimal yang besar, yaitu bisa mencapai berat 8 kg. Tentu berat tersebut melebihi rata-rata berat kucing pada umumnya, maka pantas saja jika kucing American bobtail ini masuk ke jajaran jenis ras kucing terbesar di dunia. Sebagai informasi tambahan, kucing ini ternyata juga cukup langka sehingga otomatis membuat harga kucing ini cukup mahal dipasaran.


6. Norwegian Forest

Diposisi ke 6 ada kucing norwegian forest sebagai salah satu ras kucing terbesar di dunia. Kucing norwegian forest adalah kucing ras yang berasal dari norwegia dan telah menjadi kucing nasional negara asalnya. Nenek moyang kucing ini diduga berasal dari hutan-hutan di daerah Norwegia dan Skandinavia.

Kucing ini memiliki tubuh yang besar dan kuat, kakinya panjang dengan cakar yang kuat sehingga mereka pandai memanjat, selain itu kucing ini juga memiliki bulu yang lebat dan panjang sehingga tampak gagah dan elegan. Meskipun begitu karakter kucing ini cenderung pendiam, baik, ramah dan cerdas. Mereka juga mudah beradaptasi, senang diperhatikan, senang bermain diluar, dan dapat berburu dengan baik.

Salah satu keunikan dari kucing norwegian forest terletak pada bulunya yang akan menjadi panjang dan tebal ketika musim dingin tiba, dan akan rontok atau menipis ketika musim semi tiba. Selain itu kucing norwegian forest dengan bulu berwarna gelap cenderung akan mempunyai bulu yang lebih pendek daripada bulu yang berwarna terang.


5. Ragamuffin

Ras kucing terbesar selanjutnya adalah kucing ragamuffin. Kucing ragamuffin adalah kucing asal Amerika hasil persilangan antara kucing ragdoll, persia, dan himalaya, oleh karena itu kucing ini memiliki beberapa kemiripan dengan ketiga kucing tersebut. Seperti kucing ragdoll, kucing ragamuffin memiliki tubuh yang besar dan panjang dengan bulu yang lebat sehingga tampak gagah dan elegan, meskipun bisa dibilang tubuhnya tidak lebih besar dari kucing ragdoll akan tetapi kucing ragamuffin memiliki corak dan warna bulu yang lebih beragam dari kucing ragdoll sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari kucing ini.

Secara karakter kucing ragamuffin adalah kucing yang manja, penyayang, dan suka perhatian. Mereka suka sekali dielus, digendong, dicium dan sebagainya, mereka tipe kucing yang hangat dan suka berinteraksi dengan pemiliknya, mereka suka mengikuti kemanapun pemiliknya beraktifitas, bahkan mereka sering kali menunggu pemiliknya pulang didepan pintu.


4. Siberian Cat

Daftar ras kucing terbesar selanjutnya ada kucing siberian. Kucing siberia adalah ras kucing yang berasal dari Siberia, Rusia. Menurut sejarah, kucing Siberia sudah ada sejak 1000 tahun sebelum masehi, dan merupakan kerabat dekat dari kucing Maine Coon dan kucing hutan Norwegia.

Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Kucing betina siberia bisa mencapai berat tubuh 4-7 kg, sedangkan untuk kucing siberia jantan biasanya lebih besar lagi yaitu bisa mencapai berat 6-9 kg. Dengan ukuran seperti itu kucing ini masuk ke jajaran salah satu ras kucing terbesar di dunia.

Kucing siberian memiliki postur tubuh yang besar, panjang, dan langsing dengan bulu yang lebat terutama dibagian leher dan ekornya. Bentuk kepalanya oval dengan telinga berukuran sedang namun agak lebar, matanya bulat dan sedikit runcing dibagian ujung, serta dilengkapi dengan bentuk hidung yang panjang.

Sementara dari segi karakter kucing siberia memiliki karakter yang ramah, setia, dan juga aktif. Mereka suka bermain dan memanjat ke tempat yang tinggi. Selain itu kucing ini juga cukup cerdas sehingga bisa dilatih dengan perintah sederhana.


3. Ragdoll

Jenis ras kucing terbesar selanjutnya adalah kucing ragdoll. Kucing ragdoll adalah ras kucing hasil persilangan dari berbagai ras kucing lainnya, seperti kucing anggora, persia, dan kucing burmese. Kucing ini pertama kali diperkenalkan oleh Ann Baker seorang pecinta kucing asal California, Amerika Serikat.

Kucing ragdoll bisa dibilang adalah kucing yang banyak disukai oleh para pecinta kucing. Hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat kucing ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Tubuhnya besar, bulunya indah, matanya menarik, dan karakternya sangat ramah. Selain itu kucing ragdoll juga merupakan salah satu ras kucing terbesar didunia, kucing betina ragdoll bisa mencapai bobot rata-rata 7kg, sedangkan kucing ragdoll jantang bobotnya bisa mencapai 9-10 kg.


2. Kucing Savannah

Ras kucing terbesar didunia diposisi kedua ditempati oleh kucing savannah. Kucing savannah adalah ras kucing hibrida atau campuran antara kucing Serval Afrika dengan kucing Siam peliharaan. Kucing ini memiliki tubuh yang tinggi dan panjang, bahkan kucing ini tercatat dalam Guinness World Records dengan kategori kucing terpanjang di dunia.

Hampir sama seperti kucing serval, kucing savannah memiliki tampilan tinggi ramping dengan kaki panjang, telinga besar, dan leher yang cukup panjang. Bulunya memiliki pola berbintik khas kucing liar sehingga kucing ini sangat mirip seperti macan tutul. Mereka juga ternyata juga bisa mendesis seperti kucing serval.

Kucing savannah adalah kucing yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, cardas, senang diperhatikan, dan selalu waspada pada keadaan sekitar. Selain itu kucing ini juga sangat ramah, baik, senang bersosialisasi, mudah dilatih, penurut, tidak agresif, dan sangat setia kepada pemiliknya.

Kucing savannah terkenal sebagai kucing dapat melompat tinggi, bahkan dapat melompat setinggi 2,5 meter. Kucing ini juga ternyata tidak seperti kucing pada umumnya, mereka tidak takut dengan air. Salah satu yang unik dari kucing savannah adalah pada saat kucing ini merasa sangat senang maka ia akan mengibaskan ekornya seperti seekor anjing.


7 Jenis Ras Kucing Terbesar di Dunia


1. Maine Coon

So ras kucing terbesar didunia diposisi pertama adalah kucing Maine coon. Kucing maine coon adalah kucing yang berasal dari Maine, Amerika Serikat dan merupakan salah satu ras kucing tertua didunia. Seperti julukannya sebagai salah satu ras kucing terbesar didunia, kucing maine coon memiliki badan yang besar dan tinggi dengan rata-rata berat jantan sekitar 6–10 kg dan betina sekitar 4–6 kg. Dan yang mengagumkan adalah tubuhnya bisa mencapai tinggi hingga sekitar 1 meter. Bahkan ada kucing maine coon yang memecahkan rekor dunia dengan berat 15kg dan tinggi 1,2 meter.

Sementara itu jika kita lihat dari karakteristik fisiknya, kucing maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Telinganya besar dengan bagian bawahnya lebar dan di bagian ujungnya lancip. Matanya besar dan berbentuk seperti oval. Hidungnya lebar dan di bagian ujungnya sedikit melengkung, sementara dagunya terlihat tajam. Lehernya tempak kuat dengan panjang yang sedang. Kakinya sedang dengan tulang dan otot yang kuat dan ekornya panjang. Maine coon merupakan kucing yang besar, kuat dan berotot. Namun yang unik kucing ini memiliki pertumbuhan dewasa yang lama, yaitu sekitar 3–5 tahun.


Posting Komentar untuk "7 Jenis Ras Kucing Terbesar di Dunia"