8 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induknya

Merawat anak kucing yang baru lahir tentunya berbeda dengan merawat kucing yang sudah dewasa karena anak kucing yang baru lahir masih sangat rentan dan memiliki resiko kematian yang sangat tinggi. Tentu hal ini wajar karena anak kucing yang baru lahir masih belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan masih membutuhkan perawatan induknya. Lalu apa jadinya jika anak kucing yang baru lahir tersebut kehilangan induknya, entah itu karena mati atau ditinggal induknya, apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara merawat kucing tersebut?

Merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk bisa dikatakan sangat sulit karena memiliki resiko kematian yang sangat besar serta membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, tetapi tentu hal ini bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Hal yang dibutuhkan dalam hal ini ialah pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat bayi kucing tersebut dengan baik. Oleh karena itu berikut tips atau saran tentang bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk:


1)    Memberikan Tempat yang Nyaman, Bersih dan Hangat

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk adalah menyediakan tempat yang nyaman, bersih, dan hangat. Induk kucing merupakan tempat yang paling aman dan nyaman untuk kucing yang baru lahir, namun ketika anak kucing tersebut kehilangan induknya dia juga akan kehilangan tempat paling aman dan nyaman tersebut.

Selain itu anak kucing yang baru lahir tentunya sangat rentan terhadap predator, penyakit, dan cuaca. Bayi kucing yang baru lahir belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga sangat mudah tertular penyakit, ditambah lagi dengan umur mereka yang masih hitungan hari mereka belum bisa memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya. Oleh karena itu penting bagi Anda yang merawatnya untuk memberikan tempat yang aman, nyaman, bersih, dan hangat. Dalam hal ini Anda tidak perlu menyediakan tempat yang mewah jika Anda tidak mampu, cukup kotak kardus yang diberi alas handuk atau kain bersih sudah cukup untuk membuat mereka merasa nyaman.


2)    Memberikan Susu Formula Secara Teratur

Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk yang ke dua adalah memberikan susu secara teratur. Sama seperti bayi manusia, adalah hal yang normal jika anak kucing menginginkan susu induknya apalagi jika anak kucing baru saja lahir, mereka pasti lapar dan membutuhkan nutrisi untuk bertahan hidup. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memberikan mereka susu secara teratur.

Karena kita barbicara mengenai cara merawat anak kucing tanpa induk, maka harus ditekankan bahwa Anda tidak boleh memberikan anak kucing tersebut susu formula yang biasa diberikan kepada manusia karena hal itu malah akan berbahaya bagi anak kucing tersebut. Dalam hal ini berikanlah mereka susu formula yang dibuat khusus untuk anak kucing, Anda bisa mendapatkan susu ini ditoko hewan terdekat.

Selain itu penting bagi Anda untuk mengetahui berapa banyak dan kapan baiknya anak kucing diberikan susu, karena kebutuhan susu anak kucing berbeda disetiap umurnya. Anak kucing di bawah 1 minggu ada baiknya diberikan susu sebanyak 2 - 6 ml setiap 2 jam. Sementara anak kucing yang berusia 1 - 2 minggu ada baiknya diberikan 6-10 ml susu formula setiap 2 - 3 jam. Lalu anak kucing yang berusia 2 - 3 minggu membutuhkan 10 - 14 ml susu formula setiap 3 - 4 jam sekali. Sedangkan anak kucing yang berusaia 3 - 4 minggu bisa diberikan 14 - 18 ml susu formula setiap 4 - 5 jam sekali. Jadi semakin muda umur anak kucing semakin sering juga Anda harus memberinya susu.


3)    Memberi Stimulus Agar Anak Kucing Bersendawa

Cara merawat anak kucing yang beru lahir tanpa induk yang ke tiga adalah memberinya stimulus agar bersendawa. Sama seperti bayi manusia, bayi kucing juga akan merasa kembung setelah minum susu, oleh karena itu ada baiknya Anda memberikan stimulus setelah Anda selesai memberinya susu dengan menepuk punggungnya secara perlahan agar bayi kucing bisa bersendawa. Dalam hal ini gas yang mengendap ditubuh kucing akan dilepaskan ketika bersendawa atau melewati saluran pencernaan dengan kentut.


4)    Membantu Anak Kucing Buang Air

Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk selanjutnya adalah membantu kucing buang kotoran. Taukah Anda bahwa anak kucing yang baru lahir tidak bisa buang air kecil atau besar sampai mereka berusia 2 sampai 3 minggu. Oleh karena itu ketika dirawat induknya, induknya sendirilah yang akan menstimulus mereka untuk membuang kotoran dengan menjilati anus dan alat kelamin mereka.

Dalam hal ini karena Anda merawat anak kucing tanpa induk maka Anda sendirilah yang harus membantu menstimulus anak kucing tersebut agar membuang kotoran dengan menggosok alat kelamain dan anusnya secara perlahan menggunakan kapas atau kain yang lembab dan hangat.


8 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk


5)    Bersihkan Anak Kucing Secara Teratur

Cara selanjutnya dalam merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk adalah dengan membersihkan anak kucing tersebut secara teratur. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa anak kucing sangat rentan terhadap penyakit, oleh karena itu sengat penting untuk terus menjaga kebersihannya secara teratur. Ketika dirawat oleh induknya, induk kucing sering kali membersihkan anaknya dengan cara menjilati seluruh tubuhnya.

Namun dalam hal ini Anda bisa menggunakan handuk atau kain untuk membersihkan anak kucing yang Anda rawat, gosoklah secara perlahan pada bagian-bagian yang kotor dari mulai kepala hingga ekor. Perlu ditekankan bahwa Anda tidak bisa membersihkan anak kucing dengan cara dimandikan, karena mereka sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Jika Anda tetap melakukannya maka itu akan membahayakan anak kucing itu sendiri.


6)    Bersihkan Tempat Pemeliharaan Secara Teratur

Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk yang ke enam adalah membersihkan tempat pemeliharaan secara rutin. Selain membersihkan tubuh anak kucing, membersihkan tempat pemeliharaan juga sangat penting dilakukan. Hal ini selain agar tempat pemeliharaan selalu bersih juga agar anak kucing tersebut tidak mudah terkena penyakit, entah itu jamur, bakteri, ataupun virus. Dalam hal ini ganti dan cucilah handuk atau kain yang digunakan sebagai alas tempat pemeliharaan jika sudah kotor, jika perlu semprotkan pembunuh kuman sebelum tempat pemeliharaan digunakan kembali.


7)    Jauhkan Anak Kucing dari Kucing Dewasa

Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk selanjutnya adalah menjauhkannya dari kucing dewasa. Kucing dewasa biasanya sangat penasaran terhadap segala hal termasuk pada bayi kucing. Memang mungkin tidak akan berbahaya, namun hal ini demi mencegah jika terjadi hal yang buruk. Dalam hal ini Anda bisa mengenalkan anak kucing setelah umur mereka dirasa cukup.


8)    Periksa Kesehatan Kucing Ke Dokter

Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk yang ke delapan adalah memeriksa kesehatannya ke dokter. Merawat anak kucing yang baru lahir memang sangat rawan jika kita tidak memiliki kemampuan yang memadai, oleh karena itu ada baiknya Anda membawa anak kucing Anda kepada doker hewan untuk memeriksa kesehatannya dan mendapatkan saran terkait perawatan yang harus dilakukan.


Posting Komentar untuk "8 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk"