9 Cara Merawat Kucing Anggora dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Kucing Anggora dengan Baik dan Benar

Kucing anggora merupakan salah satu kucing yang populer dan banyak dipelihara oleh para pencinta kucing di Indonesia. Selain karena menjadi salah satu kucing ras yang mudah diperoleh juga karena kucing ini memiliki tampilan yang sangat menarik, mereka memiliki tubuh yang besar, warna yang indah, dan bulu yang cukup panjang.

Dengan tampilan yang berbeda dengan kucing domestik atau kucing kampung yang biasa kita temukan dilingkungan sekitar, tentu saja kucing anggora membutuhkan perawatan berbeda. Namun ternyata banyak pemilik kucing anggora terutama bagi mereka yang baru saja memiliki kucing jenis ini yang kurang mengerti tentang bagaimana cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar. Oleh karena itu dalam berikut 9 cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar:


9 Cara Merawat Kucing Anggora dengan Baik dan Benar


1)    Berikan Vaksin

Langkah pertama mengenai bagaimana cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar adalah memberikan vaksinasi. Jika kucing anggora Anda belum divaksin maka segeralah lakukan vaksin demi kebaikan kucing dan Anda sendiri. Vaksin pada kucing bermanfaat untuk membantu mempersiapkan imun atau kekebalan tubuh kucing, sehingga tubuh kucing dapat memberikan perlindungan ketika terinfeksi virus ataupun bakteri dan secara tidak langsung juga memberikan perlindungan terhadap pemiliknya agar tidak terinfeksi virus ataupun bakteri tersebut.

Vaksin sangat efektif untuk mencegah penyakit pada kucing. Vaksin mengandung antigen yang terlihat seperti organisme suatu penyakit yang biasa ada pada kucing. Tetapi penyuntikan vaksin tidak akan mengakibatkan penyakit, karena cara kerjanya hanya mengenalkan penyakit tersebut untuk memicu pertumbuhan antibodi pada tubuh kucing. Ketika suatu saat penyakit yang sesungguhnya menyerang, maka sistem kekebalan tubuh kucing sudah mengenali penyakit tersebut dan bisa melawannya sehingga kucing akan terhindar dari kondisi yang parah.

Vaksin kucing pada umumnya bisa dilakukan di rumah sakit ataupun klinik dokter hewan, namun tidak jarang juga petshop menyediakan pelayanan untuk vaksinasi kucing. Dalam masa kehidupannya, pada umumnya vaksinasi pada kucing dilakukan dua kali. Yaitu pada tahap pertama diberikan saat kucing masih berusia anak-anak sekitar 6 hingga 8 minggu dan tahap kedua vaksinasi dilakukan pada saat kucing berusia 3 bulan, pada tahap ini vaksinasi berfungsi untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh.


2)    Gunakan Kandang yang Ideal

Langkah ke dua dalam merawat kucing anggora adalah menyediakan kandang yang ideal. Kucing anggora adalah salah satu kucing yang memiliki ukuran tubuh yang besar sehingga mereka membutuhkan tempat yang cukup luas agar mereka merasa nyaman. Kandang yang cukup luas selain akan membuat mereka leluasa juga akan mengurangi strees. Kucing yang stress biasanya tidak nafsu makan sehingga akan berpengaruh terhadap kesehatan kucing itu sendiri. Oleh karena itu gunakanlah kandang yang ideal minimal tiga kali ukuran tubuh mereka, atau jika Anda memeliharanya disebuah ruangan khusus maka itu akan lebih baik daripada memasukannya didalam kandang.

Selain itu sediakanlah tempat makan dan minum, dan tempat pasir untuk mereka membuang kotoran, dan jika perlu Anda juga bisa memberikan tempat garukan dan mainan kucing agar kucing Anda bisa mengasah kuku mereka sesuai kebiasaannya dan bermain dengan mainannya ketika mereka bosan.


3)    Berikan Makanan yang Baik

Cara yang ketiga dalam merwat kucing anggora adalah memberikan makanan yang baik. Makanan yang dimakan oleh kucing biasanya akan berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan bulu kucing itu sendiri, oleh karena itu Anda harus memberikan makanan yang baik dan berkualitas. Makanan yang baik dan berkualitas bukan berarti makanan yang harganya mahal, melainkan makanan yang memiliki gizi yang tinggi dan cocok untuk kucing Anda.

Dalam hal ini Anda bisa mencari makanan kucing di toko hewan peliharaan lalu bandingkan dan carilah makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, baik itu makanan kering ataupun basah. Tentunya makanan kucing kering ataupun basah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih merek makanan kucing yang memiliki gizi dan harga yang cocok untuk Anda.


4)    Mandikan Kucing Secara Teratur

Langkah ke empat dalam merawat kucing anggora adalah memandikannya secara teratur. Seperti halnya manusia yang perlu mandi untuk membersihkan kotoran ditubuh, kucing juga perlu mandi agar tubuhnya bersih. Tetapi tentunya tidak seperti manusia yang bisa mandi setiap hari, kucing hanya membutuhkan mandi minimal satu bulan sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya. Namun Anda juga bisa memandikan kucing Anda lebih sering seperti satu atau dua minggu sekali jika memang kucing Anda bener-benar kotor, dalam hal ini lihatlah kebersihan kucing Anda untuk menentukan apakah kucing Anda perlu mandi atau tidak.

Rutin memandikan kucing selain akan membuat tubuhnya bersih juga akan membuat kucing tersebut sehat dan terhindar dari kutu, infeksi dan penyakit yang mungkin dapat menyerang. Selain itu bulu kucing juga akan terlihat lebih cantik dan rapi sehingga akan menambah pesona kucing itu sendiri. Dalam hal ini kita sebagai pemilik juga akan lebih nyaman ketika bermain dengan kucing yang sudah mandi.


5)    Bersihkan Telinga, Mata, Hidung dan Gigi Kucing

Selain memandikan kucing secara teratur, membersihkan telinga, mata, hidung dan gigi kucing juga sangat penting dan perlu rutin dilakukan. Hal ini selain untuk menjaga kebersihan juga agar kucing terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin akan menerpa seperti virus, bakteri, jamur dan sebagainya.

Periksalah kebersihan telinga kucing Anda secara rutin, biasanya telinga kucing bagian dalam termasuk bagian yang sering kotor terutama jika kucing Anda sering berpetualang keluar rumah. Debu yang terbawa angin biasanya bisa menempel dan menumpuk dibagian dalam telinga karena keadaanya cukup lembab, oleh karena itu penting untuk membersihkan bagian ini idealnya tiga atau seminggu sekali.

Selain itu bagian mata, hidung, dan gigi juga harus sering dibersihkan, apalagi ketika kucing Anda sedang sakit, biasanya mata dan hidungnya sering berair sehingga kotoran mudah masuk. Sementara pada bagian gigi sama seperti manusia kucing juga bisa mengalami sakit gigi, oleh karena itu untuk mencegahnya Anda sebagai pemilik harus sering membersihkannya.


6)    Potong Kuku Kucing Secara Teratur

Perawatan kucing anggora yang ke enam adalah pemotongan kuku secara teratur. Secara alami kucing diciptakan dengan kuku yang panjang dan tajam serta akan terus tumbuh seiring waktu, hal ini wajar karena dialam liar kucing adalah seekor predator yang akan memburu mangsanya. Namun untuk kucing peliharaan, kuku kucing yang panjang dapat melukai kita sebagai pemilik dan kucing itu sendiri ketika mereka berkelahi dengan kucing lainnya, selain itu kuku kucing peliharaan yang panjang juga dapat merusak kursi, meja, jok motor dan perabotan lainnya. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik untuk memotong kuku kucing secara teratur.

Mungkin Anda juga menyadari bahwa kucing suka menyakar benda disekitarnya, oleh karena itu memotong kuku kucing secara teratur selain dapat menghidari hal yang sudah disebutkan tadi juga dapat menghidarkan kucing dari bakteri dan penyakit yang bisa bersarang dikuku kucing. Anda bisa memotong kuku kucing Anda ketika kuku kucing Anda sudah telalu panjang.


7)    Sisir Bulu Kucing Secara Teratur

Perawatan kucing anggora yang ke tujuh adalah menyisir bulunya secara teratur. Kucing anggora memiliki bulu yang cukup panjang dan lebat, hal ini sering kali membuat bulunya kusut dan mudah rontok sehingga ketika kucing tersebut menjilatinya dan tertelan ini akan menimbulkan hair ball atau gangguan pencernaan dalam perut kucing akibat terlalu banyak menelan bulu yang rontok. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik kucing anggora untuk rutin menyisir bulu ditubuhnya. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan sisir umum ataupun sisir khusus kucing yang dijual di toko-toko hewan periharaan.


8)    Jaga Kebersihan Kandang

Langkah berikutnya dalam perawatan kucing anggora adalah menjaga kebersihan kandang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kandang yang ideal sangat penting untuk kucing namun yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihannya. Kebersihan kandang akan secara langsung berpengaruh terhadap kesehatan kucing itu sendiri karena kandang bisa dibilang adalah rumah bagi mereka. Oleh karena itu bersihkanlah kandang kucing secara teratur termasuk tempat pasir, tempat makan dan minum, maupun mainan mereka. Menjaga kebersihan kandang berarti juga menjaga kebersihan kucing itu sendiri.


9)    Ajak Kucing Bermain

Langkah terakhir dalam merawat kucing anggora adalah mengajak mereka bermain. Seperti halnya manusia kucing juga membutuhkan interaksi baik itu dengan kucing lain maupun dengan Anda sebagai pemiliknya. Harus Anda ketahui kucing juga bisa merasa bosan dan kesepian, jika Anda terus membiarkannya seperti itu karekter mereka mungkin akan berubah menjadi tidak menyenangkan.

Selain itu kucing anggora termasuk salah satu kucing yang aktif dan memiliki energi yang melimpah. Maka penting bagi Anda untuk mengajaknya bermain minimal 15 – 30 menit sehari sehingga energinya tersalurkan dan mereka tidak akan merasa bosan dan kesepian. Selain penting bagi kucing, mengajak mereka bermain juga akan membuat Anda lebih senang dan bahagia dengan tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan.


Posting Komentar untuk "9 Cara Merawat Kucing Anggora dengan Baik dan Benar"