Ciri dan Harga 3 Jenis Kucing Anggora Di Indonesia

3 Jenis Kucing Anggora Di Indonesia

Ada berbagai macam jenis kucing di dunia ini, salah satunya adalah kucing anggora. Kucing anggora adalah kucing ras asal Turki yang banyak dipelihara oleh banyak orang di dunia termasuk oleh orang Indonesia. Tidak mengherankan memang karena kucing anggora ini sangat lucu, cantik, dan anggun sehingga banyak orang yang menginginkannya. Bahkan tidak hanya itu banyak hal menarik lainnya yang dimiliki kucing satu ini.

Kucing anggora adalah kucing yang sangat populer, ini terbukti dari banyaknya pecinta kucing yang memelihara jenis kucing anggora ini. Kucing anggora merupakan salah satu ras kucing tertua yang berasal dari Ankara, Turki. Pada abad ke 19 kucing ini pernah dianggap sebagai salah satu harta yang sangat berharga di Turki karena jumlahnya pada saat itu sudah hampir punah akibat program pengembangbiakan ras kucing persia diberbagai wilayah Eropa. Untungnya pada saat itu kucing anggora kembali dikembangbiakan di kebun binatang Ankara, Turki, sehingga keberadaannya bisa terselamatkan.


Ciri dan Karakter Kucing Anggora

Kucing anggora memiliki tampilan yang sangat menarik, bentuk wajahnya seperti bentuk segitiga terbalik dimana bagian dahinya lebar lalu mengecil ke bagian rahangnya. Kucing ini juga memiliki telinga yang lebar dan runcing ke atas, matanya besar dengan bagian ujung sedikit runcing, dan disempurnakan dengan hidung yang panjang dan mancung mirip kucing domestik.

Kucing anggora dikenal sebagai salah satu jenis kucing yang memiliki warna mata yang indah. Warna mata kucing anggora biasanya meliputi warna kuning emas, biru, hijau, hingga beberapa warna unik lainnya. Bahkan, tak jarang ditemukan juga kucing anggora dengan warna mata berbeda antara satu dan lainnya. Kondisi spesial ini dikenal dengan sebutan odd eye cat. Warna mata yang berbeda tersebut membuat kucing anggora terlihat unik dan harga jualnyapun biasanya akan semakin tinggi.

Bentuk tubuh kucing anggora cenderung panjang dan langsing dengan bagian belakang tubuhnya yang terlihat lebih tinggi ketika berjalan. Selain itu bentuk kakinya juga cukup tinggi dan tegap dengan ekor yang panjang dan berbulu lebat sehingga terlihat seperti kemoceng yang biasa kita gunakan untuk membersihkan debu. 

Salah satu bagian paling menarik dari kucing anggora adalah bulunya yang cukup panjang dan lebat terutama dibagian leher dan ekornya sehingga menambah kesan anggun dan elegan. Uniknya bulu kucing anggora bisa tumbuh lebih lebat ketika musim dingin, yang mungkin ini bagian dari cara mereka untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu warnanya juga cukup beragam dan indah, ada warna putih, hitam, orange, abu, dan kombinasi berbagai warna lainnya.

Sementara untuk berat tubuh, kucing anggora jantan pada umumnya memiliki berat sekitar 5 Kg, sedangkan untuk kucing anggora betina biasanya lebih ringan daripada kucing anggora jantan. Dan untuk umur, biasanya kucing anggora dapat hidup sampai dengan 14 tahun, dan bisa lebih panjang atau pendek tergantung perawatannya.

Secara karakter kucing anggora terbilang sangat unik, mereka ramah, aktif, cerdas, dan juga penurut, sehingga mudah untuk kita latih. Selain itu kucing anggora juga senang berdekatan dengan pemiliknya, mereka suka diajak berinteraksi, dielus, diajak main, dibersihkan bulu-bulunya yang rontok, dan diberi makan tentunya.


Ciri dan Harga 3 Jenis Kucing Anggora di Indonesia


Jenis-Jenis Kucing Anggora

Di Indonesia sendiri kucing anggora biasanya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kucing anggora asli, kucing anggora persia, dan kucing anggora domestik. Ketiga jenis kucing anggora ini memiliki ciri dan karakteristik masing-masing yang unik.


1)   Kucing Anggora Asli

Kucing anggora asli pada umumnya memiliki ciri wajah yang runcing, hidung mancung, tulang dan tubuh yang panjang. Kucing asli Turki ini memiliki warna bulu yang tidak berubah, biasanya mereka berwarna putih bersih. Kucing anggora asli biasanya memiliki harganya yang paling mahal di Indonesia jika dibandingkan dengan jenis kucing anggora lainnya.

Kucing anggora asli yang berusia 3 bulan dan belum divaksin dihargai sebesar Rp3.000.000,00. Sedangkan kucing anggora usia 3 bulan yang sudah divaksin bisa mencapai harga Rp7.000.000,00. Lebih lanjut kucing anggora yang berusia 6 bulan lebih dan belum divaksin harganya bisa mencapai sekitar Rp8.000.000,00 – Rp9.000.000,00. Dan jika sudah divaksin, harganya bisa mencapai Rp12.000.000,00.


2)   Kucing Anggora Persia

Jenis kucing anggora berikutnya adalah anggora persia. Jenis kucing anggora persia adalah jenis kucing hasil perkawinan silang antara kucing anggora dengan kucing persia. Keturunan kucing ini cukup unik yaitu memiliki wajah agak bulat dan hidung yang pesek seperti kucing persia namun bentuk badannya besar dan tinggi seperti kucing anggora. Sehingga ini menjadi daya tarik utama dari jenis kucing anggora ini.

Sementara dari segi harga, kucing ras campuran ini ternyata tidak semahal kucing anggora asli. Harga kucing anggora persia yang berusia 3 bulan dan belum divaksin dibandrol sekitar Rp600.000,00 – Rp800.000.00 saja, sedangkan jika kucingnya sudah divaksin harganya berkisar antara Rp900.000,00 – Rp1.500.000,00. Sementara kucing anggora persia yang berusia 6 bulan lebih dan sudah divaksin dibandrol dengan harga sekitar Rp2.000.000,00 – Rp4.000.000,00.


3)   Kucing Anggora Domestik

Jenis kucing anggora yang ketiga adalah anggora domestik. Jenis kucing anggora domestik adalah jenis kucing hasil persilangan antara kucing anggora dengan kucing domestik atau biasa kita sebut kucing kampung. Kucing anggora domestik ini banyak ditemukan di Indonesia, mungkin karena faktor banyak orang yang memelihara kucing anggora lalu dengan sengaja atau tanpa sengaja kawin dengan kucing kampung liar yang banyak ditemukan dijalanan sehingga lahirlah kucing anggora domestik ini.

Seperti kebanyakan kucing campuran, kucing anggora domestik ini memiliki ciri percampuran antara kucing anggora dan kucing kampung, dimana mereka memiliki bentuk wajah segitiga terbalik seperti kucing anggora, bantuk tubuh yang lebih kecil dari kucing anggora tapi lebih besar dari kucing kampung, dan bulu ditubuhnya pendek namun lebih panjang dibagian ekor. Ciri-ciri tersebut membuat kucing anggora domestik ini terlihat unik dan menarik.

Sementara dari segi harga, tentu saja harganya lebih murah dari kucing anggora asli dan anggora persia. Kucing anggora domestik berusia 3 bulan yang belum divaksin biasanya dibandrol dengan harga Rp200.000,00 – Rp500.000,00, sedangkan kucing anggora domestik yang berusia 6 bulan lebih dibandrol dengan harga Rp600.000,00 – Rp1.500.000,00.

Itulah beberapa hal menarik tentang kucing anggora, perlu digaris bawahi bahwa harga yang sudah disebutkan tadi merupakan harga perkiraan saja dalam artian harganya bisa saja lebih mahal ataupun lebih murah tergantung dari situasi dan kondisi kucing yang bersangkutan.

 

Posting Komentar untuk "Ciri dan Harga 3 Jenis Kucing Anggora Di Indonesia"