6 Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

Memiliki kucing dengan bulu yang cantik tentu menjadi dambaan bagi para pemilik kucing, bagaimana tidak, keindahan bulu kucing merupakan salah satu daya tarik utama dari kucing itu sendiri. Oleh karena itu banyak pemilik kucing yang rela menyisihkan uang dan tenaganya untuk membuat kucing peliharaannya memiliki bulu yang sehat dan cantik.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh kucing peliharaan terkait bulunya adalah masalah kerontokan. Masalah kerontokan ini menjadi momok menakutkan bagi para pemilik kucing karena akan mengurangi keindahan kucing peliharaannya. Namun disisi lain banyak pemilik kucing yang masih belum tau bagaimana cara mengatasi masalah kerontokan ini. Oleh karena berikut beberapa tips atau saran tentang bagaima acara agar bulu kucing tidak rontok.


1)    Cek Kesehatan Kucing

Cara agar bulu kucing tidak rontok yang pertama adalah memastikan kesehatan kucing terlebih dahulu. Banyak penyebab bulu kucing mengalami kerontokan, entah itu karena faktor makanan, cuaca, hormon, jamur, bakteri, parasit dan sebagainya. Oleh karena itu panting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab bulu kucing Anda mengalami kerontokan agar Anda bisa menangani masalah ini dengan tepat.

Dalam hal ini Anda bisa mengecek kesehatan kucing Anda terlebih dahulu secara mandiri dengan memeriksa bagian kulit kucing untuk memastikan ada tidaknya jamur atau parasit yang menempel atau Anda juga bisa memeriksakan kesehatan kucing Anda ke dokter hewan sehingga penyebab pastinya dapat diketahui dengan pasti.


2)    Memberikan Makanan Bergizi yang Mengandung Omega 3

Cara agar bulu kucing tidak rontok yang ke dua adalah memberikan makanan bergizi. Makanan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kesehatan bulu kucing itu sendiri. Semakin bergizi makanan yang diberikan maka akan semakin bagus juga dampaknya terhadap bulu kucing, begitu juga sebaliknya semakin buruk makanan yang diberikan maka akan berdampak buruk juga terhadap bulu kucing itu sendiri. Oleh karena itu berikanlah kucing Anda makanan bergizi agar bulunya sehat dan tidak mudah rontok.

Dalam hal ini untuk membantu mengurangi kerontokan pada bulu kucing, berikalah makanan bergizi yang mengandung omega 3 dan 6 karena kedua kandungan ini dipercaya bisa memberikan lapisan yang sehat pada bulu kucing sehingga membuatnya tidak mudah rontok. Selain dari makanan, Anda juga bisa memberikan kandungan omega 3 dan 6 dari suplemen kucing yang bisa Anda dapatkan ditoko hewan kesayangan Anda.


3)    Menjaga Asupan Minum Kucing

Cara agar bulu kucing tidak rontok selanjutnya adalah menjaga asupan minum kucing. Salah satu penyebab kenapa bulu kucing mudah rontok bisa jadi adalah karena kucing tersebut kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga membuat kulit dan bulu kucing menjadi kering dan memicu pergantian pada bulu kucing. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menyediakan asupan air minum yang mencukupi agar kucing Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya setiap hari.

Selain itu tempatkanlah kucing Anda ditempat yang sejuk apalagi jika kucing Anda memiliki bulu yang lebat dan panjang, karena tempat yang panas akan membuat kucing Anda kehilangan cairan dengan cepat sehingga membuat bulu kucing Anda mudah rontok.


6 Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok


4)    Hindari Kucing Mengalami Stress

Cara agar bulu kucing tidak mudah rontok yang ke empat adalah menghindari stress pada kucing. Taukah Anda bahwa seperti halnya manusia, kucing juga bisa mengalami stress. Stress pada kucing ini bisa berdampak pada menurunnya nafsu makan, berat badan turun derasti, selalu terlihat murung, dan sebagainya, dan dalam konteks ini juga bisa berakibat pada kerontokan bulu kucing.

Stress pada kucing bisa disebabkan beberapa hal, seperti misalnya lingkungan yang buruk, kondisi kesehatan, makanan yang tidak cocok, kehadiran predator atau kucing lain yang mengancam, dan sebagainya. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik kucing yaong mengalami kerontokan ada baiknya menjauhkan kucing Anda dari segala sesuatu yang mungkin bisa membuat kucing Anda menjadi stress.


5)    Memandikan Kucing Secara Teratur

Cara agar bulu kucing tidak rontok yang ke lima adalah dengan membandikan kucing secara teratur. Taukah Anda bahwa memandikan kucing secara teratur dapat mengurangi kerontokan pada bulu kucing. Dengan memandikan kucing secara teratur, segala kotoran, kutu, maupun jamur akan terangkat sehingga kulit dan bulu kucing akan lebih bersih dan sehat sehingga bulu kucing otomatis tidak akan mudah rontok. Selain itu memandikan kucing secara teratur juga akan membantu menghilangkan bulu kucing yang rontok yang dapat menyumbat dan tertelan oleh kucing sehingga dapat menggangu sistem pencernaannya.

Dalam hal ini mendikanlah kucing Anda secara teratur minimal satu atau dua minggu sekali atau sesuai dengan keadaan kucing itu sendiri apakah kucing Anda sudah kotor atau belum. Selain itu Anda juga bisa menggunakan sampo kucing yang dapat menyehatkan dan memperkuat bulu kucing sehingga bulu kucing Anda tidak mudah rontok.


6)    Sisir Bulu Kucing Setiap Hari

Cara yang ke enam agar bulu kucing tidak mudah rontok adalah dengan menyisirnya secara teratur. Kucing yang memiliki bulu yang lebat dan penjang memang sudah sepantasnya disisir secara teratur, hal ini bertujuan agar bulu kucing yang rontok tidak menggumpal dan memicu kerontokan yang lebih parah.

Selain itu bulu kucing yang menggumpal dapat membuat kulit kucing menjadi lembab, gampang kotor, dan mudah terkena jamur, sedangkan penyakit jamur pada kucing bisa membuat kerontokkan pada bulu kucing itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi Anda para pemilik kucing yang berbulu lebat dan panjang untuk senantiasa rajin menyisir bulu kucing Anda setiap hari.


Posting Komentar untuk "6 Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok"