6 Cara Membuat Kucing Menjadi Jinak dan Manja

Cara Membuat Kucing Jinak dan Manja

Setiap pemilik kucing pasti menginginkan kucing peliharaannya jinak dan manja. Seperti misalnya gampang diajak main, dilatih, dielus, digendong, dan sebagainya tentu hal ini menjadi kebahagiaan sendiri bagi kita sebagai pemiliknya.

Meskipun bisa dikatakan banyak pemilik kucing yaong berharap kucing mereka jinak dan manja, akan tetapi pada kenyataannya tidak semua kucing bisa jinak dan manja kepada pemiliknya. Hal ini tentu saja ada penyebabnya, entah itu karena memang sifat alaminya, atau karena takut, belum kenal, baru diadopsi, tidak bisa beradaptasi dan sebagainya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat kucing menjadi jinak dan manja yang bisa Anda peraktekan pada kucing Anda sendiri, cara tersebut antara lain yaitu:


1)    Tempatkan di Tempat yang Nyaman

Cara untuk membuat kucing jinak dan manja yang pertama adalah menempatkan kucing ditempat yang nyaman. Tempat pemeliharaan cukup berpengaruh terhadap perilaku kucing itu sendiri. Dalam hal ini kucing yang ditempatkan ditempat yang nyaman cenderung akan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan pemiliknya, sehingga mereka cenderung akan lebih tenang dan mudah dijinakan.

Sementara sebaliknya jika kucing ditempatkan ditempat yang kurang nyaman, seperti misalnya ditempat yang bising, biasanya kucing tersebut susah sekali beradaptasi dengan lingkungan dan pemiliknya, bahkan seringkali terlihat tidak tenang dan stress, sehingga Anda kan kesulitan menjinakan kucing tersebut. Oleh karena itu jika Anda ingin membuat kucing Anda jinak dan manja maka pastikan Anda menempatkan kucing Anda ditempat yang nyaman.


2)    Memberikan Waktu Untuk Beradaptasi

Cara yang ke dua untuk membuat kucing menjadi jinak dan manja adalah dengan memberikan waktu untuk beradaptasi. Ketika Anda barusaja mengadopsi seekor kucing, maka pastikan Anda memberikannya waktu sendiri untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Sama seperti binatang lain pada umumnya, kucing juga akan merasa ketakutan dan gelisah ketika ditempatkan ditempat yang baru, mereka cenderung akan bersembunyi, berdiam diri dan menjauh dari makhluk lainnya. ketika kucing Anda mengalami hal ini maka tindakan terbaiknya adalah dengan tidak mengganggunya dan membiarkannya beradaptasi selama beberapa hari.


3)    Berikan Makanan dan Minum yang Cukup

Langkah ke tiga untuk membuat kucing jinak dan manja adalah dengan memberikan makanan dan minum yang cukup. Memberikan makan dan minum adalah salah satu cara untuk menjalin hubungan emosional dengan kucing. Ketika Anda memberikan makanan atau minuman, kucing akan mengenali Anda sebagai pemiliknya dan secara perlahan akan merasakan ketulusan Anda dalam merawatnya, maka lama-kelamaan kucing Anda pasti akan menaruh kepercayaannya kepada Anda dan mulai menunjukan sekap yang ramah. Dalam hal ini berikanlah makan dan minum secara teratur sambil mengenalkan diri Anda kepadanya, pelan-pelan kucing Anda pasti akan mulai jinak dan menja kepada Anda.


6 Cara Membuat Kucing Jinak dan Manja


4)    Dekati Secara Perlahan

Cara yang ke empat untuk membuat kucing jinak dan manja adalah dengan mendekatinya secara perlahan. Ketika kucing sudah mendapatkan tempat yang nyaman, diberikan waktu untuk beradaptasi, dan diberi makan secara teratur, maka saatnya Anda mendekatinya secara perlahan. Tapi sebelum itu pastikan kucing Anda sudah dalam keadaan tenang dan nyaman.

Lalu selanjutnya dekati kucing Anda pelan-pelan sampai jarak Anda dan kucing Anda saling berdekatan. Lihatlah respon kucing Anda, apakah responnya baik atau malah marah dan kabur. Jika responnya baik maka bisa melanjutkan ketahap pendekatan berikutnya, sementara jika responnya buruk maka Anda urungkan niat Anda untuk mendekatinya dan bisa mencobanya kembali dilain waktu.


5)    Elus Kucing Secara Rutin

Tahap ke lima untuk membuat kucing menjadi jinak dan manja adalah dengan rutin mengelusnya. Ketika Anda sudah berhasil mendekati kucing Anda pada tahap ke empat, maka tahap selanjutnya adalah mencoba mengelusnya. Jika kucing yang tadinya sulit didekati, selalu marah, atau kabur, lalu sekarang sudah lebih tenang dan bisa didekati dengan mudah maka pada tahap ini Anda bisa mulai menjalin ikatan dengan kucing Anda.

Dalam hal ini Anda bisa mulai dengan mengelus kucing Anda, entah itu kepala, dagu, ataupun punggungnya, namun hindari area perut jika kucing Anda belum terlalu jinak karena dia mungkin akan marah dan nantinya sulit dijinakkan. Dekati dan eluslah kucing Anda sesering mungkin sampai kucing tersebut mendengkur tanda merasa nyaman. Teruslah lakukan hal ini setiap hari hingga kucing Anda menyadari bahwa Anda menyayanginya.  


6)    Ajak Bermain

Cara ke enam untuk membuat kucing menjadi jinak dan manja adalah dengan mengajaknya bermain. Ketika kucing Anda sudah bersikap tenang, mau dielus dan dipegang, maka langkah selanjutnya adalah mengajaknya bermain. Bermain bersama kucing adalah salah satu cara untuk menjalin ikatan dengan kucing itu sendiri, selain akan membuatnya senang juga akan membuat hubungan Anda dan kucing Anda menjadi semakin akrab sehingga lama-kelamaan kucing tersebut akan lebih jinak dan manja kepada Anda.

Dalam hal ini Anda bisa mengajaknya bermain lempar bola, bermain tali, bulu, dan sebagainya. Lakukanlah hal ini secara rutin sampai kucing Anda benar-benar jinak dan manja.


Posting Komentar untuk "6 Cara Membuat Kucing Menjadi Jinak dan Manja"