6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Jika ditanya apa masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik kucing ketika memelihara kucing, maka salah satu jawabannya pasti adalah masalah kutu kucing. Kutu kucing dapat menimbulkan beberapa masalah pada kucing kesayangan kita, seperti misalnya kucing jadi tidak nyaman karena merasakan gatal ditubuhnya, kulitnya bisa terluka akibat terlalu sering digaruk, infeksi, dan sebagainya.

Selain itu bukan hanya menggangu bagi kucing, kutu kucing juga bisa cukup berbahaya untuk manusia. Kutu kucing bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti alergi, infeksi parasit, bakteri, dan sebagainya. Oleh karenanya penting bagi kita para pemilik kucing untuk memastikan bahwa kucing peliharaan kita bebas dari kutu. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kucing peliharaan kita bebas dari kutu, seperti halnya cara-cara berikut ini:


1)    Pisahkan Dari Kucing dan Hewan Lain

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan kutu dari kucing Anda adalah memisahkannya dari kucing atau hewan lain. Kutu kucing dapat menular dari hewan ke hewan lain terutama hewan yang berdarah panas seperti kucing, anjing, kelinci, dan sebagainya. Dalam hal ini kucing Anda bisa jadi tertular kutu dari hewan lain atau bisa juga menularkan kutu pada hewan lain.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memisahkan kucing Anda dari kucing atau hewan lain agar mereka tidak tertular dan saling menularkan.  Selain itu memisahkan kucing yang terkena kutu juga dapat memudahkan Anda dalam proses penyembuhan sehingga prosesnya akan lebih cepat dan mudah.


2)    Sisir Kucing

Langkah ke dua untuk menghilangkan kutu dari kucing Anda adalah dengan menyisir kucing tersebut. Menyisir kucing dengan sisir yang rapat atau sisir serit dapat membantu mengurangi kutu pada kucing. Biasanya kutu yang ada pada kucing akan ikut terlepas pada saat kita menyisirnya, oleh karena itu panting bagi kita untuk rutin menyisir bulu kucing agar kutu yang ada padanya dapat berkurang. Dalam hal ini sisirlah seluruh bagian kucing Anda, dari mulai kepala hingga ujung ekor sampai kutu-kutunya ikut terlepas.


3)    Mandikan Kucing Dengan Sampo Khusus

Langkah ke tiga untuk menghilangkan kutu dari kucing adalah dengan memandikannya. Memandikan kucing terutama dengan menggunakan shampo khusus pembasmi kutu sangat efektif untuk menghilangkan kutu pada kucing. Biasanya kutu yang menempel pada bulu dan kulitnya kan mati dan terbilas oleh air.

Oleh karena itu mandikanlah kucing Anda secara rutin menggunakan shampo khusus pembasmi kutu sampai kutu yang ada pada kucing Anda benar-benar menghilang. Dalam hal ini Anda bisa memandikan kucing Anda sendiri atau bisa juga menggunakan jasa pet shop untuk melakukannya. Biasanya petshop sering menawarkan jasa memandikan kucing sekaligus membasmi kutunya.


6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif


4)    Berikan Obat Kutu

Langkah ke empat untuk menghilangkan kutu dari kucing adalah dengan memberikan obat kutu. Jika menyisir dan memandikan kucing dirasa belum cukup untuk menghilangkan kutu pada kucing maka Anda bisa memberikan kucing Anda obat kutu. Obat kutu bisa dibilang sangat efektif untuk menghilangkan kutu pada kucing.

Obat kutu ini dalam penggunaannya ada yang dengan cara ditetes, diminum, ataupun disuntikan ke tubuh kucing. Namun pada umumnya obat yang diminum atau disuntikan ke tubuh kucing membutuhkan resep dan bantuan dokter sehingga Anda tidak boleh sembarangan melakukannya sendiri karena akan membahayakan kucing Anda sendiri, sedangkan obat kutu yang ditetes bisa Anda lakukan sendiri sesuai dengan petunjuk penggunaannya.


5)    Cukur Bulu Kucing

Langkah ke lima untuk menghilangkan kutu dari kucing adalah dengan mencukur bulu kucing. Mencukur bulu kucing bisa dilakukan jika jumlah kutu pada kucing Anda benar-benar parah sehingga sulit untuk ditangani. Mencukur bulu kucing ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu yang ada pada tubuh kucing. Biasanya kucing akan dicukur dengan model lion cut, yaitu mencukur bulu yang ada dibadan dan menyisakan bulu yang ada dikepala dan ekornya sehingga terlihat seperti seekor singa.

Modal cukur ini dilakukan karena biasanya kutu akan bersarang dibagian tubuh kucing, sehingga jika bulu ditubuhnya dicukur pendek maka tidak ada lagi tempat untuk kutu tersebut bersarang, mereka hanya bisa berpindah ke bagian kepala dan ekornya saja tetapi kita bisa dengan mudah menghilangkannya.


6)    Cuci Perlengkapan Kucing

Langkah terakhir untuk memastikan semua kutu dalam tubuh kucing menghilang adalah dengan mencuci semua perlengkapan kucing. Meskipun Anda merasa sudah menghilangkan semua kutu pada tubuh kucing namun kemungkinan kutu tersebut kembali bisa terjadi.

Oleh karena itu untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi maka Anda perlu membersihkan semua perlengkapan kucing Anda, seperti misalnya kandang, tempat tidur, tempat makan dan minum, dan sebagainya karena bisa saja diperlengkapan-perlengkapan tersebut terdapat kutu atau larva yang menempel dan bisa kembali ke tubuh kucing Anda. Oleh karena itu pastikan Anda mencuci semua perlengkapan-perlengkapan kucing Anda sebelum digunakan kembali.


Posting Komentar untuk "6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif"