7 Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi Berat

Ciri-Ciri Kucing Jantan Birahi

Ketika Anda sudah lama memelihara seekor kucing jantan dari kecil, lalu setelah kucing tersebut mulai dewasa terjadi perubahan sikap dari kucing tersebut dan Anda bingung dengan apa penyebabnya, mungkin saja kucing jantan Anda sudah memasuki masa birahi.

Kucing jantan biasanya akan memasuki masa birahi pada usia 10-12 bulan. Selain itu kucing yang sedang birahi biasanya akan mengalami perubahan-perubahan sikap yang kadang membuat para pemiliknya kebingungan. Namun sebenarnya kucing jantan yang sedang birahi memiliki ciri-ciri tertentu yang bisa kita amati, ciri-ciri tersebut antara lain yaitu:


1)    Mengeong Sangat Keras

Ciri kucing jantan sedang birahi yang pertama adalah dia sering kali mengeong sangat keras. Pada umumnya kucing yang sedang birahi biasanya akan lebih berisik dari biasanya. Dia akan sering mengeong dengan sangat keras untuk menarik perhatian kucing betina agar mereka mendekat. Bahakan mereka sering kali mengeong tak kenal waktu, tentu hal ini akan sangat berisik dan menganggu terutama pada saat malam hari.


2)    Banyak Spraying

Ciri kucing jantang sedang birahi yang ke dua adalah dia banyak melakukan spraying. Kucing jantan yang sedang birahi biasanya akan sering melakukan spraying atau mengencingi tampat-tepat tertentu, seperti pohon, tembok, kursi, meja dan sebagainya. Hal ini dulakukan selain untuk menandai wilayah juga untuk menarik perhatian kucing betina agar mengenalinya.


3)    Bersikap Lebih Agresif

Ciri kucing jantan sedang birahi yang ke tiga adalah dia bersikap lebih agresif. Kucing jantan yang sedang birahi cenderung memiliki sifat yang agresif dari sebelumnya, mereka jadi lebih aktif, emosinya tidak setabil, suka mencakar dinding, uring-uringan dan sebagainya. Hal ini mungkin karena dia tidak dapat menyalurkan keinginannya.


7 Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi Berat


4)    Suka Keluyuran

Ciri kucing jantan sedang birahi yang empat adalah dia sering sekali keluyuran. Kucing jantan yang sedang birahi akan berusaha mati-matian untuk mencari kucing betina. Mereka akan pergi ke berbagai tempat sampai mereka menemukannya, mereka hanya pulang ketika mereka lapar atau bahkan tidak pulang sama-sekali sampai beberapa hari atau beberapa minggu.


5)    Nafsu Makan Menurun

Ciri kucing jantan sedang birahi yang ke lima adalah nafsu makannya menurun. Seperti halnya manusia yang sedang jatuh cinta yang terkadang melupakan segalanya demi kekasih pujaannya, kucing jantan juga sama, kucing jantan cenderung kehilangan nafsu makannya karena terlalu fokus mengejar kucing betina. Oleh karena itu kucing yang sedang birahi biasanya berat badannya akan turun secara derastis.


6)    Menggoyangkan Punggung

Ciri kucing jantan sedang birahi yang ke enam adalah dia sering kali menggoyangkan punggungnya. Kucing jantan yang sedang birahi sering kali terlihat menggoyangkan punggungnya untuk menunjukan bahwa dia sedang birahi dan membutuhkan kucing betina. Gerakan ini juga biasanya diikuti dengan ekor yang tegak dan bulu yang berdiri.


7)    Bulu Rontok

Ciri kucing jantan sedang birahi yang ke tujuh adalah banyak bulu yang rontok. Dalam kasus tertentu kucing jantan yang sedang birahi akan mengalami bulu rontok lebih banyak dari biasanya, selain itu bulunya juga terlihat lebih bersinar karena produksi minyak dan air liur yang berlebihan.

 

Posting Komentar untuk "7 Ciri Kucing Jantan Sedang Birahi Berat"