8 Ciri Kucing Betina Sedang Birahi Berat

Ciri-Ciri Kucing Betina Sedang Birahi

Seperti halnya kucing jantan, kucing betina juga bisa mengalami masa birahi. Masa birahi ini biasanya akan muncul ketika kucing betina sudah berusia antara 5-10 bulan dan berlangsung selama 6-8 hari. Selama mengalami siklus ini kucing biasanya akan terlihat gelisah dan kurang nyaman apalagi jika hasratnya tidak tersalurkan. Namun ternyata masih banyak pemilik kucing yang tidak tahu bahwa kucingnya sedang mengalami masa birahi.

Sama seperti halnya kucing jantan, kucing betina juga memiliki ciri-ciri tertentu ketika sedang birahi. Oleh karena itu setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang ciri-ciri kucing jantan sedang birahi, dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai ciri-ciri kucing betina yang sedang birahi, antara lain sebagai berikut:


1)    Bersikap Lebih Manja dan Mencari Perhatian

Ciri kucing betina sedang birahi yang pertama adalah bersikap lebih manja dan mencari perhatian. Saat sedang birahi kucing betina biasanya akan lebih manja dan suka mencari perhatian pemiliknya, mereka jadi sering minta dielus dan sering menggesek-gesekan tubuhnya pada Anda atau permukaan benda seperti meja, kursi, pintu dan sebagainya.


2)    Sering Pergi Keluyuran

Ciri kucing betina sedang birahi yang ke dua adalah dia sering pergi keluyuran. Sama seperti kucing jantan yang sering pergi entah kemana pada saat sedang birahi, kucing betina juga melakukannya. Mereka seringkali kabur dari rumah dan kembali pada saat mereka ingin makan atau terkadang juga tidak kembali selama beberapa hari. Hal ini mereka lakukan untuk mencari kucing jantan diberbagai tempat.


3)    Sering Berguling-Guling

Ciri kucing betina sedang birahi yang ke tiga adalah sering berguling. Kucing betina yang sedang birahi biasanya akan terlihat sering berguling-guling dilantai apalagi ketika sedang berdekatan dengan kucing jantan. Hal ini mereka lakukan untuk menarik perhatian kucing jantan dan menunjukan bahwa mereka siap untuk kawin.


4)    Nafsu Makan Berkurang

Ciri kucing betina sedang birahi selanjutnya adalah berkurangnya nafsu makan. Kucing betina yang sedang birahi biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan, seperti misalnya yang biasanya mereka bisa menghabiskan satu porsi makanan kini menjadi hanya setengah porsi atau bahkan tidak makan sama sekali. Hal ini terjadi mungkin karena efek perubahan hormon dan perubahan kebutuhan tubuh kucing kucing untuk berkembang biak.

Perilaku seperti ini biasanya akan berlangsung selama dua minggu, namun jika lebih dari dua minggu nafsu makannya tidak kunjung pulih dan kucing Anda mengalami penurunan berat badan yang derastis maka ada baiknya Anda membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.


8 Ciri Kucing Betina Sedang Birahi Berat


5)    Sering Mengeong

Ciri kucing betina sedang birahi yang ke lima adalah dia sering sekali mengeong. Sama seperti kucing jantan, kucing betina juga sering sekali mengeong ketika sedang birahi bahkan terkadang mereka mengeong dengan sangat keras sehingga sangat menganggu apalagi pada saat malam hari. Hal ini mereka lakukan tentunya untuk menarik perhatian kucing jantan dan memberi tahu mereka bahwa mereka sedang ingin kawin.


6)    Sering Menjilati Kemaluannya

Ciri kucing betina sedang birahi yang ke enam adalah dia sering menjilati alat kemaluannya. Jika Anda sering kali melihat kucing betina Anda yang sudah dewasa menjilati alat kemaluannya ketika sendang bersantai dan frekuensi terlampau sering maka bisa jadi kucing betina Anda sedang mengalami masa birahi. Biasaya perilaku seperti ini akan berakhir ketika masa birahi kucing tersebut sudah berakhir.

Namun dalam hal ini kucing yang sering menjilati kemaluannya bukan hanya menjadi tanda bahwa dia sedang birahi, melainkan bisa juga sebagai tanda adanya gejala sebuah penyakit tertentu seperti misalnya infeksi saluran kemih. Namun perbedaanya kucing yang mengidap penyakit infeksi saluran kemih biasanya juga disertai gejala lain seperti kucing tampak kesakitan ketika buang air kecil, ada darah atau nanah diair kencingnya, sering buang air sembarangan dan sebagainya.


7)    Ekor Melengkung

Ciri kucing betina sedang birahi yang ke tujuh adalah ekornya terlihat sering melengkung. Ketika kucing betina sedang birahi biasanya mereka akan melengkungkan ekornya untuk menunjukan bahwa mereka siap untuk kawin. Tidak hanya melengkungkan ekornya ke atas, mereka juga sering melangkungkan ekornya ke arah samping sehingga alat reproduksinya terlihat jelas dari belakang.


8)    Melakukan Posisi Kawin

Ciri kucing betina sedang birahi yang ke delapan adalah sering melakukan posisi kawin. Entah karena memang sedang birahi berat, kucing betina biasanya sering melakukan posisi ketika hendak kawin dengan kucing jantan. Dimana dia akan menundukan badan dan kaki depannya sementara bagian belakangnya terlihat sedikit terangkat sehingga terkesan sedikit menungging.

Selain itu dia juga terkadang menggerakan kaki belakangnya sehingga terlihat berjalan ditempat. Dan ketika kita mencoba mengelus bagian belakang tubuhnya biasanya mereka akan semakin menungging tanda bahwa mereka sedang birahi.


Posting Komentar untuk "8 Ciri Kucing Betina Sedang Birahi Berat"