9 Penyebab Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri

Penyebab Induk Kucing Memakan Anaknya

Ada beberapa kasus dimana induk kucing memakan anaknya sendiri, hal ini biasanya terjadi ketika anak kucing tersebut baru saja dilahirkan atau baru beberapa hari saja dilahirkan. Tak palak hal ini sering menimbulkan pertanyaan terutama dari para pemilik kucing tersebut, mereka haren kenapa induk kucing tersebut memakan anaknya sendiri padahal anak kucing tersbut adalah darah dagingnya sendiri.

Tentu induk kucing tersebut tidak serta merta memakan anaknya sendiri tanpa alasan yang jelas. Biasanya hal ini terjadi akibat situasi-situasi tertentu yang memaksa induk kucing melakukan hal tersebut. Oleh karena itu berikut beberapa penyebab kenapa induk kucing memakan anaknya sendiri.


Anak Kucing Sudah Mati

Penyebab kucing memakan anaknya sendiri yang pertama adalah karena anak kucing tersebut sudah mati. Ketika induk kucing melahirkan anaknya, ada kemungkinan salah satu anaknya mati atau hanya bertahan beberapa hari saja.

Ketika hal ini terjadi maka bangkai anak kucing tersebut akan sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus karena akan menjadi sumber virus dan bakteri yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup anak kucing lainnya, oleh karena itulah induk kucing tidak punya pilihan lain selain memakannya.


Anak Kucing Cacat atau Sakit

Penyebab kucing memakan anaknya sendiri yang kedua adalah karena anak kucing tersebut cacat atau sakit. Taukah Anda bahwa kucing memiliki lebih dari 200 juta sensor bau dihidungnya, dan mereka bisa menggunakan penciumannya untuk mendeteksi berbagai penyakit yang mungkin diderita anaknya sendiri. Mereka bisa menentukan apakah anak kucingnya akan bertahan dan tumbuh hingga dewasa atau tidak.

Jika menurut induk kucing anaknya tersebut tidak akan bertahan, maka secara naluri induk kucing akan memakan anaknya tersebut agar tidak membebaninya dan menjadi sumber penyakit bagi anak-anak kucing lainnya.


Induk Kucing Stress

Penyebab kucing memakan anaknya yang ke tiga adalah karena induk kucing mengalami stress. Induk kucing biasanya akan mengalami kecemasan yang tinggi ketika akan melahirkan, sedang melahirkan, dan sesudah melahirkan, mereka akan mengalami kelelahan yang sangat berat sehingga dibeberapa kasus induk kucing mengalami stress yang berat. Stress berat yang dialami induk kucing pasca melahirkan inilah yang pada akhirnya membuatnya memakan anak-anaknya sendiri.

Dalam hal ini itulah kenapa ada beberapa induk kucing yang meminta pemiliknya untuk menemaninya ketika hendak melahirkan. Ketika hal ini terjadi pada kucing Anda maka sebaiknya Anda mengabulkan permintaannya ini untuk menghidari kucing Anda mengalami stress berat.


Induk Kucing Terlalu Muda

Penyebab kucing memakan anaknya yang ke empat adalah karena induk kucing terlalu muda. Ada beberapa kasus dimana kucing mengalami kehamilan diusia yang sangat muda dan ketika induk kucing tersebut melahirkan naluri keibuannya terbentuk dengan sempurna sehingga kucing tersebut kebingungan untuk merawat anak-anaknya dan mereka lebih memilih untuk memakan anak-anaknya tersebut.

Oleh karena itu jika Anda memiliki kucing betina yang masih muda dan tidak mau hal tersebut terjadi maka jangan biarkan kucing betina Anda berkeliaran dengan kucing jantan yang bisa membuatnya hamil.


9 Penyebab Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri


Induk Kucing Kekurangan Gizi

Penyebab kucing memakan anaknya yang ke lima adalah karena induk kucing kekurangan gizi. Kucing biasanya melahirkan satu sampai enam anak sekaligus. Setiap anak pasti membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup agar dia bisa timbuh sehat hingga dewasa. Gizi dan nutrisi tersebut biasanya didapatkan dari air susu induk kucing sehingga dalam hal ini induk kucing harus memiliki tubuh yang sehat dan senantiasa mendapatkan makanan bergizi yang mencukupi.

Namun dalam situasi tertentu induk kucing biasanya kewalahan untuk memberikan air susunya karena keterbatasan yang ada sehingga bisa berakibat pada anak kucing yang mengalami kekurangan gizi. Jika sudah begini induk kucing biasanya akan memutuskan untuk memakan salah satu anak kucingnya dami mempertahankan anak kucing lain yang memiliki harapan hidup yang lebih baik.


Induk Kucing Merasa Anak Terancam

Penyebab kucing memakan anaknya yang ke enam adalah karena induk kucing merasa anaknya terancam. Induk kucing memiliki naluri alami untuk melindungi anak-anaknya, apalagi anak yang baru beberapa hari dilahirkan. Induk kucing biasanya akan berusaha melindungi anak-anaknya dengan cara memindahkan anak-anaknya ke tempat yang aman ketika tempat yang lama dirasa tidak aman, entah itu karena manusia ataupun hewan lain.

Namun ketika induk kucing merasa tidak bisa melindungi anak-anaknya induk kucing memiliki kecenderungan untuk memakan semua atau sebagian anaknya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban stress yang timbul akibat kewajiban induk kucing untuk melindungi semua anak-anaknya.


Melahirkan Terlalu Banyak Anak

Penyebab induk kucing memakan anaknya yang ke tujuh adalah karena induk kucing melahirkan terlalu banyak anak. Sepandai-pandainya induk kucing merawat anak-anakknya pasti dia akan sengat kerepotan apabila merawat banyak anak sekaligus. Entah itu berkaitan dengan memberinya makan, mengasuhnya, ataupun melindunginya dari pemangsa.

Oleh karena itu daripada berusaha mengasuh banyak anak sekaligus tetapi anak kucingnya tidak tumbuh dengan baik, induk kucing biasanya akan lebih memilih memakan beberapa anaknya sendiri. Namun harus Anda ketahui bahwa induk kucing tidak sembarangan memakan anak kucingnya sendiri, melainkan memilih anak kucing yang paing lemah dibandingkan dengan anak kucing yang lainnya.


Induk Kucing Menderita Mastitis Kucing

Penyebab kucing memakan anaknya yang ke delapan adalah karena kucing tersebut menderita penyakit mastitis. Feline mastitis adalah kondisi dimana kelenjar susu induk kucing mengalami gangguan infeksi bakteri yang menyebabkan induk kucing merasa kesakitan ketika sedang menyusui. Penyakit ini biasanya dialami oleh induk kucing yang sedang menyusui.

Selain membuat induk kucing kesakitan penyakit ini juga ternyata bisa menular pada anak kucing, oleh karena itu banyak induk kucing yang menderita penyakit ini lebih memilih memakan anak-anaknya sendiri ketimbang menularkan penyakitnya pada anaknya.


Induk Kucing Tidak Mengenali Anaknya

Penyebab kucing memakan anaknya yang ke sembilan adalah karena induk kucing tidak mengenali anaknya. Mungkin Anda pernah mendengar kalau kita tidak boleh menyentuh anak kucing yang baru dilahirkan. Hal ini bukan tanpa alasan karena induk kucing sangat mengandalkan indra penciumannya untuk mengenali anak-anaknya, dan ketika kita dengan sengaja menyentuh atau menggendong anak-anak kucing tersebut bisa jadi induk kucing jadi tidak bisa mengenali anaknya sendiri karena adanya kontaminasi bau dari tangan kita.

Jika sudah terjadi seperti ini induk kucing akan mengasingkan anak kucing tersebut dan tidak mengurusnya, dan yang lebih parah induk kucing akan mengenali anaknya tersebut sebagai benda asing ataupun seekor predator sehingga secara naluri dia akan memakan anaknya sendiri.


Posting Komentar untuk "9 Penyebab Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri"