7 Ciri Akurat Kucing Mengalami Stres

Ciri-Ciri Kucing Stres

Sama seperti halnya manusia hewan juga bisa mengalami stres, dan salah satu hewan yang rentan mengalami stres adalah kucing. Kucing merupakan salah satu hewan lucu yang banyak dipelihara oleh banyak orang. Meskipun kucing kelihatannya selalu terlihat lucu dan menggemaskan namun pada kenyataannya kondisi kucing tidak selamanya baik. Ada masa dimana kucing mengalami stres dan hanya murung berdiam diri.

Meskipun begitu ternyata masih banyak orang terutama para pemilik kucing yang tidak menyadari bahwa kucing peliharaan mereka mengalami stres. Mungkin hal ini wajar karena memang dibutuhkan pengamatan yang cukup untuk mengetahui apakah seekor kucing mengalami stres atau tidak. Selain itu dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana ciri-ciri kucing yang mengalami stres. Oleh karena itu berikut beberapa ciri kucing yang mengalami stres:


Sering Bersembunyi

Ciri kucing stres yang pertama adalah sering bersembunyi. Ketika kucing ketakutan, kaget, ataupun merasa terancam, mereka cenderung akan bersembunyi ditempat yang menurut mereka aman. Mereka akan bersembunyi ketika ada manusia ataupun hewan lain yang mendekatinya. Hal ini merupakan respon alami kucing untuk mempertahankan dan melindungi dirinya sendiri.

Namun ketika kucing tersebut Anda perhatikan terlalu sering bersembunyi dan tidak mau keluar dari tempat persembunyiannya maka boleh jadi hal ini merupakan salah satu tanda bahwa kucing Anda sedang mengalami stres.


Bersikap Agresif

Ciri kucing stres yang ke dua adalah bersikap agresif. Ketika kucing mengalami stres, ada kucing yang memang akan sering bersembunyi dan ada juga kucing yang malah bersikap agresif. Agresif dalam hal ini misalnya seperti mencakar, menggigit, ataupun mendesis, hal ini juga merupakan salah satu cara kucing untuk melindungi dirinya sendiri.

Ketika kucing stres, mereka akan mengalami tekanan sikis yang tinggi oleh karena itu mereka cenderung bersikap lebih agresif baik itu pada pemiliknya ataupun pada hewan lain didekatnya. Jika kucing Anda yang biasanya bersikap tenang lalu tiba-tiba sering bersikap agresif maka boleh jadi kucing Anda sedang mengalami stres.


Kehilangan Nafsu Makan

Ciri kucing stres yang ke tiga adalah kehilangan nafsu makan. Jika Anda tidak menemukan tanda-tanda kucing Anda sakit tetapi saat diberi makan kucing Anda cenderung tidak memakannya meskipun diberikan makanan favoritnya maka boleh jadi kucing Anda sedang mengalami stres.

Kucing yang sedang stres biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan. Mereka cenderung hanya makan sedikit bahkan mungkin tidak menyentuh makanannya sama sekali. Hal ini mungkin terjadi akibat tekanan sikis yang mereka alami. 


Ciri-Ciri Kucing Stres


Mengalami Gangguan Pencernaan

Ciri kucing stres yang ke empat adalah mengalami gangguan pencernaan. Stres yang dialami kucing biasanya juga akan berpengaruh pada sistem pencernaannya. Kucing yang mengalami stres biasanya akan mengalami diare ataupun sembelit, hal ini dapat dilihat dari perubahan tekstur kotorannya.

Jika kucing Anda mengalami gangguan sistem pencernaan seperti diare ataupun sembelit tanpa tau penyebabnya dan diberengi dengan ciri-ciri lainnya maka kemungkinan besar kucing Anda sedang mengalami stres. Oleh karena itu Anda perlu waspada jika kucing Anda mengalaminya.


Berat Badan Turun

Ciri kucing stres yang ke lima adalah mengalami penurunan berat badan. Karena mengalami penurunan nafsu makan dan juga mengalami gangguan pencernaan kucing yang sedang stres biasanya akan mengalami penurunan berat badan terutama jika stres kucing terus terjadi dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu jika kucing Anda mengalami hal seperti ini maka Anda harus menanganinya secepat mungkin agar stres dan penurunan berat badan ini tidak mempengaruhi kesehatan kucing secara keseluruhan.


Sering Mengeong

Ciri kucing stres yang ke enam adalah sering mengeong. Ketika kucing mengalami stres mereka cenderung akan sering mengeong dari biasanya. Jika biasanya kucing hanya akan mengeong pada saat tertentu saja, misalkan pada saat mereka meminta makanan, ingin bermain, dan sebagainya, namun pada saat mengalami stres mereka cenderung akan mengeong setiap saat.

Hal ini adalah salah satu cara mereka menunjukan bahwa ada sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman dan berusaha menyempaikannya pada pemiliknya. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik harus peka terhadap tanda-tanda seperti ini agar kucing Anda tetap sehat dan tidak mudah stres.


Menjilati Tubuh Secara Berlebihan

Ciri kucing stres yang ke tujuh adalah mereka sering menjilati tubuhnya secara berlebihan. Menjilati tubuh adalah salah satu cara kucing untuk membersihkan bulu dan menenangkan dirinya. Tentu hal ini sangat wajar dan umum dilakukan oleh seekor kucing, namun jika seekor kucing terus menerus menjilati tubuhnya bahkan sampai membuat bulunya banyak yang rontok maka hal ini boleh jadi adalah salah satu tanda bahwa kucing tersebut sedang menalami stres. Jika kucing Anda terlihat melakukan hal ini maka segera ambil tindakan yang tepat agar bulu kucing Anda tetap utuh.


Posting Komentar untuk "7 Ciri Akurat Kucing Mengalami Stres"