8 Cara Ampuh Mengatasi Kucing Stres

Cara Mengatasi Kucing Stres

Salah satu hal yang sering membuat para pemilik kucing khawatir terkait kucing peliharaannya adalah ketika kucing mengalami stres. Bagaimana tidak, kucing yang mengalami stres biasanya tidak mau makan, kehilangan berat badan, bersikap agresif, dan terus menerus bersembunyi. Tentu jika hal ini terus menerus berlanjut kesehatan kucing tersebut akan menurun dan rentan terhadap serangan penyakit. 

Oleh karena itu perlu adanya tindakan nyata dari kita sebagai pemilik kucing agar kucing peliharaan kita dapat kembali ceria sediakala. Dalam hal ini berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kucing yang sedang stres.


Cek Kesehatan Kucing

Cara mengatasi kucing stres yang pertama adalah dengan mengecek kesehatan kucing itu sendiri. Sebelum kita mengatasi stres pada kucing, ada baiknya kita memastikan terlebih dahulu apakah penyebab stres kucing tersebut berasal dari faktor kesehatannya atau bukan, hal ini karena salah satu penyebab utama kucing mengalami stres adalah karena gangguan kesehatan.

Dalam hal ini periksalah kesehatan kucing secara menyeluruh, apakah kucing tersebut terkena kutu, jamur, bakteri, virus, ataupun penyakit lainnya. Jika kucing memang sedang terkena suatu penyakit maka kemungkinan stres yang dialami kucing tersebut disebabkan karena penyakit ini, oleh karena itu untuk mengatasinya adalah dengan cara menyembuhkan penyakit tersebut.

Sementara jika kucing secara fisik ternyata dalam keadaan sehat, maka penyebab stres yang dialami kucing tersebut berasal dari faktor lain, oleh karena itu penangannannya juga dengan cara yang lain.


Memberikan Tempat yang Nyaman dan Aman

Cara mengatasi kucing stres yang ke dua adalah dengan memberikan tempat yang nyaman dan aman. Salah satu penyebab kucing stres adalah karena faktor lingkungan yang tidak nyaman dan aman, entah itu karena terlalu berisik, kotor, ataupun banyak dilalui orang. Jika saat ini kucing Anda ditempatkan ditempat seperti itu maka boleh jadi stres yang dialami kucing Anda adalah karena faktor lingkungan.

Kucing pada umumnya menyukai tempat yang nyaman dan kondusif, tidak berisik, bersih, dan tidak banyak dilalui banyak orang. Oleh karena itu untuk mengatasi stres yang dialami kucing maka ada baiknya Anda sebagai pemilik kucing dapat menyediakan tempat yang nyaman dan aman bagi kucing Anda.


Biarkan Kucing Menenangkan Diri

Cara mengatasi kucing stres yang ke tiga adalah dengan membiarkan kucing menenangkan diri. Ketika kucing mengalami stres, dia akan mengalami goncangan mental yang kuat, selain itu mereka juga pasti tidak merasa nyaman dan aman ketika diajak berinteraksi dengan manusia ataupun hewan lain. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membiarkan mereka menenangkan diri sejenak agar mereka bisa merasa tenang dan aman.

Jangan pernah mengganggu ataupun mencoba berinteraksi dengan kucing jika mereka belum benar-benar merasa nyaman karena hal tersebut hanya akan membuat situasinya tambah parah. Dalam hal ini Anda bisa mulai berinteraksi dengan kucing Anda ketika mereka sudah merasa nyaman dengan lingkungannya.


8 Cara Ampuh Mengatasi Kucing Stres


Berikan Catnip atau Diffuser Feromon

Cara mengatasi kucing stres yang ke empat adalah dengan memberikan catnip atau diffuser feromon kucing. Catnip merupakan salah satu tumbuhan yang sangat disukai kucing. Tumbuhan ini mengandung senyawa kimia yang dapat membuat kucing merasa lebih rileks dan berenergi. Tak heran jika kucing akan mengendus, menjilat, bahkan mengunyah tanaman ini. Karena tanaman ini bisa memberikan efek rileksasi maka tanaman ini sangat bagus untuk mengurangi stres kucing.

Selain catnip untuk meredakan stres kucing Anda juga bisa memberikan diffuser feromon. Diffuser feromon adalah sebuah produk mirip aroma terapi yang dapat menghasilkan feromon buatan yang sangat mirip dengan feromon yang dihasilkan oleh kucing secara alami.

Feromon sendiri adalah aroma yang diproduksi oleh kelenjar kucing yang digunakan untuk berkomunikasi ataupun menandai wilayah. Ketika kucing menggosokan kepalanya pada suatu benda atau apapun itu mereka biasanya juga akan melepaskan dan menempelkan feromon ini. Oleh karena itu dengan menggunakan diffuser feromon ini kucing akan merasa dia berada diwilayahnya sehingga dia lebih nyaman dan terhindar dari stres.


Elus Kucing

Cara mengatasi kucing stres yang ke lima adalah dengan mengelusnya. Kucing biasanya senang sekali dimanja, entah itu digendong ataupun dielus, bahkan ada beberapa kucing yang sengaja menggoda pemiliknya agar dia bisa dimanjakan pemiliknya.

Menggendong ataupun mengelus kucing sangat bagus untuk mempererat hubungan antara pemilik dan kucing itu sendiri. Kucing akan merasa nyaman, aman dan merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Oleh karena itu mengelus kucing pasti akan membantu untuk meredakan stres yang dialami oleh kucing itu sendiri.


Berikan Mainan Kesukaannya

Cara mengatasi kucing stres yang ke enam adalah dengan memberikan mainan kesukaannya. Kucing pada umumnya adalah hewan yang suka bermain, entah itu dengan kucing lain ataupun dengan pemiliknya. Maka tak heran jika saat ini banyak sekali mainan kucing yang dijual dipasaran agar kucing dan pemiliknya bisa bermain bersama, seperti misalnya mainan ikan, bola, bulu, dan sebagainya.

Jika Anda sebelumnya sering bermain bersama dengan kucing Anda, Anda pasti mengetahui apa mainan kesukaannya. Oleh karena itu dalam hal ini untuk mengurangi stres yang dialami oleh kucing Anda, Anda bisa memberikan mainan kesukaannya tersebut.


Ajak Bermain

Cara mengatasi kucing stres yang ke tujuh adalah dengan mengajaknya bermain. Setelah kucing mulai merasa tenang tidak lagi bersembunyi ataupun berikap agresif maka Anda bisa mulai mengajaknya bermain secara perlahan. Namun harus digaris bawahi jika kucing ternyata masih belum mau bermain maka Anda tidak boleh memaksanya karena hal tersebut malah akan memperlambat proses penyembuhan stres kucing.

Dalam hal ini ajaklah kucing Anda bermain dengan mainan kesukaannya. Lihatlah respon kucing, apakah dia merespon dengan baik atau tidak. Jika kucing merespon dengan baik dan mau diajak bermain maka lanjutkanlah untuk bermain bersamanya sampai dia merasa senang kembali. Namun jika kucing tidak merespon dengan baik maka urungkanlah untuk mengajaknya bermain dan biarkan dia sendiri.


Berikan Makanan Kesukaannya

Cara mengatasi kucing stres yang ke delapan adalah dengan memberikan makanan kesukaannya. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi stres yang dialami oleh kucing adalah dengan memberikan makanan kesukaannya. Setiap kucing pasti mempunyai makanan kesukaannya, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk merayu mereka agar suasana hatinya kembali bersemangat sehingga mereka bisa terlepas dari stres yang mereka alami.

Dalam hal ini sebagai pemilik Anda pasti tau apa makanan kesukaan kucing Anda, oleh karena itu berikanlah makanan kesukaannya tersebut dan lihat respon yang ditunjukannnya. Semoga kucing Anda benar-benar menyukainya dan bisa kembali ceria seperti sediakala.


Posting Komentar untuk "8 Cara Ampuh Mengatasi Kucing Stres"