6 Manfaat Catnip Untuk Kucing yang Harus Kamu Tahu !

Manfaat Catnip Untuk Kucing

Taukah Anda bahwa ada salah satu tanaman yang sangat disukai oleh kucing, tanaman tersebut adalah catnip. Bagi para pencinta kucing, pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Tanaman ini sering sekali diberikan oleh para pemilik kucing kepada kucing peliharaan mereka, dan kucingnyapun tampak sangat menyukainya, bahkan mereka bisa terus mengendus, menjilat, dan mengunyah tanaman ini sampai mereka terlihat mabuk.

Catnip memang sudah lama dimanfaatkan oleh para pemilik kucing untuk membuat kucing peliharaannya senang, namun tidak hanya itu catnip ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kucing. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut:


Meredakan Stres Kucing

Manfaat catnip untuk kucing yang pertama adalah meredakan stres kucing. Ketika memelihara kucing, terkadang ada saat dimana kucing mengalami stres, entah itu karena perubahan lingkungan baru, terlalu lama dikurung, ataupun penyebab lainnya.

Pada saat kucing mengalami stres, dibutuhkan penanganan-penanganan tertentu agar kucing kembali sehat sediakala, dan salah satunya adalah dengan memberinya catnip. Dalam hal ini berikanlah catnip baik itu dalam bentuk tumbuhan ataupun dalam bentuk produk yang sudah diolah, niscaya stres yang dialami kucing pasti akan mereda.


Membuat Kucing Lebih Tenang

Manfaat catnip untuk kucing yang kedua adalah membuat kucing lebih tenang. Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami kesepian, ketakutan, bahkan bersikap agresif. Hal ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan suasana hati kucing itu sendiri. Ketika kucing mengalami hal-hal tersebut maka salah satu hal yang bisa membuat kucing menjadi lebih tenang adalah dengan diberikan catnip.

Catnip mengandung suatu zat kimia alami yang dapat memberikan efek relaksasi untuk kucing. Oleh karena itu tak heran jika kucing yang diberi catnip akan berprilaku aneh seperti orang yang sedang mabuk.


Membuat Kucing Lebih Aktif dan Ceria

Manfaat catnip untuk kucing yang ke tiga adalah membuat kucing lebih aktif dan ceria. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa sama seperti manusia mood kucing juga bisa berubah-ubah. Kadang mereka bisa sangat aktif, ceria, agresif, bahkan mereka juga bisa merasa sedih dan murung.

Mungkin kita akan sangat senang jika kucing kita sangat aktif dan ceria, namun sebaliknya kita pasti akan sangat sedih ketika melihat kucing peliharaan kita terlihat murung dan tidak bersemangat. Oleh karena itu untuk mengembalikan samangat dan keceriaannya maka kita sebagai pemilik bisa memberikan mereka catnip agar mereka senang dan kembali aktif dan ceria. 


6 Manfaat Catnip Untuk Kucing yang Harus Kamu Tahu


Membantu Menyembuhkan Luka di Kulit Kucing

Manfaat catnip untuk kucing yang ke empat adalah membantu menyembuhkan luka dikulit kucing. Pada umumnya kucing adalah hewan yang aktif, mereka senang bermain, berburu, bahkan berkelahi dengan kucing lain. Maka tak heran jika kucing terkadang akan membuat luka ditubuhnya.

Dalam hal ini selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya catnip juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka gores dikulit kucing. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit air pada serbuk catnip yang sudah dioleh sehingga berbentuk seperti pasta, lalu oleskanlah catnip ini dikulit kucing yang sedang terluka satu hingga dua kali sehari sampai luka kucing tersebut sembuh.


Menambah Nafsu Makan

Manfaat catnip untuk kucing yang ke lima adalah menambah nafsu makan kucing. Adakalanya nafsu makan kucing sedang menurun, mereka tiba-tiba tidak mau makan bahkan tidak mendekati makanannya sedikitpun. Pada saat ini terjadi, Anda bisa menaburkan sedikit catnip dimakannnya untuk merangsang nafsu makannya sehinga kucing akhirnya mau memakan makannannya.


Membantu Menenangkan Kucing Birahi

Manfaat catnip untuk kucing yang ke enam adalah membantu menenangkan kucing yang sedang birahi. Kucing yang sedang birahi biasanya mengalami perubahan hormon yang derastis sehingga hal ini bisa mempengaruhi prilakunya. Mereka bisa sangat gelisah, terus mengeong, kabur-kaburan, bahkan bersikap agresif, terutama jika kucing tersebut tidak memiliki pasangan.

Oleh karena itu Anda sebagai pemilik kucing bisa memberikan mereka catnip untuk membantu menenangkan kucing Anda. Kandungan kimia alami yang ada pada catnip bisa memberikan efek relaksasi sehingga kucing Anda bisa lebih tenang.


Posting Komentar untuk "6 Manfaat Catnip Untuk Kucing yang Harus Kamu Tahu !"