4 Macam Motif Ekonomi

4 Macam Motif Ekonomi

Motif adalah kekuatan yang ada dalam diri manusia untuk melakukan tindakan atau suatu kegiatan. Dalam tindakan ekonomis yang dilakukan oleh manusia, motif berasal dari diri sendiri, berasal dari luar diri, maupun pengaruh dari orang lain.

Manusia melakukan berbagai macam tindakan agar seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi dan bisa mencapai kemakmuran. Seluruh kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup disebut dengan tindakan ekonomis ataupun perbuatan ekonomis. Tujuan dari tindakan ekonomis ialah untuk mengendalikan pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan.

Tindakan ekonomis yang dilakukan oleh manusia dilakukan di dalam kegiatan ekonomi. Tindakan ekonomis yang dilakukan oleh setiap orang harus dengan penuh tanggungjawab, kejujuran serta sopan santun. Kegiatan ekonomis harus rasional agar memperoleh hasil yang maksimal. Dalam hal ini kegiatan yang rasional yaitu kegiatan yang dilakukan dengan pikiran dan akal yang sehat.

4 Macam Motif Ekonomi

Setiap orang dalam melakukan suatu kegiatan selalu didorong oleh keinginan untuk mendapatkan sesuatu. Dalam hal ini keinginan ataupun alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut dengan motif ekonomi. Tindakan manusia selalu didorong oleh suatu keinginan. Keinginan ataupun motif yang mendorong manusia melakukan sebuah kegiatan ekonomi ada bermacam-macam motif. Adapun dalam hal ini motif ekonomi dapat dibedakan menjadi empat (4) macam, antara lain yaitu:

1)   Motif untuk Memenuhi Kebutuhan

Motif yang paling penting yang mendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi yaitu motif ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai sebuah kemakmuran. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia dengan harapan bisa memperoleh penghasilan. Penghasilan itulah yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Jika penghasilan tersebut tidak mencukupi maka ia akan berusaha untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan melakukan kegiatan ekonomi yang lain. Contohnya, seorang karyawan yang menjadi ojek online setelah selesai bekerja di kantor dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

2)   Motif Berbuat Sosial

Rasa kemanusiaan selalu dalam diri setiap orang yang memiliki hati yang baik. Selain ingin memenuhi kebutuhan, manusia juga mempunyai keinginan untuk menolong orang lain atau bisa disebut membantu sesama manusia yang membutuhkan. Contohnya seorang relawan yang mengeluarkan tenaga dan hartanya untuk membantu korban gempa bumi.

3)   Motif untuk Mendapatkan Penghargaan

Penghargaan yang dimaksud disini bukan sekedar mendapatkan pujian ataupun piagam akan tetapi juga ingin mendapatkan status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar. Bagaimana cara memperoleh penghargaan? Bisa itu dengan pertasi akademik, prestasi sosial, sikap dan tingkah laku dan sebagainya.

4)   Motif untuk Memperoleh Kekuasaan

Motif lain yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi yaitu motif untuk memperoleh kekuasaan. Manusia kadang tidak pernah puas terhadap apa yang sudah diperolehnya, sehingga terus melakukan kegiatan dan mengembangkan usahanya.

{|CATATAN| Selain motif ekonomi, dalam ekonomi juga ada yang dinamakan prinsip ekonomi, apa itu prinsip ekonomi? Simak lebih lanjut pada artikel berikut: Penerapan Prinsip Ekonomi}


Sumber referensi:
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/10/pengertian-motif-ekonomi-tujuan-jenis-contoh.html
http://www.markijar.com/2018/04/5-macam-motif-ekonomi-dan-contohnya.html

0 komentar

Posting Komentar