Penerapan Prinsip Ekonomi

Penerapan Prinsip Ekonomi

Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Yang menjadi dasar kegiatannya ialah prinsip ekonomi. Bagi pelaku produksi, tindakan yang dilakukan yang sesuai dengan prinsip ekonomi ialah menggunakan bahan baku yang bagus, mesin yang bagus, tenaga kerja yang terampil, dan sebagainya sehingga dalam melakukan proses produksinya dapat mencapai efisiensi dan barang produksi yang dihasilkannya berkualitas.

Sementara bagi pelaku distributor, tindakan yang sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu berusaha agar barang yang disalurkannya tepat sasaran. Dan bagi para konsumen tindakan yang sesui dengan prinsip ekonomi misalnya memenuhi kebutuhan dengan cara membeli barang dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang bagus.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan prinsip ekonomi? Berikut ini merupakan beberapa pengertian prinsip ekonomi secara umum:
1)    Prinsip ekonomi adalah usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin.
2)    Prinsip ekonomi ialah berusaha dengan alat yang tersedia untuk memperoleh hasil yang maksimal.
3)    Prinsip ekonomi merupakan pengorbanan yang kita keluarkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan diharapkan.
4)    Prinsip ekonomi ialah dasar berpikir manusia yang digunakan untuk melakukan tindakan ekonomi.

Dalam dunia usaha prinsip ekonomi berkaitan dengan sebutan efisien dan efektif. Efisien yaitu kegiatan yang dilakukan secara tepat untuk mencapai target tertentu. Sedangkan efektif yaitu apa yang dilaksanakan secara benar. Prinsip ekonomi baik sekali dipergunakan dalam segala kegiatan ekonomi, baik itu untuk kegiatan produksi, distribusi maupun kegiatan konsumsi.

{|CATATAN| Selain prinsip ekonomi, dalam ekonomi juga ada yang dinamakan motif ekonomi, apa itu motif ekonomi? Simak lebih lanjut dalam artikel berikut: 4 Macam Motif Ekonomi}

Setiap orang akan menerapkan prinsip ekonomi dalam kegiatan kesehariannya. Contohnya seseorang akan membeli sebuah sepatu di toko A dengan harga Rp 150.000,00, sementara di toko B harga sepatu Rp 149.000,00 dan di toko C harga sebuah sepatu dengan kualitas yang sama adalah Rp 149.500,00. Maka berdasarkan prinsip ekonomi tentu orang tersebut akan membeli sepetu di toko B yang harga lebih murah dengan kualitas yang sama. Seseorang yang berpedoman pada prinsip ekonomi selalu melakukan banyak pertimbangan sehingga pengorbanan yang telah dilakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Penerapan Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi diterapkan dalam kegiatan ekonomi. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan-kegiatan ekonomi tentu dengan tujuan yang berbeda-beda. Adapun berikut ini contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi:

1)    Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi, antara lain: 
           a)   Mendirikan perusahaan yang dekat dengan bahan mentah/bahan baku, 
           b)   Menggunakan bahan mentah atau bahan baku dengan mutu yang baik,
           c)   Menggunakan tenaga kerja dengan upah murah,
           d)   Selalu hemat dalam biaya produksi.

2)    Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi, antara lain:
           a)   Menempatan perusahaan diantara produsen dan konsumen,
           b)   Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat tempat,
           c)   Menggunakan sarana distribusi yang murah,
           d)   Memberikan layanan dengan baik.

3)    Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi, antara lain:
a)  Membeli barang dengan memilih terlebih dahulu,
b)  Membeli barang sesuai dengan yang direncanakan,
c)  Memilih barang yang kualitas bagus,
d)  Setiap awal bulan membuat daftar kebutuhan berdasar skala prioritas.

Penerapan prinsip ekonomi sangatlah penting apalagi diera sekarang era globalisasi, semua barang secara bebas masuk maupun keluar dari dalam dan luar negeri. Saat menghadapi situasi seperti ini produsen dituntut untuk dapat menghasilkan barang yang berkualitas dengan harga yang dapat bersaing.

Tugas produsen ini sangatlah berat, namun tetap harus dilaksanakan agar barang hasil produksinya bisa terjual. Begitu juga halnya dengan distiributor harus melakukan penyaluran dengan efektif dan juga efisien. Ada baiknya distributor menggunakan saluran distribusi yang tepat.


Sumber referensi:
http://sosiologis.com/prinsip-ekonomi-dan-penerapannya
http://www.ekonomipedia.com/2018/01/penerapan-prinsip-ekonomi-dalam.html

0 komentar

Posting Komentar