Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Kebutuhan manusia yang satu dengan yang lainnya cenderung berbeda jenis dan jumlahnya. Perbedaan ini dikarenakan oleh faktor yang memengaruhinya. Apa saja faktor tersebut? Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia:

1)    Jenis Kelamin

Perbedaan jenis kelamin dan umur pasti akan turut serta memengaruhi perbedaan jenis dan jumlah kebutuhan seseorang. Kebutuhan atara laki-laki pasti akan berbeda, dalam hal ini jenis kelamin akan berpengaruh pula pada variasi dan jenis kebutuhan.

2)    Tingkat Pendidikan

Seseorang yang memiliki pengetahuan atau wawasan yang terkait dengan latar belakang pendidikan akan mempengaruhi kebutuhannya. Sebagai contoh: kebutuhan antara anak SD jika dibandingkan dengan anak SMP tentu kebutuhannya akan berbeda dilihat dari jenis dan ragamnya.

3)    Lingkungan Tempat Tinggal

Selain itu lingkungan tempat seseorang tinggal juga sangat besar pengaruhnya terhadap kebutuannya. Contohnya orang yang hidup di daerah pegunungan kebutuhannya akan berbeda dengan mereka yang hidup di daerah pantai.

{|CATATAN| Kebutuhan dan kelangkaan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Selain itu juga ada beberapa jenis kebutuhan. Simak kedua pembahasan tersebut pada kedua artikel berikut:
1) Kelangkaan Sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia 
2) Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan}

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

4)    Tingkat Pendapatan

Semakin besar tingkat pendapatan seseorang maka akan semakin besar pula kebutuhannya, hal ini karena mereka mempunyai sarana untuk memenuhinya. Dan sebaliknya semakin kecil pendapatannya seseorang maka akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhannya.

5)    Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan terciptanya penemuan-penemuan dan produk-produk baru. Munculnya produk baru tersebut akan memengaruhi orang untuk memilikinya, sehingga muncullah kebutuhan akan produk baru tersebut.

6)    Status Sosial

Semakin tinggi kedudukan seseorang di masyarakat maka biasanya akan semakin beragam dan bertambah kebutuhan orang tersebut.

7)    Perbedaan Selera

Perbedaan selera seseorang akan sangat berpengaruh terhadap barang maupun jasa yang dibutuhkannya. Selera seseorang akan memengaruhi bagaimana dan dengan apa orang tersebut memenuhi kebutuhannya.

{|CATATAN| Selain faktor yang mempengaruhi, kebutuhan juga memiliki yang dinamakan alat pemenuhan kebutuhan, apa itu? Baca lebih lanjut pada artikel berikut: Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan}


Sumber referensi:
https://materiips.com/faktor-yang-mempengaruhi-kebutuhan-manusia
http://www.akuntansilengkap.com/ekonomi/15-faktor-yang-mempengaruhi-kebutuhan-manusia/

0 komentar

Posting Komentar