Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Kebutuhan manusia semakin hari semakin bertambah. Pada zaman pra aksara, untuk memenuhi kebutuhan, manusia akan berburu dan meramu. Lalu kemudian seiring dengan berkembangnya cara berpikir dan kebudayaan, manusia mulai hidup menetap dan bercocok tanam dan untuk memenuhi kebutuhannya manusia melakukan barter (saling bertukar barang).

Akan tetapi ternyata kebutuhan manusia masih belum terpenuhi dengan cara barter, hal ini karena barang-barang yang mereka miliki belum banyak tersedia dan juga belum tersedianya uang sebagai sarana untuk melaksanakan tukar-menukar.

{|CATATAN| Kebutuhan manusia sangatlah banyak, apa saja itu? Bacalah pada artikel barikut: Jenis-Jenis Kebutuhan}

Kebutuhan manusia sangatlah banyak bahkan cenderung tidak terbatas, sedangkan jumlah barang dan jasa serta sumber alam lain pemuas kebutuhan manusia jumlahnya sangat terbatas atau langka. Sumber daya antar daerah yang satu dengan daerah yang lain tidaklah sama. Di beberapa daerah mungikin sumber daya tersedia secara melimpah, sementara sebagian daerah lainnya sedikit atau terbatas, sehingga terjadilah interaksi antar daerah untuk dapat memenuhi kebutuhan.

{|CATATAN| Ada beberap faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, selain itu alat pemenuhan kebutuhan juga ada beberapa jenisnya, apa saja itu? Silahkan baca di kedua artikel berikut:
1) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan 
2) Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan}

Kelangkaan sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas akan mengakibatkan kekurangan atau tidak terpenuhinya sebagian ataupun seluruh kebutuhan untuk hidup manusia itu sendiri.

Kelangkaan ini adalah masalah ekonomi manusia. Dalam hal ini masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang jumlahnya tak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan itu sendiri yang berupa barang dan jasa jumlahnya terbatas. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itulah yang disebut sebagai kelangkaan.

Kelangkaan Sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Untuk mengatasi masalah kelangkaan tersebut maka kita perlu belajar ilmu ekonomi. Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikonomia yang berarti rumah tangga. Oikonomia ialah kata majemuk yang terdiri dari dua kata yaitu ‘oikos dan nomos. ’Oikos artinya rumah tangga, serdangkan nomos artinya aturan, Jadi arti kata ekonomi adalah aturan rumah tangga ataupun ilmu yang mengatur rumah tangga. Ilmu ekonomi termasuk kedalam kelompok ilmu sosial.

Para ahli ekonomi memberi batasan yang berbeda-beda mengenai pengertian ilmu ekonomi. Walaupun definisi ataupun batasan yang mereka berikan berbeda, akan tetapi pada dasarnya mengandung makna yang sama. Definisi atau pengertian ilmu ekonomi yang sering digunakan antara lain
“Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran”

Berdasar definisi tersebut bisa disimpulkan bahwa kemakmuran akan tercapai apabila kebutuhan telah terpenuhi. Maka untuk mencapai kemakmuran tersebut manusia harus selalu berusaha melakukan tindakan atau pengorbanan, baik itu berupa tenaga, waktu ataupun materi.

Berdasarkan kajian geografis, permasalahan ekonomi disetiap daerah ataupun wilayah berbeda. Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai keragaman bentuk muka bumi, mulai dari daratan hingga lautan. Kondisi seperti itu ternyata memiliki hubungan yang erat dengan aktifitas manusia sebagai subjek penghuninya. Dimana kondisi sosial suatu wilayah tidak akan terlepas dari keadaan fisiknya.

Satu ciri utama dari kajian geografis ialah mengkaji hubungan antara unsur fisik dan unsur sosial pada permukaan bumi. Pemanfaatan lingkungan fisik oleh manusia pada dasarnya bergantung pada kondisi lingkungan fisik itu sendiri dan juga kualitas dari manusianya.

Kondisi sosial manusia selalu dalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan. Pemenuhan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi jika pembangunan wilayah yang bersangkutan berkembang dengan baik. Permasalahan tersebut tentu akan berdampak pada ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan. Kelangkaan menjadi permasalahan setiap daerah baik itu di perkotaan ataupun di pedesaan.

Upaya pengembangan wilayah antar pulau, penyediaan pelayaran dan penerbangan adalah prioritas yang terus dirintis. Aspek sosial harus selalu diperhatikan di dalam pengembangan wilayah agar proses pembangunan tidak akan berbenturan dengan nilai-nilai masyarakat setempat. Berdasarkan kajian wilayah dan kondisi wilayah yang berbeda mengakibatkan masalah ekonomi yang rumit. Dalam hal ini terrjadi kesenjangan sumber daya antar wilayah-wilayah tersebut.

Di suatu daerah mengalami kelebihan sumber daya sedangkan di daerah lain kekuarangan sumber daya. Kesenjangan tersebut mengakibatkan permasalahan ekonomi terutama dalam hal penyediaan barang dan jasa. Salah satu upaya agar tidak terjadi kesenjangan ekonomi adalah dengan pendistribusian sumber daya termasuk di dalamnya ialah distribusi sumber daya manusia.


Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelangkaan
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/11/kelangkaan-sumber-daya-ekonomi.html
http://catpend.blogspot.com/2015/11/kebutuhan-kelangkaan-dan-masalah-pokok.html

0 komentar

Posting Komentar