JENIS-JENIS KEBUTUHAN

JENIS-JENIS KEBUTUHAN

Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang maupun jasa yang menuntut adanya pemenuhan, jika tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. Sebagai contoh, bagi mereka yang sedang lapar menuntut untuk dipenuhi oleh makanan, begitu pula dengan mereka yang haus harus segera dipenuhi dengan cara minum. Jika kebutuhan tersebut tidak dipenuhi maka nantinya akan berakibat pada kelangsungan hidup orang yang bersangkutan tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kebutuhan manusia maka sebaiknya kita perlu mengetahui jenis-jenis kebutuhan itu sendiri. Apa saja jenis-jenis kebutuhan tersebut? Berikut adalah beberapa jenis kebutuhan:

A.  Jenis-Jenis Kebutuhan Menurut Intensitasnya / Tingkatannya

Menurut intensitas atau tingkatannya kebutuhan bisa dibagi menjadi tiga, antara lain yaitu:

{|CATATAN| Kebutuhan dan kelangkaan merupakan dua hal yang saling berkaitan, apa itu kelangkaan? Simaklah dalam artikel berikut: Kelangkaan Sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia}

1)   Kebutuhan Primer atau Kebutuhan Pokok

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi (tidak boleh tidak) karena jika tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang. Yang termasuk ke dalam kebutuhan primer antara lain yaitu: kebutuhan akan makanan dan minuman, kebutuhan ini jika tidak dipenuhi maka manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Lalu ada kebutuhan pakaian, kebutuhan ini harus dipenuhi karena manusia perlu untuk bertahan dari cuaca dan bersosialisasi dengan sesama, jika tidak dipenuhi maka akan mengalami kesulitan. Dan ada kebutuhan akan rumah, yaitu kebutuhan tempat untuk berteduh, istirahat serta melepas lelah sehingga kebutuhan akan rumah ini mutlak harus dipenuhi.

2)   Kebutuhan Sekunder (Tambahan)

Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan yang dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder adalah pelengkap dari kebutuhan primer. Tidak terpenuhinnya kebutuhan sekunder ini tidak mengganggu kelangsungan hidup orang yang bersengkutan. Kebutuhan sekunder diantaranya seperti perabot rumah tangga, radio, jam tangan, lemari, dan sebagainya.

3)   Kebutuhan Tersier atau Kebutuhan Barang Mewah

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Kebutuhan tersier ini tidak mutlak harus dipenuhi akan tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dan keinginan dari masing-masing orang. Pada umumnya kebutuhan ini berkaitan dengan harga diri seseorang, jika seseorang mampu memiliki barang-barang mewah maka orang tersebut cenderung percaya diri. Pada saat ini sulit untuk menentukan mana barang yang mewah dan mana yang bukan, karena sangat tergantung dari tingkat kekayaan yang dimiliki oleh masing-masing orang.

Jenis-Jenis Kebutuhan

{|CATATAN| Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simaklah dalam artikel berikut: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan}

B.  Jenis-Jenis Kebutuhan Menurut Sifatnya

Jenis-jenis kebutuhan menurut sifatnya bisa dibedakan menjadi dua macam, antara lain yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

1)   Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani ialah kebutuhan yang sifatnya memberi kepuasan pada tubuh atau jasmani. Kebutuhan jasmani ini bersifat materi. Seperti contohnya kebutuhan akan makanan dan minuman, kesehatan, obat bagi yang sakit, dan olah raga.

2)   Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani ialah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Jika kebutuhan ini terpenuhi maka orang yang bersangkutan akan merasa puas, aman dan tenang. Contoh dari kebutuhan rokhani misalnya kebutuhan akan agama, pendidikan, rekreasi, baca buku, nonton TV, dan sebagainya.

C.  Jenis-Jenis Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya

Menurut Waktunya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua, antara yaitu:

1)   Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat itu juga. Jika pemenuhan kebutuan ini tidak dipenuhi dengan segera maka akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidup. Adapun yang termasuk dalam kebutuhan sekarang antara lain yaitu:
a)    Minuman, sangat dibutuhkan bagi orang yang sedang kehausan dan harus segera dipenuhi karena bisa berakibat pada kematian.
b)    Makanan, sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang kelaparan dan harus segera dipenuhi karena akan berakibat pada kematian.
c)    Obat, sangat dibutuhkan bagi orang yang sendang sakit. Kebutuhan ini tidak bisa ditunda lagi dipenuhi saat itu juga karena akan berakibat fatal.

2)   Kebutuhan Masa Mendatang

Kebutuhan masa mendatang merupakan kebutuhan manusia yang pemenuhannya bisa ditunda atau ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini bisa dipersiapkan dari sekarang. Dalam hal ini contohnya seperti seseorang yang saat ini bekerja untuk mendapatkan uang akan tetapi tidak lupa untuk menyisihkan sebagian uangnya demi untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang. Uang tabungan ini bisa dia pakai untuk pendidikan dimasa depan bagi anak-anaknya.

D.  Jenis-Jenis Kebutuhan Menurut Subjeknya

Menurut subyek yang merasakannya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua jenis, antara lain yaitu:

1)   Kebutuhan Individual

Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang berkaitan langsung dengan perorangan. Kebutuhan individual ini dirasakan langsung oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya juga dilakukan secara individu. Kebutuhan ini tidak sama satu orang dengan orang lainnya. Contoh dari kebutuhan ini seperti kebutuhan makan, minum, sepatu, baju, kaca mata dan sebagainya. Kebutuhan ini tergantung dari keinginan masing-masing individu.

2)   Kebutuhan Kelompok atau Kolektif

Kebutuhan kelompok yaitu kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama pula. Seperti contohnya: kebutuhan akan jalan, jembatan, lapangan, sekolah, pasar, dan sebagainya.

{|CATATAN| Untuk memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan tersebut diperlukan alat pemenuhan kebutuhan. Apa itu alat pemenuhan kebutuhan? Baca lebih lanjut pada artikel berikut: Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan}


Sumber referensi:
http://www.donisetyawan.com/jenis-jenis-kebutuhan-manusia/
https://introvertboyz.wordpress.com/2013/02/14/ips-ekonomi-jenis-jenis-kebutuhan-manusia-2/
https://edukasimandiri.blogspot.com/2016/09/jenis-jenis-kebutuhan-manusia-menurut.html

0 komentar

Posting Komentar