Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan

Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan

Telah kita ketahui bahwa kebutuhan manusia tidak ada batasnya artinya kebutuhan manusia setiap saat selalu berkembang dan bertambah seiring dengan kemajuan peradaban manusia. Untuk dapat melangsungkan hidup dan memperoleh kemakmuran, maka manusia harus mampu mengimbangi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan, dan alat pemenuhan kebutuhan tersebut harus ditingkatkan dan dikembangkan secara terus-menerus.

Alat pemenuhan kebutuhan manusia banyak sekali macam jenisnya. Ada yang berupa barang maupun jasa. Ada yang berwujud dan ada yang tidak berwujud. Begitu pula dengan cara memperolehnya perlu mengeluarkan uang ataupun tidak perlu mengeluarkan uang.

Seperti halnya kebutuhan, alat pemenuhan kebutuhan juga terdapat berbagai jenis atau macamnya. Karana banyaknya alat pemenuhan kebutuhan tersebut maka perlu diklasifikasikan. Berikut ini adalah jenis-jenis alat pemenuhan kebutuhan:

Jenis-Jenis Alat Pemenuhan Kebutuhan

A.  Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Kelangkaannya atau Cara Memperolehnya

Menurut kelangkaan atau cara memperolehnya, alat pemenuhan kebutuhan dibedakan menjadi dua, yakni atas barang ekonomis dan barang bebas.

1)    Barang Ekonomis

Barang ekonomis ialah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperoleh atau mendapatkannya perlu pengorbanan baik itu materiil maupun fisik. Contoh barang ekonomis misalnya seperti sepatu, makanan, pakaian, dan sebagainya.

2)    Barang Bebas

Barang bebas merupakan barang yang jumlahnya sangat banyak sehingga untuk memperoleh atau mendapatkannya tidak perlu melakukan pengorbanan. Contoh barang bebas misalnya udara, sinar matahari, dan air.

B.  Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungannya dengan Barang Lain

Berdasar hubungannya dengan barang lain, alat pemenuhan kebutuhan (barang) bisa dibedakan menjadi dua, yaitu barang substitusi dan barang komplementer.

1)    Barang Substitusi

Barang substitusi ialah barang yang dalam penggunaanya saling dapat menggantikan barang lain dengan syarat barang tersebut mempunyai kegunaan/manfaat yang sama. Contoh barang substitusi antara lain, nasi yanb bisa diganti fungsinya dengan singkong, lalu ada gula merah yang fungsinya bisa digantikan dengan gula putih, dan sebagainya.

2)    Barang Komplementer

Barang komplementer merupakan barang yang penggunaanya bisa saling melengkapi satu sama lain dengan barang lain, karena bila tidak ada salah satu maka barang tersebut akan kurang bermanfaat atau bahkan bisa jadi tidak bermanfaat sama sekali. Contoh barang kmplementer ini antara lain: motor yang tidak akan bisa berjalan jika tidak ada bensin, lalu ada kompor yang tidak bisa menyala jika tidak ada gas ataupun minyak tanah.

C.  Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya

Dilihat dari segi tujuan penggunaannya barang bisa dikelompokkan menjadi barang produksi dan barang konsumsi.

1)    Barang Produksi (Barang Modal)

Barang produksi atau biasa disebut juga sebagai barang modal karena barang ini tidak bisa langsung memenuhi kebutuhan manusia, akan tetapi harus melalui proses terlebih dahulu baru bisa digunakannya. Barang produksi ini bisa menghasilkan barang lain. Contoh barang produksi/modal antara lain: lahan, gedung, dan mesin.

2)    Barang Konsumsi

Barang konsumsi ialah barang-barang yang bisa dipergunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi banyak jenisnya tergantung dari masing-masing individu yang menginginkannya. Di dalam kehidupan sehari-hari barang konsumsi ini disebut juga sebagai barang jadi atau siap pakai karena sudah melalui proses produksi dan siap untuk dipasarkan. Contoh barang konsumsi antara lain, buku tulis, alat tulis dan sebagainya.

D.  Alat Pemenuhan Kebutuhan menurut Proses Pembuatannya

Berdasarkan proses pembuatannya, alat pemuas kebutuhan bisa dikelompokkan menjadi tiga, yakni barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

1)    Barang Mentah

Barang mentah merupakan barang yang belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan, akan tetapi harus melalui proses produksi terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Contoh barang mentah yaitu: padi belum yang belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan karna masih berupa barang mentah dan harus melalui proses terlebih dahulu menjadi nasi, lalu ada kayu yang belum bisa digunakan jika belum dibentuk menjadi sebuah perabot, dan sebagainya.

2)    Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi. Contoh barang setengah jadi yaitu: benang sebelum dibuat kain, dan tepung sebelum dibuat kue.

3)    Barang Jadi

Barang jadi ialah barang atau alat pemuas kebutuhan yang bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh barang jadi antara lain: kue, nasi, baju, celana, alat tulis, tas, buku, pensil dan sebagainya.

{|CATATAN| Anda mungkin akan menyesal jika tidak membaca 3 artikel kami sebelumnya mengenai kebutuhan berikut ini:
1) Kelangkaan Sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia 
2) Jenis-Jenis Kebutuhan 
3) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan}


Sumber referensi:
http://www.febrian.web.id/2014/08/macam-macam-alat-pemenuhan-kebutuhan-ips.html
http://materipelajaranterbaruips.blogspot.com/2015/12/macam-macam-jenis-alat-pemenuhan.html

0 komentar

Posting Komentar