Jumlah dan Persebaran Penduduk Indonesia

Jumlah dan Persebaran Penduduk Indonesia

Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang sangat besar. Berdasarkan Data Kependudukan Dunia pada tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat di dunia dengan penduduk mencapai 256 juta jiwa setelah negara Cina (1.372 juta jiwa), India (1.314 juta jiwa), dan juga Amerika Serikat (321 juta jiwa).

Dalam hal ini, jumlah penduduk yang besar ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi dapat menjadi keuntungan bagi Indonesia dengan jumlah penduduk usia produktifnya yang berlimpah. Akan tetapi disisi lain bisa menjadi kerugian jika jumlah penduduk yang besar tersebut mempunyai kualitas yang rendah, dilihat dari segi pendidikan, kesejahteraan, dan kesehatan.

Persebaran Penduduk Indonesia

Persebaran penduduk atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk pada suatu wilayah atau negara, apakah penduduk disuatu wilayah atau negara tersebut tersebar merata atau tidak. Persebaran penduduk bisa dikenali dari kepadatan penduduknya.

Kepadatan penduduk adalah indikator adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki suatu wilayah. Wilayah yang mempunyai sumber daya yang lebih baik, baik itu dari sumber daya fisik ataupun manusianya akan cenderung dipadati banyak penduduk. Kepadatan penduduk juga dapat memberikan informasi kepada pemerintah mengenai pemerataan pembangunan. Wilayah yang penduduknya jarang menunjukkan pembangunan belum merata ke berbagai wilayah.

Jumlah dan Persebaran Penduduk Indonesia

Berkaitan dengan hal ini, dibeberapa daerah di Indonesia penduduknya masih sangat sedikit, ataupun bisa dikatakan masih kekurangan jumlah penduduk (under population). Ambilah contoh di Papua, kepadatan penduduk di Papua rata-rata hanya 4 jiwa per kilometer persegi. Sementara jika dibandingkan dengan pulau Jawa kepadatan penduduknya mencapai 945 jiwa per kilometer persegi.

Pulau Madura dan Jawa dengan luas mencapai 132 ribu km² berpenduduk sekitar 137 juta jiwa pada tahun 2010. Sementara pulau-pulau lain di Indonesia, dengan luasnya yang berkali-kali lipat dari pulau Jawa jika seluruh penduduknya dijumlahkan maka jumlahnya tidak bisa mencapai jumlah keseluruhan penduduk yang tinggal di Pulau Jawa.
Kondisi persebaran penduduk yang tidak merata adalah salah satu permasalahan tersendiri bagi pelaksanaan pembangunan. Oleh karenannya perlu dilakukan upaya-upaya pemerataan penduduk yang seimbang, sehingga seluruh potensi bangsa Indonesia bisa dikembangkan secara optimal.

Salah satu cara untuk memeratakan jumlah penduduk Indonesia yaitu dengan cara perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang masih jarang penduduknya. Perpindahan penduduk tersebut tentu bisa dilaksanakan dengan keinginan sendiri ataupun diprogramkan oleh pemerintah.

Pulau Jawa merupakan daerah yang sangat subur dan sudah lama berkembang dengan pertanian tradisional. Di masa lalu, masyarakat Pulau Jawa masih mengembangkan pola ekonomi tradisional berupa pertanian. Lokasi Pulau Jawa yang sebagian besar wilayahnya sangat mudah terjangkau menjadi salah satu penyebab persebaran penduduk di Pulau Jawa terus-menerus terjadi.

Selain itu juga Pulau Jawa merupakan pusat perkembangan politik pada masa pengaruh Hindu, Buddha, Islam, dan juga masa penjajahan. Dan saat ini, pusat pemerintahan yakni Jakarta berada di Pulau Jawa, demikian juga dengan kota-kota besar yang sebagian besar ada di Pulau Jawa. Maka tidak heran jika sarana dan prasarana di Pulau Jawa lebih lengkap dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia.



Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Demografi_Indonesia
https://apriandwisambudi.wordpress.com/2014/10/19/persebaran-penduduk-di-indonesia/

0 komentar

Posting Komentar