Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia

Keragaman Suku dan Budaya Indonesia

Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya memiliki suku bangsa dan budaya yang sangat beragam. Dalam hal ini suku bangsa sering juga disebut etnik. Menurut Koentjaraningrat, suku bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran budaya tersebut, sehingga menjadi sebuah identitas. Kesadaran dan identitas pada umumnya akan dikuatkan oleh kesatuan bahasa.

Jadi, suku bangsa merupakan gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial sebab memiliki ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal-usul serta tempat asal dan kebudayaan. Ciri-ciri suku bangsa adalah mempunyai kesamaan bahasa, kebudayaan, adat istiadat, dan nenek moyang. Ciri-ciri mendasar yang membedakan antara suku bangsa satu dengan suku lainnya, adalah adat istiadat, sistem kekerabatan, bahasa daerah, kesenian daerah, dan tempat asal.

Berkaitan dengan ini, keberagaman bangsa Indonesia terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami berbagai lokasi yang tersebar. Setiap suku bangsa memiliki ciri dan karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Menurut penelitian BPS (Badan Pusat Statistik) yang dilakukan tahun 2010, di Indonesia ada sekitar 1.128 suku bangsa. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman tersendiri di Indonesia.

Kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia sangatlah beragam. Keragaman ini dipengaruhi faktor lingkungan. Masyarakat Indonesia yang tinggal didaerah pegunungan cenderung akan menggantungkan hidupnya dari pertanian, sehingga berkembanglah kehidupan sosial budaya masyarakat petani. Sedangkan di daerah pantai masyarakatnya cenderung untuk bermata pencarian sebagai nelayan dan berkembanglah kehidupan sosial masyarakat nelayan.

Selain itu keragaman bangsa Indonesia tampak juga dalam seni, sebagai hasil kebudayaan daerah di Indonesia, contohnya dalam bentuk nyanyian dan tarian. Hampir seluruh daerah atau suku bangsa memiliki tarian dan nyanyian yang berbeda. Begitu pula dengan hasil karyanya, setiap daerah memiliki hasil karya yang berbeda dan menjadi ciri khas dari daerahnya masing-masing.

Keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah aset yang sangat tidak ternilai harganya, oleh karena itu harus tetap dipertahankan serta dilestarikan. Sebagian warga Indonesia mungkin tidak mengetahui ragam budaya daerah lain, salah satunya budaya melukis tubuh di Mentawai, Sumatra Barat, lalu tindik sebagai tanda kedewasaan serta masih banyak lagi kebudayaan lain yang belum tereksplorasi.

{|CATATAN| 3 Rekomendasi artikel terkait: 1) Jumlah dan Persebaran Penduduk Indonesia2) Pengertian dan Jenis Komposisi Penduduk Indonesia, dan 3) Pertumbuhan dan Kualitas Penduduk Indonesia}

Setiap daerah mempunyai kebudayaan yang khas. Keragaman budaya ini bisa diketahui melalui bentuk-bentuk lagu daerah, terian daerah, pakaian adat, rumah adat, upacara adat dan sebagainya.

1)   Rumah Adat

Indonesia kaya akan budaya dengan wujud keanekaragaman budaya yang tersebar diberbagai profinsi, hal yang paling kongkerit yaitu adanya rumah adat disetiap daerah profinsi di Indonesia. Berikut ini beberapa contoh rumah adat disetiap daerah di Indonesia.

Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia

Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia

2)   Pakaian Adat

Pakaian adat tradisional di Indonesia sangat banyak dan beragam, hal ini merupakan nilai-nilai budaya Indonesia yang tak ternilai harganya yang harus dijaga dan lestarikan. Berikut ini ada dua contoh pakaian adat dari daerah di Indonesia.

Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia

3)   Tarian Daerah

Tari adalah salah satu aspek seni untuk mengungkapkan perasaan melalui gerak. Tarian setiap daerah mempunyai ciri khasnya tersendiri, dan pada umumnya mempunyai makna dan simbol tertentu yang terkandung didalamnya. Berikut ini beberapa contoh dari tarian di beberapa daerah di Indonesia.

Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia

Dari contoh tarian di atas, dapat menunjukkan betapa kaya serta beragamnya kebudayaan Indonesia. Gerakan yang indah diiringi dengan irama musik yang memukau, bisa menyuguhkan suatu pertunjukan karya seni yang sangat luar biasa. Setiap tarian ataupun pertunjukan di tiap daerah Indonesia mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing.


Sumber:
https://kamiindonesia.id/detail-artikel/19-keragaman-budaya-indonesia

Posting Komentar untuk "Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia"