4 Macam Faktor Produksi

4 Macam Faktor Produksi

Produsen menghasilkan suatu barang dengan berbagai tujuan, antara lain yaitu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, memperoleh keuntungan, dan menjaga kontinuitas barang ataupun jasa. Pada zaman dulu nenek moyang kita dalam memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan cara berburu dan meramu (food gathering). Kegiatan ini cukup dengan segala sesuatu yang sudah disediakan oleh alam dan juga tenaga kerja mereka.

Namun setelah mereka hidup menetap dan bercocok tanam mereka mulai membuat alat-alat sederhana, seperti tombak, jaring, panah, kapak, dan sebagainya. Alat-alat yang mereka gunakan tersebut sebagai modal untuk menghasilkan barang kebutuhan mereka. Modal yang mereka gunakan adalah hasil dari alam dengan tenaga kerja mereka sendiri. Sekarang ini untuk menghasilkan barang tidak cukup hanya mengandalkan alam, tenaga kerja, dan modal saja akan tetapi diperlukan keahlian agar produksi dapat efektif dan efisien.

Produsen dalam memproduksi suatu barang memerlukan faktor-faktor produksi atau sumber daya ekonomi. Faktor produksi ini terdiri dari 4 macam faktor produksi, yakni faktor produksi alam, faktor produksi tenaga kerja, faktor produksi modal dan faktor produklsi kewirausahaan.

{|CATATAN| Sebelum anda membaca lebih jauh, kami ingin merekomendasikan 4 artikel yang berhubungan dengan pembahasan ini untuk anda:
1) Pengertian, Tujuan, dan Jenis Kegiatan Ekonomi 
2) Perbedaan Nilai Guna Barang 
3) Macam-Macam Sistem Distribusi 
4) Pelaku Kegiatan Konsumsi}

Faktor alam dan tenaga kerja disebut sebagai faktor produksi asli karena dengan dua faktor produksi tersebut, manusia sudah bisa menghasilkan suatu barang. Sementara faktor modal dan kewirausahaan disebut sebagai faktor produksi turunan karena faktor ini merupakan sebagai hasil dari faktor produksi asli. Keempat faktor produksi ini akan menentukan berhasil atau tidaknya sebuah kegiatan produksi. Berikut penjelasan lebih lanjut dari faktor produksi:

4 Macam Faktor Produksi

1)   Faktor Produksi Alam

Faktor produksi alam merupakan faktor produksi yang disediakan oleh alam sebagai bahan mentah atau bahan baku produksi. Faktor produksi alam ini diantaranya yaitu:
a)    Tanah sebagai sumber daya alam, dan manusia bisa memanfaatkannya untuk dijadikan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, pabrik, perkebunan, tempat untuk usaha dan sebagainnya.
b)    Air dapat digunakan untuk pengairan atau bahan baku lainnya.
c)    Hutan dapat menghasilkan bahan mentah kayu.
d)    Barang-barang tambang, seperti emas, bijih besi, minyak bumi, dan gas alam.

2)   Faktor Produksi Tenaga Kerja

Tenaga kerja ialah sumber daya manusia yang kemampuannya bisa digunakan untuk proses produksi. Tenaga kerja bisa dibedakan menjadi tiga, antara lain yaitu:
a)    Tenaga kerja terlatih (trained labour), yaitu tenaga kerja yang mempunyai ketrampilan yang terlatih, seperti sopir, montir, penjahit dan sebagainya.
b)    Tenaga kerja terdidik (skilled labour), yaitu tenaga kerja yang menempuh pendidikan formal. Contoh dari tenaga kerja terdidik ini antara lain, dokter, guru, konsultan dan sebagainya.
c)    Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, yaitu tenaga kerja yang tidak memiliki ketrampilan, seperti misalnya tukang sapu, tukang sampah, dan sebagainya.

3)   Faktor Produksi Modal

Modal adalah segala hasil produksi yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau jasa lainnya. Modal tidak hanya berupa uang akan tetapi bisa juga berupa barang, contohnya misalnya mesin, gedung, dan bahan mentah atau bahan baku yang dipergunakan dalam proses produksi.

4)   Faktor Kewirausahaan

Kewirausahaan ialah kemampuan seseorang atau beberapa orang untuk menyatukan semua faktor-faktor produksi agar bisa menghasilkan barang atau jasa tertentu. Faktor produksi kewirausahaan adalah kemampuan menjalankan suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut bisa berjalan secara efisien serta menguntungkan. Faktor produksi kewirausahaan sangat besar peranannya dan sebagai penentu dalam pelaksanaan dan hasil yang ingin dicapai.


Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Faktor_produksi
https://budisma.net/2015/11/4-faktor-produksi-dalam-ilmu-ekonomi.html
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/03/4-faktor-produksi-dalam-ekonomi-secara-lengkap.html

Posting Komentar untuk "4 Macam Faktor Produksi"