Ayo Kenali Fungsi Dan Peran Sumber Daya Alam Untuk Memajukan Pembangunan Ekonomi

Ayo Kenali Fungsi Dan Peran Sumber Daya Alam Untuk Memajukan Pembangunan Ekonomi
Tahukah Kamu, jika negara kita ternyata sangat kaya akan sumber daya alamnya, lho. Bahkan, saking banyaknya sumber daya alam yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, kita bisa memajukan pembangunan Nasional di negara kita. Bahkan, menariknya lagi fungsi dan peran sumber daya alam ini ternyata juga didukung oleh kondisi alam di muka bumi Indonesia ini. Sangat menarik bukan? Untuk itu, pastikan Kamu selalu berusaha menjaga kelestariannya.

Sayangnya, kekayaan atas keragaman sumber daya alam ini ternyata tidak tersebar secara merata, sebab ada beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki sumber daya alam sangat melimpah, sedangkan lainnya kekurangan sumber daya alam. Lantas, apa penyebabnya? Berkaitan dengan fungsi dan peran sumber daya alam, kondisi iklim suatu tempat serta bentuk muka bumi yang sangat beragam sering kali menyebabkan perbedaan sumber daya alam tersebut, lho.

Tahukah Kamu, bahwa kondisi sumber daya alam di sebuah negara akan memberikan pengaruh yang sangat tinggi dalam kaitannya dengan pembangunan ekonomi. Akan tetapi, kaitannya dengan hal ini, peranan sumber daya manusia yang terampil dan handal akan mampu membuat fungsi dan peran sumber daya alam dalam bidang ekonomi menjadi lebih maksimal di suatu negara tersebut.

{|CATATAN| Sebelum Anda membaca lebih jauh, Kami sarankan Anda juga membaca 2 artikel berikut:
1) Potensi Sumber Daya Alam Indonesia 
2) Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati}

Mengenal Lebih dalam Tentang Pembangunan Ekonomi

Tahukah Kamu makna dari pembangunan ekonomi? Untuk Kamu ketahui bahwa terkait dengan fungsi dan peran sumber daya alam, pembangunan ekonomi bisa diibaratkan jika sebuah negara atau daerah memiliki pendapatan per kapita yang mengalami peningkatan di setiap tahunnya dalam jangka panjang. Peningkatan tersebut juga dibarengi dengan adanya perubahan pada pola pikir, teknologi dan kelembagaan masyarakat tersebut.

Pendapatan per kapita dihitung dari kemampuan sebuah wilayah dalam mendapatkan pemasukan yang dibagi dengan jumlah penduduk di suatu tempat tersebut. Masih berkaitan dengan fungsi dan peran sumber daya alam, bahwa sebuah negara akan mengalami pengembangan ekonomi ketika pendapaan per kapitanya mengalami peningkatan yang didapatkan dari adanya pemanfaatan teknologi modern yang juga disertai dengan adanya perubahan pola pikir masyarakat ataupun kelembagaan.

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam untuk Memajukan Pembangunan Ekonomi

Pentingnya Sumber Daya Alam untuk Pembangunan Ekonomi

Lalu, seberapa penting fungsi dan peran sumber daya alam dalam menentukan pembangunan ekonomi sebuah wilayah? Jadi begini, ada suatu masa di zaman dahulu jika pulau Kalimantan ternyata dikenal sebagai penghasil batu bara sekaligus emas. Dengan adanya potensi tersebut, masyarakat sekitarpun ternyata bisa mendapatkan suatu kemakmuran atas hadirnya dua jenis tambang yang dilakukan dengan pengolahan sendiri.

Selanjutnya, tahukah Kamu, Squads, jika ternyata sebuah negara ada yang dikatakan terus mengalami kemiskinan karena adanya keterbatasan sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut. Tidak adanya sumber daya yang bisa dimanfaatkan itulah yang membuat sebuah negara tidak bisa menghasilkan pendapatan per kapita dengan nominal yang cukup tinggi. Itu sebabnya jika fungsi dan peran sumber daya alam dalam bidang ekonomi sangatlah penting.

Contoh lain terkait dengan pembangunan ekonomi wilayah karena keberadaan sumber daya alam adalah di tahun 1974, di mana pada saat itu harga minyak mengalami kenaikan yang sangat tinggi hingga menyebabkan beberapa negara seperti Kuwait, Uni Emirat Arab dan juga Saudi Arabia mendapatkan pendapatan per kapita yang tertinggi di dunia yang kemudian mempengaruhi pembangunan ekonomi di mana warga masyarakatnya juga merasakan kemakmuran.

Masih berkaitan dengan fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi, bahwa kemajuan negara yang dikarenakan peningkatan per kapita atas keberadaan sumber daya alam ini juga disertai dengan yang namanya kemampuan SDM dalam mengelolanya. Akan sangat percuma jika Sumber Daya Alam suatu negara sangat tinggi, namun kualitas SDM sangat rendah karena akan membuat pihak lain akan mengambil alih pengelolaan SDA tersebut.

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Ekonomi

Balik lagi dengan negara kita. Pastinya semua sudah tahu jika negara tercinta Indonesia kita ini pada dasarnya dikenal sebagai negara agraris. Dengan julukan tersebut tentu saja sebagian besar dari masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Dari aktivitas bercocok tanam inilah kemudian pembangunan ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan sehingga fungsi dan peran sumber daya alam menjadi perlihal yang patut untuk diperhatikan.

Alasan penting atas pemanfaatan sector agraris dalam peningkatan pembangunan ekonomi negara Indonesia disebabkan oleh potensi sumber daya alam yang sangat mendukung, tingginya jumlah penduduk yang menggantungkan hidup pada sekor agraria serta pertanian yang menjadi sector perkembangan masyarakat di pedesaan. Berikut ini beberapa fungsi dan peran sumber daya alam dalam peningkatan ekonomi diantaranya adalah sebagai berikut.
1.    Memberikan lapangan kerja yang lebih besar mengingat sebagian besar dari masyarakat Indonesia bekerja dalam bidang pertanian.
2.    Meningkatkan kesejahteraan para petani di pedesaan yang menggantungkan pendapatannya pada bidang pertanian dengan menerapkan teknik intensifikasi dan diversifikasi.
3.    Terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat melalui sector agrarian yang dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
4.    Bidang pertanian dianggap sebagai basis perkembangan ekonomi bangsa.
5.    Didapatkannya sebuah penghargaan dari pihak FAO (Food and Agricultural Organization) atas keberhasilannya dalam melakukan swasembada pangan.

Jadi, berbicara tentang fungsi dan peran sumber daya alam, dikatakan bahwa sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sangatlah besar dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perkembangan ekonomi bangsa. Untuk memaksimalkan perkembangan tersebut, maka diperlukan peranan sumber daya manusia yang sangat terampil sehingga akan memberikan kemajuan atas perekonomian bangsa itu sendiri.

Penulis: Kazou Media.

0 komentar

Posting Komentar