Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati

Di dalam kehidupan manusia terdapat fungsi dan peran sumber daya alam yang patut untuk kita ketahui. Sumber daya alam sendiri terdiri dari hayati dan non hayati. Sumber daya alam hayati atau biotik merupakan sumber daya alam makhluk hidup atau benda yang bisa diperbarui. Sementara sumber daya alam non hayati merupakan sumber daya alam yang tak bisa diperbarui atau berupa benda.

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati

Ada beberapa fungsi dan peran sumber daya alam hayati yang bisa kita ketahui. Sumber daya alam bersumber dari semua makhluk hidup di bumi seperti mikroba, hewan, dan tumbuhan. Sumber daya alam hayati yang berasal dari tumbuhan bisa disebut dengan sumber daya nabati, sedangkan yang berasal dari hewan disebut dengan sumber daya alam hewani.

Keberadaan sumber daya alam nabati dan hewani ini memiliki fungsi dan peran masing-masing. Berikut ini adalah fungsi dan peran sumber daya alam nabati dan hewani untuk kehidupan manusia.

{|CATATAN| Sebelum Anda membaca lebih jauh, kami rekomendasikan 2 artikel berikut untuk Anda agar referensi Anda lebih banyak:
1) Potensi Sumber Daya Alam Indonesia 
2) Ayo Kenali Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam untuk Memajukan Pembangunan Ekonomi}

1.   Sumber Daya Alam Nabati

Di Indonesia, sebagian besar sumber daya alam nabatinya berfungsi sebagai tanaman untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, obat-obatan, dan bahan baku olahan.

a)  Sumber Daya Alam Nabati untuk Budi Daya Sandang
Di dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menggunakan sumber daya alam nabati yang berfungsi sebagai budi daya sandang. Contohnya seperti kapas untuk bahan dasar katun, serat sisal untuk bahan dasar linen, dan serat rami untuk bahan dasar rayon.

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, fungsi dan peran sumber daya alam nabati untuk budi daya sandang ini pun mengalami inovasi. Bahan dasar kain yang berasal dari tumbuhan bisa juga dibuat dari serat nanas, pisang, dan tanaman dengan kandungan serat yang tinggi.

b)  Sumber Daya Alam Nabati untuk Budidaya Pangan
Sumber daya alam yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber protein, karbohidrat, vitamin, dan lemak. Tanaman untuk sumber karbohidrat seperti jagung, ubi, kentang, dan padi. Tanaman sebagai sumber lemak seperti kelapa, kelapa sawit, dan kacang tanah.

Tanaman untuk sumber protein seperti kacang hijau, kedelai, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Sementara itu, tanaman yang menjadi sumber vitamin adalah buah dan sayuran.

c)  Sumber Daya Alam Nabati untuk Bahan Obat-obatan
Ada juga fungsi dan peran sumber daya alam sebagai bahan obat-obatan. Biasanya tanaman yang digunakan untuk bahan obat-obatan kita kenal dengan nama apotek hidup. Beberapa contohnya seperti jahe, kumis kucing, kencur, kunyit, bunga rosella, dan temulawak.

2.   Sumber Daya Alam Hewani

Kita juga bisa mengetahui fungsi dan peran sumber daya alam hewani. Biasanya sumber daya alam hewani ini digunakan sebagai bahan pangan demi memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti hewan ternak, ikan, dan sebagainya. Ini dia beberapa ulasannya.

a)   Peternakan
Salah satu sumber daya alam yang dimiliki Indonesia adalah peternakan. Sumber daya ini bisa berupa hewan yang sudah dibudidayakan maupun liar. Beberapa jenis peternakan yang bisa kita temui antara lain potong dan kerja, perah, unggas, serta beraneka satwa.

b)   Perikanan
Sumber daya oerikanan menjadi sumber makanan untuk kehidupan manusia. Sumber daya ini pun sering dimanfaatkan oleh manusia untuk sarana hiburan seperti memancing. Hasil laut pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam bahan kerajinan tangan.

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Non Hayati

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada juga fungsi dan peran sumber daya alam non hayati yang bisa kita temukan di lingkungan sekitar. Beberapa contuhnya seperti air, bahan tambang, panas bumi, serta udara. Berikut ini ulasannya.

1.    Air

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. fungsi dan peran sumber daya alam dari air ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kehidupan manusia seperti minum, mencuci, mandi, dan mengatur suhu tubuh.

Di samping untuk memenuhi kebutuhan manusia, air juga menjadi tempat tinggal berbagai makhluk hidup lain seperti ikan dan hewan laut. Air pun memegang peran penting untuk menjadi sarana transportasi.

2.    Bahan Tambang

Indonesia memiliki banyak bahan tambang. Potensi tambang di Indonesia bahkan juga diperebutkan oleh negara asing. Jika dibagi berdasar pemanfaatannya, bahan tambang di Indonesia teegolong menjadi tiga, yaitu bahan galian bijih atau logam, bahan galian energi, serta bahan galian industri.

3.    Udara

Salah satu fungsi dan peran sumber daya alam juga bisa kita temukan pada udara. Udara pasti dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Lapisan atmosfer terbagi menjadi beberapa macam seperti oksigen, nitrogen, uap air, karbon dioksida, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada juga udara bergerak atau yang bisa kita sebut sebagai angin. Angin memiliki peran untuk sumber energi serta sarana olahraga dan rekreasi.

4.    Tanah

Kita bisa melihat fungsi dan peran sumber daya alam di dalam kehidupan manusia dari keberadaan tanah yang menjadi sumber daya penting. Tanah adalah hasil pelapukan sisa-sisa bahan organik dan bebatuan yang hancur karena terjadi proses ilmiah.

Tanah bisa kita manfaatkan untuk lokasi melaksanakan berbagai kegitan dalam kehidupan dan tempat tinggal. Di samping itu, tanah juga dimanfaatkan untuk area perkebunan dan pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berbagai fungsi dan peran sumber daya alam hayati dan non hayati seperti yang ada di atas sudah kita ketahui. Dengan demikian kita pun bisa memanfaatkan dengan maksimal dan melestarikannya agar dapat digunakan untuk anak cucu nantinya.

Penulis: Kazou Media.

0 komentar

Posting Komentar