Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan tertua yang ada di Pulau Jawa yang berdiri diperkirakan pada abad ke–5 Masehi. Dari catatan sejarah serta peninggalan artefak yang ada di sekitar lokasi kerajaan, bisa dilihat bahwa kerajaan Tarumanegaa merupakan kerajaan Hindu beraliran Wisnu.

Sumber sejarah tentang kerajaan Tarumanagara diketahui dari prasasti-prasasti peninggalannya. Prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta.

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

Sampai dengan sekarang, sekitar 7 buah prasasti telah ditemukan, yakni: prasasti Kebon Kopi, prasasti Pasir Awi, prasati Ciaruteun, prasati Muara Cianten, Prasasti Jambu, dan prasasti Tugu. Disamping itu, sumber lain mengenai kerajaan Tarumanegara didapatkan dari catatan seorang musafir Cina yang bernama Fa-Hien. Dalam perjalanannya ke Indiaia yang singgah di Ye-Po-Ti (Pulau Jawa).

Berdasarkan sumber-sumber tersebut, bisa didapat gambaran tentang kehidupan masyarakat kerajaan Tarumanegara pada masa itu. Dalam hal ini mata pencaharian masyarakatnya ialah bertani dan berdagang. Menurut berita yang ditulis oleh Fa-Hien barang yang diperdagangkan diantaranya yaitu perak, cula badak, dan kulit penyu.

Fa-Hien juga menjelaskan bahwa sanya di Tarumanegaa ada tiga agama, yaitu agama Hindu, agama Buddha dan juga kepercayaan animisme. Sementara raja Tarumanegara memeluk agama Hindu.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi beberapa artikel terkait dengan pembahasan ini:
1) Kerajaan-Kerajaan Hindu dan Budha di Indonesia 
2) Sejarah Singkat Kerajaan Kutai 
3) Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya 
4) Sejarah Kerajaan Mataram Kuno 
5) Sejarah Singkat Kerajaan Medang 
6) Sejarah Kerajaan Kediri 
7) Sejarah Kerajaan Singasari 
8) Sejarah Kerajaan Majapahit 
9) Peninggalan-Peninggalan Zaman Hindu-Budha di Indonesia}

Salah satu raja yang terkenal dari Kerajaan Tarumanegara ialah raja Purnawarman. Ia dikenal sebagai seorang raja yang gagah berani dan juga tegas. Ia dikenal dekat dengan para brahmana serta rakyatnya. Ia merupakan raja yang jujur, adil, serta arif dalam memerintah kerajaan.

Untuk memajukan bidang pertanian di kerajaannya, raja memerintahkan untuk membangun sebuah irigasi dengan cara menggali sebuah saluran sepanjang 6112 tumbak (±11 km). Saluran tersebut disebut dengan Sungai Gomati. Saluran tersebut selain berfungsi sebagai irigasi juga berfungsi untuk mencegah bahaya bencana banjir.


Sumber Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tarumanagara
https://moondoggiesmusic.com/kerajaan-tarumanegara/

0 komentar

Posting Komentar