9 Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi

9 Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi

Alam semesta terdiri dari berbagai benda mulai dari planet, asteroid, satelit, matahari, dan benda lainnya. Semuanya saling berhubungan bahkan membuat sebuah interaksi yang sistematis. Bumi merupakan salah satu planet yang menjadi tempat kehidupan manusia. Planet ini memiliki pergerakan yang dinamis yang disebut rotasi dan revolusi bumi.

Apa itu Rotasi dan Revolusi Bumi?

Penjabaran dari rotasi dan revolusi bumi bisa dipecah bahwa rotasi adalah peredaran bumi dimana ia melakukan pergerakan mengelilingi sumbu atau porosnya dengan arah yang dinamis dari barat ke timur dengan kecepatan perputaran yang tetap. Sehingga perputaran bumi tidak akan mengalami percepatan dan perlambatan.

Rotasi bumi terjadi selama 23 jam 56 menit 4 menit atau hampir dengan 1 hari semalam. Lantas ketika bumi berputar mengapa semua makhluk hidup bisa berdiri tegak tidak melayang-layang serta tidak merasakan kalau bumi sedang berputar? Jika di ibaratkan sebuah mobil, ketika berada di dalam mobil dengan kecepatan yang tetap serta dinamis di mana ia bergerak di jalan yang halus. Maka tidak akan terasa pergerakan mobil tersebut.

Dalam rotasi dan revolusi bumi, revolusi adalah peredaran bumi di mana ia melakukan pergerakan mengelilingi matahari. Pergerakan mengelilingi matahari ini terjadi akibat pengaruh dari tarik menarik gaya gravitasi matahari dan gravitasi bumi. Selang waktu melakukan pergerakan mengelilingi matahari adalah 365 1/4 hari.

Bumi berputar di garis edar yang berbentuk elips (lonjong). Ketika mengelilingi matahari, terkadang bumi akan sangat dekat dengan matahari namun ada kalanya akan menjauh dari matahari. Selama mengelilingi matahari, bumi memiliki kemiringan sebesar 36 1/20. Kemiringan sumbu bumi tersebut akan menyeimbangkan kedudukan kutub utara dan kutub selatan.

{|CATATAN| Adalah kerugian jika Anda melewatkan artikel terkait berikut ini:
1) Teori Terbentuknya Bumi Secara Singkat 
2) Masa Perkembangan Kehidupan di Bumi 
3) Penjelasan Mengenai 3 Lapisan-Lapisan Bumi 
4) Penjelasan Singkat Proses Terjadinya Gempa Bumi}
 
9 Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi

9 Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi

Setelah mengenal apa itu rotasi dan revolusi bumi, mari simak mengenai pengaruhnya. Karena setiap pergerakan bumi ternyata bisa mempengaruhi hal lainnya. Pengaruh rotasi bumi meliputi:

1.   Terjadinya Siang dan Malam

Saat bumi berputar pada porosnya bagian bumi mendapatkan sinar matahari secara bergantian. Di mana saat bagian bumi yang menghadap ke matahari maka tentu ia akan mendapatkan sinar matahari sehingga bagian itu akan terjadi waktu siang.

Sedangkan bagian bumi yang tidak terkena sinar dari matahari akan mengalami waktu malam. Sehingga keadaan antara negara satu dengan negara yang lain bisa jadi mengalami yang berbeda. Satunya siang dan lainnya malam.

Panjang waktu siang dan malam rata-rata adalah 12 jam dalam sehari. Namun perbedaan waktu siang dan malam ini akan lebih besar pada negara yang jauh dari garis khatulistiwa. Ini karena terkadang waktu siang lebih panjang dibanding malam.

2.   Gerak Semu Harian Matahari

Gerakan yang terlihat seolah-olah matahari bergerak padahal yang bergerak adalah bumi, maka ini disebut gerak semu. Saat kita menatap matahari seolah-olah matahari akan terlihat bergerak dari timur ke barat. Peristiwa ini disebut dengan gerak semu harian. Keadaan ini akan sangat terlihat jika kita menatap matahari dari atas bukit atau dari pesisir laut.

3.   Perbedaan Waktu

Saat bumi berputar pada porosnya, semua tempat di permukaan mengalami perputaran sebesar 3600 BT dan 1800 BB. Dalam 10 bujur bisa ditempuh dalam waktu 4 menit. Karena itu dalam 3600 bujur akan menempuh waktu 24 jam. Ini karena di dunia terdapat perbedaan garis BT dan BB, maka waktu yang ada di negara satu dengan yang lain akan berbeda-beda.

Di negara Indonesia terdapat 3 daerah waktu yang terbagi menjadi WIB (Waktu Indonesia bagian Barat), WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia bagian Timur). Dalam setiap daerah di Indonesia tersebut memiliki perbedaan waktu 1 jam.

4.   Pembelokan Arah Angin

Ketika bumi berputar udara yang bergerak dari khatulistiwa akan dibelokkan ke arah timur. Pembelokan arah tersebut dipengaruhi oleh arah rotasi bumi.

5.   Perbedaan Percepatan Gravitasi

Dengan adanya pergerakan bumi ini gravitasi juga akan mengalami percepatan secara dinamis. Penjabaran dalam rotasi dan revolusi bumi mengakibatkan pengaruh revolusi bumi.

6.   Terlihat Rasi Bintang yang Berbeda

Kumpulan dari bintang-bintang yang membentuk pola tertentu disebut rasi bintang. Kumpulan bintang tersebut akan terlihat sama di negara satu dengan negara lainnya. Namun karena adanya perputaran bumi mengelilingi matahari akan mengakibatkan rasi bintang berubah-ubah setiap bulannya.

7.   Pergantian Musim

Ini karena adanya gerak bumi mengelilingi matahari, maka kutub selatan akan lebih condong ke matahari. Bagian bumi yang selatan akan lebih dekat ke matahari. Sehingga akan terjadi perbedaan musim antara sisi yang dekat dengan matahari dan sisi yang jauh dari matahari. Ini karena bagian utara akan jauh dari matahari. Bagian yang lebih dekat ke matahari akan mengalami musim panas.

Sedangkan bagian yang jauh dengan matahari akan mengalami musim dingin. Musim juga akan mengalami pergantian. Di mana pergantian musim panas ke dingin akan mengalami musim gugur. Sedangkan pergerakan musim dari dingin ke panas mengalami musim semi. Empat musim ini terjadi di negara yang jauh dari garis khatulistiwa. Sedangkan negara yang terkena garis khatulistiwa hanya akan mengalami dua musim yaitu musim panas dan musim dingin/hujan.

8.   Gerak Semu Tahunan Matahari

Jika saat berotasi akan terjadi gerak semu harian, maka saat berevolusi akan mengalami gerak semu tahunan. Dalam periode tertentu matahari akan terlihat tertib dari arah yang berbeda. Sehingga dalam setahun matahari akan terlihat seolah-olah bergerak atau berpindah tempat.

9.   Kalender Masehi

Dalam penyusunan kalender hari, maka dipatokkan dengan gerak bumi mengelilingi matahari.

Kesimpulan dari panjangnya penjelasan di atas adalah bahwa setiap pergerakan bumi baik rotasi dan revolusi bumi. Dalam gerak bumi pada porosnya atau gerak bumi mengelilingi matahari memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar