Hubungan Antara Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Hubungan Antara Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Kegiatan ekonomi yang sering dilakukan oleh masyarakat ada tiga, antara lain yaitu: kegiatan produksi, distribusi dan kegiatan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berhubungan dan juga saling bergantung. Dalam hal ini mata rantai dari ketiga kegiatan ekonomi dapat dianalogikan.

Produksi mebutuhkan adanya kegiatan distribusi dan konsumsi. Dalam arti kegiatan produksi tanpa adanya kegiatan distribusi dan konsumsi tidak akan berjalan dengan baik. Selain itu juga kegiatan distribusi tidak mungkin terjadi tanpa adanya barang yang diproduksi dan yang mengonsumsi barang tersebut. Begitu pula dengan kegiatan konsumsi tidak akan terjadi jika tidak ada yang memproduksi barang dan yang mendistribusikan barang tersebut. Ketiga mata rantai kegiatan ekonomi tersebut bisa digambarkan sebagai berikut:

Hubungan Antara Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

{|CATATAN| Adalah keliru jika Anda melewatkan 3 artikel terkait berikut ini:
1) Empat Macam Faktor Produksi Secara Umum
2) Tugas Utama Kegiatan Distribusi
3) Faktor yang Menentukan Pengeluaran Konsumsi}

Setelah kita memahami mengenai keterkaitan antara kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi, maka sekarang kita perlu memahami mengenai pengertian dari masing-masing kegiatan ekonomi tersebut, yakni produksi, distribusi dan konsumsi.

0 komentar

Posting Komentar