Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara

Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara

Setelah kita mempelajari mengenai pengaruh lokasi terhadap ketiatan transportasi di Indonesia, maka kita perlu untuk memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi di Indonesia, antara lain sebagai berikut:

1) Kesiapan Manusia

Manusia dimana sebagai pengguna transportasi dan operator transportasi harus selalu menaati peraturan angkutan umum dan jalan raya. Dalam hal ini pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan hukum berupa UU.No.22 tahun 2009. Peraturan ini mengatur bagaimana cara berkegiatan transportasi di jalan raya. Undang-undang ini dikeluarkan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan transportasi yang aman serta nyaman bagi seluruh masyarakat.

Lalu kecelakaan seperti apa yang paling banyak terjadi? Faktor apa yang paling banyak menjadi penyebab kecelakaan? Sebagai pengendali alat transportasi, dalam hal ini kesalahan manusialah sebagai faktor tertinggi yang menjadi penyebab kecalakaan lalu lintas dan angkutan di Indonesia.

Kelalaian manusia sering menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan transportasi. Seperti misalnya ada pengemudi kendaraan yang tidak mempunyai surat ijin mengemudi, angkutan yang sarat dengan penumpang/muatan, pengemudi yang tidak menaati rambu-rambu, dan sebagainya.

{|CATATAN| Jangan lewatkan 2 artikel terkait berikut ini:
1) Pengaruh Keunggulan Iklim Geostrategis Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi 
2) Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Transportasi Darat, Air, dan Udara}

Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara

2) Sarana dan Prasarana

Peralatan transportasi adalah salah satu bagian paling penting untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan transportasi. Banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat sarana transportasi seperti kendaraan yang tidak layak jalan dipaksa tetap jalan. Sebelum digunakan setiap kendaraan harus selalu dicek kondisinya untuk menempuh perjalanan.

Selain itu peralatan dalam sarana transportasi juga harus selalu diperhatikan. Seperti misalnya saat kita berwisata di danau dengan perahu, maka alat pelampung penumpang harus selalu digunakan. Pada saat naik bus, peralatan yang ada dalam bus harus selalu diperhatikan, misalnya harus ada palu pemecah kaca darurat. Pengemudi dan penumpang mobil yang duduk dikursi depan harus selalu mengenakan sabuk pengaman agar tidak membahayakan. Selain itu dalam perjalanan menggunakan pesawat udara, harus selalu taat pada instruksi awak pesawat agar perjalanan aman dan nyaman.

Selain peralatan di dalam kendaraan, hal lain yang sangat penting ialah rambu-rambu dalam berkendara. Setiap jenis transportasi pasti mempunyai rambu-rambu tersendiri. Rambu-rambu ini sangat penting peranannya bagi keselamatan transportasi itu sendiri.

Terminal, tempat penyebrangan, dan halte merupakan prasarana lain yang sangat penting dalam kegiatan transportasi. Prasarana tersebut adalah fasilitas umum yang sangat berguna bagi keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Kelembagaan dalam Kegiatan Transportasi

Kegiatan transportasi membutuhkan peran kelembagaan dalam setiap kegiatannya agar bisa berjalan dengan baik dan lancar. Salah satu bentuk kelembagaan, yang perannya sangat dominan di dalam kegiatan transportasi ialah kelembagaan ekonomi.

Ada berbagai bentuk kelembagaan ekonomi seperti PT, CV, perusahaan perorangan, firma, dan koperasi. Akan tetapi yang umumnya ada di Indonesia ialah bentuk kelembagaan yang menangani kegiatan transportasi berbentuk PT.


Sumber Referensi:
http://ipsgampang.blogspot.com/2014/08/menjaga-keamanan-dan-kenyamanan.html
https://text-id.123dok.com/document/ozlnmj3oq-menjaga-keamanan-dan-kenyamanan-transportasi-darat-air-dan-udara.html

0 komentar

Posting Komentar