Pengaruh Keunggulan Iklim, Geostrategis, dan Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi

Pengaruh Keunggulan Iklim, Geostrategis, dan Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi

Indonesia memiliki berbagai keunggulan yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi, mulai dari keunggulan iklim, keunggulan geostrategis, dan keunggulan tanah. Lalu bagaimana pengaruh keunggulan-keunggulan tersebut terhadap kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia? Simak penjelasannya dalam uraian berikut ini.

A. Pengaruh Keunggulan Iklim terhadap Kegiatan Ekonomi

Indonesia mempunyai iklim muson tropis. Keunggulan dari iklim muson tropis ini ialah adanya hujan yang cukup (curah hujan tidak terlalu besar), kondisi suhu yang normal (tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin), serta adanya musim hujan dan kemarau.

Kondisi ini akan memungkinkan masyarakat bisa malaksanakan kegiatan ekonomi sepanjang tahun. Contohnya seperti: Petani bisa melakukan produksi dengan menanam padi sepanjang tahun. Padi yang dihasilkan petani akan selanjutnya akan digiling menjadi beras dan didistribusikan kepada konsumen untuk nantinya dikonsumsi.

Contoh lainnya misalnya pedagang yang bisa berdagang sepanjang tahun, dokter yang bisa melakukan pekerjaannya sebagi dokter sepanjang tahun tanpa adanya kendala cuaca yang ekstrim.

B. Pengaruh Keunggulan Geostrategis terhadap Kegiatan Ekonomi

Dalam pembahasan mengenai keunggulan geostrategis Indonesia telah dijelaskan bahwa keunggulan geostrategis Indonesia ialah berkaitan dengan letak Indonesia yang berada diantara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia, serta letaknya diantara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Posisi Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudera memungkinkan perdagangan antara bangsa Asia dan Australia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Dengan demikian itu berarti akan menyebabkan terjadi pengembangan perdagangan di wilayah Indonesia. Hal ini menumbuhkan kegiatan ekonomi di Indonesia terkait dengan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

Komoditas perdagangan yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia yang berupa hasil bumi seperti rempah-rempah menjadi target incaran bangsa-bangsa Barat pada masa lalu.

Berbagai hasil bumi Indonesia tidak hanya menjadi konsumsi bangsa-bangsa Asia, akan tetapi juga menjadi salah satu incaran dari bangsa-bangsa Barat. Rempah-rempah merupakan salah satu komoditas penting yang banyak dibutuhkan oleh bangsa-bangsa Eropa. Betapa pentingnya rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa.

Pada awalnya bangsa Eropa mendapatkan rempah-rempah Indonesia melalui para pedagang Arab. Coba perhatikan jalur perdagangan Asia dan Eropa pada gambar dibawah ini:

Pengaruh Keunggulan Iklim, Geostrategis, dan Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi

Para pedagang dari Eropa mendapatkan rempah-rempah dari para pedagang Asia di sekitaran negara Turki. Tentunya harga rempah-rempah di tempat tersebut sudah mahal karena para pedagang Asia sudah mengambil selisih keuntungan.

Selanjutnya oleh para pedagang Eropa tersebut, rempah-rempah itu dijual di pasar Eropa, yang tentu harganya akan menjadi sangat mahal. Oleh karena alasan itulah yang mendasari bangsa Eropa ingin menguasai kekayaan rempah-rempah Indonesia dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Pada peta diatas telah diggambarkan lalu lintas perdagangan internasional pada abad ke XV. Gambar peta jalur perdagangan dunia tersebut menjelaskan bahwa negara Indonesia menjadi tujuan utama dari para pedagang yang berasal dari negara-negara Eropa. Lalu kenapa masyarakat Eropa begitu tertarik dengan Indonesia?

Jauh sebelum abad ke XV, Indonesia sudah menjadi pusat perdagangan dunia. Dipembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Sumatra Selatan. Kerajaan Sriwijaya adalah terminal penting bagi para pelaut Asia. Para pedagang Arab, China, dan India sangat banyak ditemui di Kerajaan Sriwijaya.

Mengapa Indonesia menjadi sangat penting bagi perdagangan internasional? Indonesia menjadi strategis sebagai pusat perdagangan internasional, karena letak Indonesia yang berada pada posisi silang lalu lintas pelayaran perdagangan dunia. Perdagangan laut dari Asia Barat ke Asia Tenggara dan Asia Timur ataupun sebaliknya akan selalui melewati wilayah Indonesia. Perhatikanlah peta letak Selat Malaka pada gambar dibawah ini:

Pengaruh Keunggulan Iklim, Geostrategis, dan Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi

Selat Malaka merupakan daerah yang sangat penting keberadaannya bagi mobilitas pelayaran bangsa-bangsa dunia. Pelayaran dari Asia Barat ke Asia Timur sudah pasti akan melewati Selat Malaka. Selain menjadi sebuah tempat persinggahan para pedagang dari berbagai bangsa, Indonesia mempunyai hasil bumi yang melimpah. Tentu saja hal ini akan menarik minat bangsa-bangsa asing untuk datang ke Indonesia.

{|CATATAN| Langkah yang benar apabila Anda juga membaca 3 artikel terkait berikut ini:
1) Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan 
2) Keunggulan Iklim Indonesia Dibanding Negara Lain 
3) Keunggulan Tanah Indonesia Dibanding Negara Lain}

C. Pengaruh Keunggulan Tanah terhadap Kegiatan Ekonomi

Iklim muson tropis yang dimiliki Indonesia membawa dampak pergantian musim di Indonesia. Keberadaan musim hujan dan musim kemarau di Indonesia memungkinkan berbagai tanaman mudah untuk tumbuh juga berkembang. Tanaman untuk kebutuhan sehari-hari bisa ditanam di setiap waktu karena tidak terkendala oleh iklim.

Hal berbeda dirasakan oleh bangsa-bangsa Eropa yang mempunyai empat musim yaitu musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin. Kondisi iklim tersebut tidak memungkinkan adanya aktivitas pertanian yang berjalan dengan baik. Kesuburan tanah yang dimiliki oleh Indonesia memungkinkan seseorang bisa mengolah tanahnya untuk pertanian dan perkebunan dengan baik.

Pengaruh keunggulan iklim dan tanah mampu menghasilkan aktivitas produksi pertanian, yang hasilnya berupa produk sayuran. Produksi sayuran akan memunculkan kegiatan ekonomi yang kedua yakni kegiatan distribusi. Dan adanya kegiatan distribusi akan menciptakan kegiatan konsumsi, karena produk yang dihasilkan harus didistribusikan kepada konsumen agar bisa memperoleh pendapatan.

Indonesia mempunyai keunggulan iklim, geostrategis, dan kondisi tanah yang sangat potensial untuk menunjang kegiatan ekonomi. Dan untuk memanfaatkan keunggulan-keunggulan tersebut dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

Bangsa Indonesia harus selalu pandai bersyukur karena dikaruniai oleh keunggulan lokasi yang sangat menguntungkan. Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia harus belajar dengan giat agar mempunyai pengetahuan yang luas dan keterampilan yang hebat, sehingga mampu untuk memanfaatkan keuntungan lokasi Indonesia untuk kegiatan ekonomi.


Sumber Referensi:
https://ipssmp123.blogspot.com/2014/08/apa-pengaruh-keunggulan-iklim-terhadap.html
https://azanulahyan.blogspot.com/2016/11/keunggulan-geostrategis-indonesia.html
https://text-id.123dok.com/document/lzgdo0m8z-pengaruh-keunggulan-tanah-terhadap-kegiatan-ekonomi.html

Posting Komentar untuk "Pengaruh Keunggulan Iklim, Geostrategis, dan Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi"